Selain jerawat, komedo merupakan salah satu masalah kulit wajah yang bisa dialami oleh siapa saja, terlebih pada wajah yang berminyak. Komedo sendiri terbentuk saat pori-pori kulit tersumbat oleh kulit mati, keratin, sebum, minyak, atau kotoran lainnya. Bisa juga disebabkan karena perubahan hormon dalam tubuh seperti pubertas, produk kecantikan seperti kosmetik atau produk perawatan kulit yang nggak tepat. Kondisi ini diperparah jika kamu sedang mengalami stres, merokok, malas membersihkan wajah, mengonsumsi alkohol maupun kafein.

Ada banyak cara mengatasi komedo, salah satunya dengan menggunakan scrub alami untuk wajah. Kamu bahkan nggak perlu repot-repot ke salon karena bisa membuat scrub sendiri di rumah. Bahan pembuatannya pun mudah didapatkan dengan harga relatif murah. Yuk, simak dulu ulasannya sebelum mencoba!

1. Campuran garam dan lemon dikenal sebagai scrub wajah antibakteri, bagus untuk membersihkan kulit, menjadikan kulit segar dan bebas dari kotoran

Lemon+garam via offbeatandinspired.com

Lemon efektif banget untuk membersihkan kotoran dan debu yang ada di wajah karena mengandung asam sitrus, sehingga nggak hanya bisa mencegah komedo, tapi juga jerawat. Selain itu, aroma buah lemon pun bisa membuat wajahmu jadi lebih segar. Sedangkan garam mengandung sifat antibacterial yang dapat membunuh kuman dan bakteri penyumbat pori, dan juga mengangkat kotoran dan sel kulit mati yang ada pada wajah.

Caranya:

Campurkan satu sendok teh garam dengan setengah sendok teh perasan air jeruk lemon, tambahkan satu sendok teh air bersih dan diaduk rata. Aplikasikan scrub ke area wajah dengan lembut sambil dipijat. Bilas dengan air hangat kemudian air dingin, sebelum akhirnya diusap dengan handuk bersih yang lembut.

2. Perpaduan brown sugar dan madu ampuh menghilangkan minyak berlebih yang menyebabkan munculnya komedo pada wajah 

Advertisement

Brown sugar+madu via livesimply.me

Madu menganduing antiseptik alami yang akan membunuh kuman dan bakteri penyumbat pori, juga sebagai pelembap alami. Sedangkan brown sugar mampu mengelupas sel kulit mati serta mengandung alpha hydroxyl acids yang dapat menghilangkan racun dan kuman pada pori-pori kulit wajah.

Caranya:

Campurkan satu sendok makan brown sugar dan satu sendok makan madu. Aplikasikan di wajah tanpa mengenai mata dan mulut, lalu gosok-gosok lembut dengan gerakan memutar selama 2-5 menit. Bilas dengan air hangat dan keringkan dengan handuk bersih. Jika kulit terasa kering, kamu bisa mengoleskan sedikit minyak zaitun setelahnya.

3. Campuran yogurt, oatmeal, dan kulit jeruk bisa memperlembut kulit wajah sekaligus mencabut komedo hingga ke akarnya

Oatmeal+yoghurt+kulit jeruk via girlwithcurves.com

Oatmeal mampu menyerap kelebihan minyak dan mencegah komedo, kulit jeruk bisa menutrisi kulit, sedangkan yogurt melembutkan kulit. Ketiganya merupakan perpaduan bahan untuk scrubbing yang bisa kamu andalkan.

Caranya:

Campurkan satu sendok makan oatmeal halus dengan satu sendok teh bubuk kulit jeruk atau kulit jeruk parut serta dua sendok teh yogurt. Aplikasikan scrub sambil digosok-gosok, terutama di bagian wajah dengan banyak komedo, selama 2-3 menit. Terakhir, bilas dengan air hangat.

4. Campurkan soda kue, perasan lemon dan susu bubuk untuk mengangkat kotoran serta sel-sel mati yang ada di permukaan kulit wajah

Soda kue+lemon+susu bubuk via styletips101.com

Soda kue bisa membantu membersihkan wajah dari kotoran maupun sel-sel kulit mati, juga sering digunakan untuk menghilangkan komedo dan bekas jerawat. Dicampur dengan perasan lemon dan susu bubuk akan membentuk pasta yang lembut di kulit wajah.

Caranya:

Campurkan 2 sendok makan bubuk soda kue dengan air perasan lemon, kemudian tambahkan 2 sendok makan susu bubuk. Aduk rata ketiga bahan tadi, lalu oleskan di wajah sambil dipijit-pijit ringan. Biarkan dulu selama lebih kurang 4 menit dan setelah itu basuhlah wajahmu dengan air hangat.

5. Selain untuk dikonsumsi, beras juga bisa dimanfaatkan sebagai scrub untuk membersihkan sel kulit mati dan komedo yang membandel

Beras yang didiamkan semalaman via id.pinterest.com

Beras yang akan digunakan untuk scrub harus direndam dulu semalaman atau setidaknya kurang lebih 5 jam. Haluskan hingga menjadi adonan kental, selanjutnya gunakan untuk mengelupas kulit mati dengan dioleskan merata ke seluruh wajah sambil mengosoknya secara perlahan lalu bilas hingga bersih.

6. Scrub dari bubuk kunyit dan daun mint juga ampuh mengurangi bintik-bintik kecil yang tersebar di permukaan kulit wajah

Bubuk kunyit+mint via www.yogiproducts.com

Kunyit mengandung senyawa anti peradangan yang baik digunakan untuk menghilangkan komedo. Campurkan bubuk kunyit dengan 2 sendok makan sari daun mint, aplikasikan di bagian yang terdapat banyak komedo, lalu pijat halus. Biarkan mengering selama beberapa menit dan bersihkan dengan air hangat kuku.

Meskipun scrub alami bisa berguna untuk membersihkan dan menutrisi kulit, akan tetapi penggunaan secara berlebihan justru dapat memperparah kondisi komedo. Agar perawatan untuk menghilangkan komedo dengan menggunakan scrub alami menjadi efektif, sebaiknya gunakan scrub nggak lebih dari 2-3 kali dalam seminggu. Selamat mencoba, ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya