Sebelum langsung masuk ke rupa-rupa makanan makanan yang bisa meningkatkan kejantananmu, kamu harus kenalan dulu dengan yang namanya testosteron, yang sering diistilahkan sebagai ‘hormon kejantanan’. Sebenarnya testosteron gak hanya dimiliki cowok doang karena tubuh cewek juga memproduksi hormon ini. Mungkin karena cowok menghasilkan testosteron 20 kali lebih banyak daripada cewek, hormon ini sering dikait-kaitkan dengan kejantanan.

Meski testosteron cowok diproduksi di sebuah “pabrik” bernama testis, kamu jangan buru-buru menghakimi testosteron sebagai hormon buat hubungan intim sebab, fungsinya lebih dari itu lho, guys. Testosteron bertanggungjawab dalam pembentukan otot-otot, tuh kalau kamu termasuk cowok yang terobsesi dengan perut kotak-kotak, protein aja belum cukup, broh! Testosteron juga berperan dalam mencegah pengeroposan tulang a.k.a. Osteoporosis, serta yang gak kalah penting berperan dalam proses peremajaan darah.

Jadi demi kesehatan dan kebugaran tubuh, kamu harus menjaga level testosteron. Dan jika kamu merasa kurang bugar dan gak mau mengalami gejala penuaan dini, mungkin kamu harus banyak-banyak mengkonsumsi makanan berikut:

1. Sosis, daging sapi olahan yang mengandung protein, lemak dan kolesterol sekaligus

Nyam… via en.wikipedia.org

Pada dasarnya, tubuh membutuhkan kolesterol dan lemak sebagai bahan pembuat testosteron maka untuk asupan kolesterol dan lemak yang cukup kamu harus memperbanyak makan daging-dagingan merah dari sapi maupun kambing. Memang mengolah daging menjadi makan yang lezat bukan perkara mudah, apalagi bagi cowok yang cuma master saat masak mie instan.

Advertisement

Untuk mengatasi keterbatasan tersebut kamu bisa mengonsumsi daging yang udah diolah jadi sosis. Kenapa sosis? Karena makanan ini sangat mudah untuk kamu goreng, panggang atau sekedar jadi pelenggkap bagi mie instan kamu. Biarpun makannya cuma mie asupan lemak, kolesterol sekaligus protein kamu harus tetap terjaga dong.

2. Santaplah daging rusa kalau kamu kesulitan mengonsumsi daging sapi/kambing

Lebih sehat daripada kambing dan sapi via www.wideopenspaces.com

Bagi cowok yang punya masalah berat badan dan/atau punya kadar kolesterol di atas normal menyantap daging kambing atau sapi bisa jadi dilema berat. Di satu sisi kamu membutuhkan protein, lemak dan kolesterol dari daging tersebut, namun semakin banyak kamu makan semakin tinggi kolesterol kamu dan makin menumpuklah lemak di perut.

Dari sebuah studi di University of Utah ditemukan bahwa lemak yang berlebihan (belum lagi lemak dari daging sapi dan kambing) justru menurunkan kadar testosteron secara drastis. Jadi daging yang paling aman buat kamu mungkin daging rusa yang memiliki kandungan lemak dan kolesterol yang rendah, sehingga aman bagi kamu yang kolesterolnya tinggi banget. Selain itu kandungan protein rusa juga tinggi jadi bisa berpengaruh dalam pembentukan otot kamu.

3. Kalau kamu gemar makan ikan, perbanyaklah makan ikan tuna

Sumber vitamin D via www.onesushiandgrill.com

Sebab daging ikan tuna kaya akan vitamin D, vitamin yang dipercaya baik bagi tulang dan sistem kekebalan tubuh. Vitamin D selalu erat kaitannya dengan hidup sehat yang panjang serta produksi testosteron. Satu porsi menu yang mengandung tuna memenuhi kebutuhan vitamin D harian kamu. Gak hanya vitamin D yang bisa kamu dapatkan, daging ikan ini juga yang kaya protein, rendah kalori dan baik bagi jantung. Selain tuna jenis ikan lain yang punya manfaat bagus bagi kesehatan adalah ikan sarden dan salmon.

