Kamu ingin berolahraga secara teratur tapi nggak bisa karena sulit menemukan waktu yang tepat? Sebenarnya kamu nggak perlu repot-repot berolahraga outdoor lho, kamu cukup melakukannya di kantor saja. Caranya dengan melakukan kegiatan-kegiatan yoga sederhana yang tak membutuhkan banyak gerak tapi efeknya sangat terasa untuk tubuh.

Coba gerakan-gerakan yoga ini agar tubuhmu tetap sehat walaupun tak punya banyak waktu untuk bergerak dan sebagian besar waktumu habis di tempat kerja. Praktis namun memberikan efek yang drastis, coba yuk!

1. Miringkan tubuhmu dengan cara memegang pergelangan kaki menggunakan kedua tanganmu.

Pegang pergelangan kaki via clairemont.com

Pergelangan kaki dan punggung adalah bagian yang paling sering merasa pegal saat bekerja. Gerakan ini bisa melemaskan otot-otot kaki dan punggungmu yang tegang. Rasakan betapa nyamannya tubuhmu setelah melakukan gerakan ini.

2. Biar pikiran lebih fresh, coba tundukkan kepala dan tumpuk kedua tanganmu.

Tundukkan kepalamu via ibxinsights.com

Advertisement

Pusatkan pikiranmu sembari melakukan gerakan ini. Tugas yang menumpuk dan semua hal yang bisa membuatmu stres akan hilang untuk sementara dan pikiranmu bisa fresh lagi.

3. Pegang kursi dan miringkan badanmu ke samping sambil menegakkan punggung.

Miring duluuu via rachelbrathen.com

Jangan lupa untuk menempelkan kaki di lantai. Kedua tangan memegang pegangan kursi dan sandaran punggung. Biasanya kalau terlalu capek, punggungmu bisa bunyi saat melakukan gerakan ini.

4. Dengan tetap dalam posisi duduk di kursi kerja, silangkan kedua kakimu juga.

Silangkan tangan via rachelbrathen.com

Masih dalam posisi telapak kaki yang menapak ke lantai, putar badanmu dan menghadap ke depan lalu silangkan kedua tanganmu. Arahkan kedua tanganmu ke atas saat melakukan gerakan ini.

5.  Angkat salah satu kakimu ke atas meja dan posisikan kedua tanganmu di sampingnya.

Angkat kaki ke meja via rachelbrathen.com

Sekarang, salah satu kakimu coba angkat ke meja dan letakkan kedua tanganmu di samping kaki yang kamu angkat. Pastikan posisi kakimu lurus ya, jangan sampai menekuk. Posisi punggungmu juga harus sama lurusnya.

6. Gerakan paling mudah yang bisa kamu lakukan di kantor adalah meditasi.

Meditasi dulu via curejoy.com

Seperti layaknya gerakan meditasi biasanya, kamu cukup memfokuskan pikiranmu saja. Cari lantai yang nyaman dan kalau ada pakai alas agar konsentrasimu makin mudah. Kalau tak ada pun kamu tetap bisa melakukan meditasi kok!

7. Kelihatannya susah, tapi coba dulu dengan minta bantuan rekan kerjamu misalnya.

Jangan sampai jatuh tapi via freehugyoga.com

Gerakan keseimbangan ini sangat bagus untuk tubuhmu. Walaupun akan sedikit sulit dilakukan jika kamu tak terbiasa. Coba minta bantuan temanmu untuk bisa melakukan gerakan ini dengan sempurna.

8. Angkat satu tanganmu dan miringkan kepala dengan menahan leher menggunakan tangan.

Pegang lehernya via huffingtonpost.com

Gerakan ini pasti sudah sering kamu lakukan karena sudah sangat populer. Efeknya memang juga sangat terasa apalagi di bagian leher dan tanganmu. Otot-otot bagian ini memang harus dilemaskan.

9. Yang ini adalah gerakan keseimbangan, minta bantuan temen lagi juga boleh kok!

Ini lumayan susah sih ya via huffingtonpost.com

Angkat kakimu dan pegang menggunakan tanganmu lalu tangan satunya diarahkan lurus ke depan. Kaki satunya harus kuat menahan berat badanmu. Kalau sulit cobalah berpegangan terlebih dulu ke meja atau benda yang cukup tinggi lainnya.

10. Paling gampang nih, cukup duduk dengan punggung tegak dan posisi tangan seperti ini…

Lihat tangannya via myyogaworks.com

Nggak usah gerak-gerak yang susah kalau memang nggak bisa. Cukup tegakkan punggungmu dengan lurus dan kakimu menapak ke lantai. Sudah cukup bisa melemaskan otot-otot yang lelah kok!

11. Angkat kedua tangan ke arah belakang, paling seru kalau sambil berteriak nih!

Angkat tangan via officeyoga.cz

Gerakan ini bisa bikin kamu sangat nyaman karena bikin tubuhmu terutama bagian tangan akan sangat fresh. Apalagi kalau sambil meneriakkan keluh kesah atau meneriakkan apapun yang ingin kamu teriakan. Tapi hati-hati takut ada yang terganggu ya!

12. Coba berdiri dulu, angkat tangan ke atas, maka otot-ototmu pasti rileks kembali.

Luruskan tanganmu via officeyoga.cz

Ajak teman-temanmu untuk berdiri dan mengangkat tangan mereka bersama-sama. Jangan lupa untuk tegakkan badanmu, kaki juga harus lurus. Wah, pasti habis itu badanmu langsung enakan.

Jangan cuma dilihatin guys! Coba yuk langsung dipraktekin biar badanmu tetap bugar walaupun nggak punya waktu buat yoga maupun olahraga. Karena bagaimanapun sulitnya akan selalu ada acara.