Bagi para penikmat kopi, meminum kopi apalagi bisa meraciknya sendiri adalah ritual yang menyenangkan. Kopi sudah jadi gaya hidup bagi mereka yang menyukai minuman gelap ini. Nah, buatmu para penikmat kopi, adakah niatan dari kalian untuk membuka usaha warung kopi sendiri? Jika iya, coba deh simak beberapa inspirasi gaya warung kopi sederhana ini. Siapa tahu bisa membantumu!

1. Nggak melulu repot sewa tempat, mulai saja berjualan kopi di depan kampus atau tempat-tempat ramai lainnya dengan gerobakmu sendiri.

mulailah dengan berjualan keliling via solopos.com

Jangan minder jika kamu punya niatan membuka warung kopi dengan gaya gerobak ini. Dan jika modalmu sudah ada, kamu justru harus segera mewujudkan angan-anganmu itu karena pamor kopi memang sedang naik akhir-akhir ini. Cobalah berjualan di depan kampus atau tempat-tempat ramai untuk memulai usaha gerobak kopimu ini.

2. Berikan kesan hangat dan ramah dengan perpaduan batu bata pada setiap sudut warung kopi imipianmu.

kombinasikan dengan batu bata. ABC Coffee – Pasar Santa via id.openrice.com

Untuk konsep warung kopi yang satu ini, kamu nggak akan butuh banyak tempat. Cukup cari ruangan yang memanjang dengan lebar sekitar 1 meter untuk kitchen atau tempatmu menyeduh kopi. Sediakan juga meja dan kursi untuk tamu-tamu yang berkunjung di luarnya.

3. Sewa saja tempat kosong di seberang mall, gedung atau hotel untuk membuka tenda warung kopimu.

Advertisement

nggak butuh lahan banyak untuk jualan kopi via aqidshohih.wordpress.com

Jika kamu tinggal di kota besar, tentu banyak tempat kosong yang potensial untuk membuka usaha warung kopi. Di seberang mall, gedung atau hotel-hotel komersial biasanya berhasil untuk usaha kopi ini. Jangan lupa, desain tenda warung kopimu dengan aksen kayu yang alami, ya.

4. Jika letak rumahmu strategis, coba saja buka warung kopi kecil-kecilan di depan rumah lengkap dengan furniturnya.

depan rumah juga bisa via komosjourney.wordpress.com

Punya rumah di pinggir jalan besar alias strategis memang banyak manfaatnya. Jika kamu salah satu yang punya rumah strategis, manfaatkan saja untuk membuka warung kopi super sederhana di depan rumah, gunakan saja salah satu sudut rumahmu untuk dijadikan dapur. Pikirkan juga ide furnitur lucu (meja & kursi) untuk tamumu nanti, ya.

5. Mirip seperti angkringan, warung kopi dengan gerobak ini terbuka buat semua kalangan.

jualan kopi pakai gerobak via cikopi.com

Untuk warung kopi seperti ini, gerobak dan tikar cukup jadi modal. Carilah tempat yang potensial — misalnya di alun-alun kota — untuk meletakkan gerobak kopimu beserta tikar-tikar untuk pengunjung. Snack-snack ringan juga tak ada salahnya kamu jual sebagai pendamping kopi daganganmu.

6. Jajakan kopi daganganmu dengan mobil bak terbuka pada sore dan malam hari. Konsep unik nan menarik ini patut kamu coba!

pake pick up aja! via saibumi.com

Nggak melulu harus keliling kota dan menghabiskan bensin, berjualan kopi dengan mobil bak terbuka juga bisa berhenti di suatu tempat, lho. Usahakan tempat yang ramai seperti tempat-tempat wisata atau depan mall, ya.

7. Tak ada salahnya meniru konsep Angkringan Kopi Joss Jogja. Ide kreatif yang merakyat bagi para pecinta kopi.

angkringan kopi joss Jogja via coffeequendom.blogspot.com

Jika kamu pernah berkunjung ke Jogja, tak lengkap rasanya jika kamu tak mampir ke deretan Angkringan Kopi Joss Jogja yang berada di kompleks Tugu atau Malioboro Yogyakarta. Apalagi jika kamu pecinta kopi sejati, yuk agendakan jadwal liburanmu ke sini! Kemudian, coba deh kamu gaya Warung Kopi Joss Jogja ini, selain merakyat dan murah, suasana lesehan di pinggir jalanan juga menjadi daya tarik sendiri bagi pengunjung. Bersiap menjadi pedagang kopi joss selanjutnya?

Jadi, sudah dapat inspirasi mau membuka warung kopi dengan gaya yang mana?