4. Telur, terutama kuning telur bisa meningkatkan kadar testosteron tanpa mempengaruhi kolesterol

Makan telur dulu, yuk via services.flikie.com

Selain mengandung protein yang baik bagi pembentukan otot, telur mampu mendongkrak produksi hormon testoteron melalui kolesterol yang terkandung di dalammnya. Kolesterol di dalam telur cukup untuk menjadi bahan utama untuk memproduksi testosteron, namun kadarnya gak terlalu berbahaya bagi jantung kamu. Bahkan penelitian di University of Connecticut bilang bahwa kamu bisa menyantap tiga telur dalam sehari tanpa mempengaruhi kadar kolesterol dalam tubuh.

Dari sekian banyak kebaikan telur, lebih dari separuhnya terkandung di dalam kuning telur. Nutrisi seperti protein, lemak, kolesterol serta vitamin D yang melimpah (kamu udah tahu ‘kan gunanya Vit. D) berada dibagian kuning yang selalu ditakuti kebanyakan orang selama ini.

5. Sebenarnya susu mampu merampingkan tubuh cowok, lho!

Susu gak selalu bikin gemuk via www.huffingtonpost.com

Kalau selama ini kamu enggan minum susu karena takut (tambah) gemuk, sebaiknya kamu pikir-pikir lagi deh. Penelitian dari University of Pittsburgh mengemukakan fakta bahwa cowok bertubuh gemuk cenderung memiliki hormon esterogen labih banyak dari pada cowok yang badannya ramping. Oleh sebab itu kamu bisa memangkas lemak berlebih dengan mengganti hormon estrogen dengan hormon testosteron melalui meminum susu rendah lemak dan kaya kalsium dan vitamin D. Asam amino yang terkandung dalam susu mampu menggenjot produksi hormon anabolik yang juga berperan dalam pembentukan otot dan membakar lemak berlebih. Sekali lagi kamu meminum susu rendah lemak yang kaya vitamin D, karena gak mengandung lemak jenuh seperti susu sapi biasa.

6. Selain bersumber dari hewani, anggur juga bisa menggenjot produksi testosteron. Plus….meningkatkan kemampuan “renang” sperma

Makan anggur sama kulitnya via beersandbeans.com

Kulit anggur merah mengandung resveratrol, senyawa kimia yang bikin sperma kamu lebih jago berenang. Berdasarkan penelitian di Cina, mengonsumsi anggur beserta kulitnya sebanyak 5-10 gram setiap hari setara dengan mengonsumsi 500 mg resveratrol, dan angka itu cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh kamu.

500 mg resveratrol juga cukup untuk mendongkrak produksi testosteron dan meningkatkan kemampuan sperma untuk berenang. Bagi kamu yang belum punya pasangan halal, jangan berkecil hati dulu. Karena kandungan dalam anggur tersebut juga memberi kamu perlindungan dari resiko kanker, penyakit jantung, meningkatkan ketajaman pikiran serta menambah stamina saat berolahraga.

7. Jangan percaya mitos, buah Apokat justru mengandung kolestrol yang baik bagi tubuhmu

Mengandung kolesterol baik via www.popsugar.com

Ada dua jenis kolesterol yang wajib kamu ketahui, HDL dan LDL . LDL sering disebut kolesterol jahat, karena ia menumpuk di pembuluh darah dan menyumbat aliran darah dari dan menuju jantung, kolesterol inilah yang harus kamu jauhi. Sementara HDL adalah kolesterol baik, kerjaannya adalah membersihkan dan membongkar penyumbatan pembuluh darah yang dibikin oleh LDL. Nah, kadar kolesterol HDL yang baik bagi tubuh bakal kamu dapat dari buah alpukat.

Alpukat akan membuka penyumbatan darah yang menjadi penyebab utama penyakit jantung, stroke dan disfungsi ereksi. Dari penelitian ditemukan bahwa cowok yang suka mengkonsumsi avokat, kacang-kacangan dan sayuran memiliki kadar LDL yang rendah dan hormon testosteron yang tinggi.

8. Demi mencegah serta melawan impotensi, kamu bisa konsumsi buah delima

Buahnya surga via en.wikipedia.org

Bagi yang meyakini, buah delima dipercaya sebagai buahnya surga. Mungkin cukup beralasan mengingat berbagai khasiat yang tersimpan dalam buah yang dalam istilah Bahasa Inggris disebut Pomegranate ini. Delima punya manfaat yang baik bagi kesehatan gigi, ginjal dan jantung manusia. Sementara khusus bagi cowok, kandungan antioksidan yang tinggi di dalam delima dapat mengurangi resiko kanker prostat serta melawan impotensi. Hal ini disampaikan oleh International Journal of Impotence Research yang menemukan 47% cowok impoten yang rutin meminum segelas jus delima setiap hari mengaku masalah disfungsi ereksinya membaik. Hmmm… Buahnya surga.

