Proses persalinan yang butuh sekelumit perjuangan bukan lagi menjadi hal tabu bagi para cewek. Bukannya terlalu cepat, hamil dan melahirkan akan jadi kodratmu kelak, berapapun usiamu sekarang. Jadi, sebelum membaca artikel ini, pastikan kamu sudah siap untuk menerima informasi seputar kehamilan dan persalinan, ya 🙂

Melahirkan secara normal adalah dambaan bagi setiap cewek. Meski disarankan oleh pakar kesehatan, melahirkan normal juga butuh pertimbangan-pertimbangan tertentu. Mulai dari kesiapan fisik, mental dan keadaan lingkungan turut serta dalam memperlancar proses persalinan dengan cara normal ini.

Nah, meski kamu belum memikirkan hal ini, tapi kamu perlu tahu bagaimana kiat-kiat yang bisa diterapkan sejak dini supaya kelak kamu bisa melahirkan normal, seperti yang didambakan setiap cewek. Hipwee Tips sudah merangkumnya khusus buat kamu. Simak baik-baik, ya..

1. Efek menstruasi memang menyiksa. Namun jika kamu sanggup melewati rasa sakitnya, kelak melahirkan normalpun akan terasa mudah

ditahan ya, sakitnya.. via i.huffpost.com

Siapa di antara kamu yang suka pakai obat penghilang rasa sakit pas menstruasi? Wah, sayang sekali. Rasa sakit yang melanda saat menstruasi memang wajar, hampir semua cewek mengalaminya. Kabar baiknya, jika kamu bisa mengkontrol emosi agar kamu bisa bertahan dalam kesakitan dan menikmatinya senyaman mungkin, selamat.. kamu calon ibu yang bisa melahirkan normal.

Advertisement

Nah, mulai sekarang, kurangi kebiasaan untuk minum obat-obatan untuk menghilangkan rasa sakit yang diderita ketika menstruasi. Kecuali jika betul-betul nggak bisa ditahan atau memang karena gangguan di dalam organ vital. Belajarlah bertahan dari rasa nyeri saat menstruasi, karena sakitnya belum seberapa ketimbang melahirkan normal.

2. Menjaga kesehatan mata untuk mengurangi risiko saat melahirkan normal, khususnya kamu yang memiliki minus lebih dari 5 dioptri

makan wortel yang banyak via www.healthmakers.co.za

Mata minus memiliki resiko yang besar untuk bisa menjalani persalinan normal, terutama minus lebih dari 5 dioptri. Alasannya adalah cewek dengan mata minus akan memiliki perubahan hormon di bagian tubuh terutama di bagian mata. Sehingga dikhawatirkan akan mengganggu kesehatan mata dan berisiko fatal terhadapnya.

Nah, mumpung belum terlambat, baiknya mulai sekarang kamu menjaga dan merawat kesehatan mata dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin A, C, dan E, menghindari kebiasaan buruk seperti menonton televisi atau membaca buku dengan jarak dekat, serta melakukan pemeriksaan mata secara rutin.

3. Rajin sholat juga sebuah bentuk latihan, bersujud akan mencegah posisi janin yang sungsang

posisi bersujud cegah bayi sungsang via i.ytimg.com

Lho, kok bisa? Nggak nyangka, ternyata posisi bersujud membantu menempatkan bayi dalam kandungan pada posisi yang seharusnya, yakni kepala bayi berada di jalan lahir. Jika kamu membiasakan diri untuk sholat dan bersujud, maka kelak kamu nggak akan kerepotan mempersiapkan posisi yang mendukung kelahiran normal. Dengan posisi ini, memungkinkan adanya gerakan yang membantu proses persalinan dengan normal.

