Komedo muncul karena adanya penyumbatan di pori-pori kulit wajah. Komedo sendiri ada dua macam, yaitu blackhead, yang berwarna hitam dan whitehead, yang berwarna putih kekuningan. Menghilangkan komedo hitam memang lebih sulit dari pada komedo putih, padahal penyebab komedonya sama. Mulai dari pola makan dan apa yang kamu lakukan sehari-hari, sebenarnya berpengaruh besar ke kulitmu.

Dan nyatanya, produk perawatan semahal apapun nggak akan ampuh menghilangkan komedomu, kalau kamu masih melakukan kebiasaan-kebiasaan ini…

Hati-hati kalau kamu doyan banget makan gorengan. Gorengan dan makanan berminyak sangat memicu pertumbuhan komedo

komedo yang udah keluar via www.komedo.org

Minyak yang masuk ke tubuh secara berlebihan adalah pemicu utama komedo. Apalagi kalau minyaknya sudah dipakai berulang-ulang, nggak bagus juga untuk kesehatan. Makanan yang berminyak harus dihindari agar komedo nggak merajalela di wajah. Minyak yang sudah terlanjur dikonsumsi bisa diimbangi dengan sayur dan buah-buahan.

Malas keramas membuat kulit kepalamu berminyak, lalu minyaknya menetes ke wajahmu sehingga menimbulkan komedo

komedo hitamnya banyak banget via puteriputeri.com

Advertisement

Ternyata malas keramas juga berpengaruh ke kulit wajah apalagi bikin komedo. Rambutmu yang berminyak bisa menempelkan minyaknya ke wajah. Apalagi ketika wajahmu kotor, minyak dari kulit kepala akan kecampur dengan bakteri yang bikin pori-pori wajah tersumbat. Nggak butuh waktu lama buat komedo bersarang di wajah. Hiiii….

Bekas masker wajah yang nggak dibilas dengan bersih juga menjadi salah satu penyebab komedo. Please, jangan disepelekan!

Dibersihkan yang benar via komedo123.blogspot.co.id

Kebanyakan masker butuh dibilas dulu setelah digunakan, terutama dengan air hangat agar pori-pori membuka dan sisa masker lebih bersih. Namun, banyak yang mengabaikannya, asal-asalan membilas masker bahkan kadang belum sepenuhnya menghilangkan noda masker.

Bukannya bersih, yang ada wajah akan dipenuhi komedo. Sisa masker yang menempel di kulit jika dibiarkan bisa menimbulkan komedo. Jadi pastikan masker dibilas dengan benar.

Faktanya, komedo disebabkan oleh kebiasaan menyentuh kulit muka, yang bikin bakteri dari tangan berpindah ke wajah

menyentuh wajah via womenshealthmag.com

Jangan sembarangan mengelap wajah, terutama pakai tangan. Harus dipastikan dulu kebersihan tangan, jangan sampai tangan yang kotor tersentuh ke wajah. Bakteri di tangan bisa menyerang wajah dan bisa menyebabkan infeksi yang berujung komedo dan jerawat. Meski kadang sulit untuk mengontrol tangan, kebiasaan menyentuh wajah harus sangat dikurangi.

Ternyata kopi juga bisa bikin komedo, kandungan kafein merangsang kelenjar minyak berlebih di kulit

Kopi bikin komedo via authoritynutrition.com

Selain nggak bagus untuk kesehatan, kopi juga nggak bagus untuk kulit wajah. Yang bikin nggak bagus adalah kandungan kafein dalam kopi, bisa merangsang minyak berlebih pada wajah. Kalau wajah sudah dipenuhi minyak, sudah pasti komedo akan segera bermunculan. Buat pecinta kafein kayaknya harus lebih berhati-hati, deh.

Merokok atau berada di sekitar orang merokok bisa menimbulkan komedo, lho

Asapnya bahaya buat kulit juga via wallpaperfolder.com

Rokok, apalagi asapnya memang berbahaya untuk paru-paru dan menimbulkan banyak penyakit seperti yang tertulis di bungkusnya. Tapi ada satu lagi yang belum tertulis, yaitu menyebabkan komedo. Asap rokok mengandung zat yang sangat berbahaya untuk kulit dan mendukung perkembangan komedo diwajah. Jadi nggak cuma yang merokok saja, meski kamu perokok pasif tetap bisa kena dampaknya.

Kebiasaan tidur posisi miring membuat wajah menempel di bantal. Ini bikin kulitmu berkeringat, iritasi dan berkomedo

Bahkan tidur aja bikin komedo via www.erasecosmetics.com

Bahkan posisi tidur aja bisa bikin wajah berkomedo, apalagi kalau kamu menempelkan wajahmu ke bantal. Biasanya ketika tidur dalam posisi miring, setengah wajah apalagi hidung akan menempel terus ke bantal. Nggak setiap saat bantal bersih dari bakteri, terutama kalau bantalnya jarang dicuci. Bakteri di bantal bisa berbahaya untuk kesehatan kulit wajahmu. Jadi jaga baik-baik kebersihan bantalmu!

Meski capek, jangan pernah malas untuk rutin mencuci muka. Wajah kotor nggak boleh dibiarkan, atau komedo bakal berdatangan

Kalau komedo dibiarin jadi begini via www.ketkpgan.com

Jika komedomu terlanjur parah, pilihlah sabun pencuci muka yang punya kandungan scrub (facial scrub) agar komedomu tak mudah berdatangan. Scrub diyakini mampu merontokkan komedo jika kamu rutin menggunakannya.

Salah satu yang membuat komedo sering mempir ke wajah adalah membiarkan wajah kotor. Apalagi kalau wajah yang kotor itu dibawa tidur, nggak butuh waktu lama untuk berkembangbiaknya komedo dan jerawat di wajahmu. Makanya rutin mencuci wajah adalah hal wajib buat kamu yang masih sayang dengan wajahmu.

Nggak nyangka ‘kan, ternyata ada banyak hal sepele yang bisa menimbulkan komedo di wajah. Padahal kebiasaan-kebiasaan itu pasti sering banget dilakukan banyak orang, termasuk kamu. So, kurang-kurangin, ya!