9. Kalau mau punya otot yang kekar sering-seringlah mengunyah bawang putih

Teman asik buat bulgogi via onmilwaukee.com

Bawang putih berkhasiat untuk merawat otot dan memperbaiki otot yang lemah. Bawang putih mengandung allicin senyawa yang mampu menekan produksi hormon kortisol alias hormon stres. Di dalam otot, kortisol dan testosteron saling bersaing di lahan yang sama namun dengan tujuan yang beda. Testosteron ingin otot kamu mengeras dan kuat, sementara kortisol ingin melemaskannya.

Jadi supaya punya otot yang kuat kamu harus menekan hormon kortisol. Jika kortisol udah disingkirkan, testosteron dapat bekerja dengan leluasa dalam tubuh kamu. Mengunyah (dan menelan) bawang putih mentah jauh lebih ampuh daripada bawang putih yang gak sengaja kamu telan dari masakan. Siapin penyegar nafas ya, bro!

10. Jangan ragu buat nyemil kacang, terutama kacang Brazil

Kacang brazil via www.sheknows.com

Kacang gak mengandung kolesterol jahat seperti yang selama ini banyak ditakutkan orang, justru kacang memiliki lemak yang bisa menekan SHBG, yakni senyawa yang mengikatkan diri pada hormon testosteron hingga testosteron gak bisa bekerja maksimal. Jadi jangan ragu ataupun meresa bersalah ketika kamu menyemil kacang saat nongkrong dan ketika nonton bola bareng teman-teman.

Semua kacang baik untuk mendongrak kinerja testosteron namun ada satu jenis kacang benar-benar dianugerahkan pada cowok buat menambah jumlah testosteron yaitu kacang brazil. Selain lemaknya bagus buat tubuh, kacang brazil kaya akan selenium, yang berpengaruh menaikkan kadar testosteron secara langsung.

11. Selain susu, kubis juga membantu menurunkan kadar esterogen, yang kadang bikin kamu punya man boobies

Green and juicy via id.wikipedia.org

Kapan terakhir kali kamu menyantap kubis? Selain susu, kubis juga punya peranan penting untuk menekan jumlah hormon esterogen (hormonnya cewek) yang kalau terlalu banyak berada dalam tubuh kamu bisa menyebabkan kegemukan dan menumbuhkan (ehem..) man boobies. Menurut penelitian di Rockefeller University, cowok yang rutin menyantap 500 mg kubis setiap hari dalam seminggu mengalami penurunan kadar esterogen. Esterogen dalam tubuh cowok terpecah, yang memungkinkan testosteron bekerja maksimal.

12. Kabar gembira! Daripada makan ‘torpedo’ kambing, mending kamu minum madu Bro! Sudah teruji secara klinis.

Daripada torpedo kambing… via ayay.co.uk

Kabarnya, torpedo kambing jauh lebih dahsyat khasiatnya daripada viagra, entah dari mana kabar ini beredar. Hingga sekarang belum ada penelitian yang memastikan kalau torpedo kambing bisa meningkatkan kejantanan manusia. Mungkin secara logika emang benar ‘torpedo’ ini adalah testisnya kambing sehingga kaya akan testosteron, tapi kalau kamu mau mengambil seluruh testosteron tersebut kamu harus menyantapnya mentah-mentah (iyuuhhh!) bukan digoreng maupun dimasak dengan sop.

Alih-alih jijik sendiri karena bayangin makan torpedo mentah, alangkah baiknya kalau kamu mengambil khasiat dari madu saja. Madu kaya akan mineral boron yang berhubungan langsung dengan testosteron yang tinggi. Selain itu, madu mengandung oksida nitrat yang tinggi, berguna untuk melancarkan aliran darah ke seluruh bagian tubuh. Dengan begitu resiko disfungsi ereksi bisa dikurangi dengan menyantap empat sendok teh madu setiap hari. Hayo pilih yang mana, manisnya madu atau jijiknya torpedo kambing?

Selain diperoleh dari makanan, meningkatkan kadar testosteron harus dilengkapi dengan usaha keras juga. Kamu bisa olahraga lari atau latihan angkat beban agar hormon tersebut bisa terpompa ke otot. Kamu juga harus berusaha untuk tidur yang cukup dan teratur, serta menghindari stres. Dengan gaya hidup seperti itu, kejantananmu akan meningkat dengan alami.

Gak perlu pake obat, bro!