4. Karena butuh tenaga ekstra untuk bisa melahirkan normal, mulai sekarang pilihlah asupan makanan yang bergizi demi mempersiapkan tubuhmu kelak

konsumsi makanan bergizi via www.health.harvard.edu

Melahirkan secara normal akan banyak menguras tenaga, kamu harus mempersiapkan stamina yang cukup agar kuat saat menjalani persalinan hingga prosesnya selesai. Stamina yang kuat ini bisa kamu bentuk dari sekarang melalui asupan makanan yang tepat.

Penuhi kebutuhan zat gizi yang seimbang baik kalori, protein, lemak, vitamin dan mineral. Dan lagi, hindari kebiasaan makan makanan siap saji, merokok, minuman beralkohol, apalagi narkotika.

5. Meski masih single, menjaga berat badan ideal juga penting. Karena untuk bisa melahirkan secara normal, berat badanmu harus seimbang

jaga berat badan seimbang via www.health.harvard.edu

Pengaturan berat badan memang sangat penting khususnya bagi ibu hamil. Kenaikan berat badan yang terlalu tinggi akan menyulitkan kamu dalam proses persalinan normal. Begitupun dengan berat badan yang terlalu ringan. Jadi, jaga berat badanmu agar tetap seimbang untuk mengantisipasi terjadinya kenaikan berat badan yang signifikan pada masa kehamilan.

6. Senam ibu hamil bisa kok kamu latih dari sekarang, biar nggak gampang lelah dan kuat mengejan

Melakukan senam untuk menunjang proses persalinan kelak bisa kok dilakukan sejak sekarang. Beberapa gerakan ini bisa kamu praktikkan setiap hari agar organ-organ penting siap untuk melakukan tugasnya saat masa persalinan.

Gerakan untuk untuk membuat otot bagian punggung, paha, dan panggul menjadi lebih kuat untuk mempersiapkan kelahiran normal

lulut bersila via yoga.com

  • Duduk bersila di lantai dengan punggung lurus mengikuti dinding.
  • Tekan kedua lutut ke arah lantai dengan siku. Coba rasakan ketika otot meregang di sekitar paha dalam.
  • Lakukan latihan selama 10 hingga 12 menit perhari.

Senam kegel untuk merangsang otot bagian panggul seperti rahim, usus dan kandung kemih

senam kegel via www.newleafclub.org

  • Duduklah di sebuah kursi yang rata.
  • Kencangkan perut, paha dan pantat lakukan gerakan seperti saat kamu menahan air kencing. Kemudian mulailah untuk merasakan sensasi panggul. Gunakan otot panggul sebagai dasar gerakan.
  • Cobalah untuk merasakan kontraksi selama 5 hingga 10 menit.

Jongkok menjadi gerakan ringan yang akan mempecepat persalinan karena bisa mendorong pembukaan panggul secara alami

latihan jongkok via i.ytimg.com

  • Cobalah untuk berdiri dengan punggung menghadap dinding. Usahan punggung benar-benar lurus.
  • Buka kaki selebar bahu dan tempatkan lengan di samping tubuh. Gerakkan perlahan tubuh ke bawah hingga seperti posisi jongkok dan paha sejajar dengan lantai.
  • Lakukan latihan ini selama 5 kali sehari.

7. Kurangi kebiasaan menahan buang air kecil, selain efek buruk buat ginjal juga menghambat proses persalinan normal

jangan kebiasaan nahan pipis via greatist.com

Ini alasan ke sekian kenapa kamu nggak boleh menahan air kencing saat ingin buang air kecil. Selain nggak bagus buat ginjal, kebiasaan ini menghambat proses persalinanmu kelak. Keadaan kandung kemih yang penuh selama persalinan akan menghambat turunnya kepala bayi ke dasar panggul. Jadi, mulai sekarang segeralah buang air dan hindari untuk menahannya, ya!

8. Asal sudah cukup umur, boleh kok kamu berbagi pengalaman seputar persalinan normal dengan yang sudah mengalaminya

ngobrol dengan cewek hamil via fthmb.tqn.com

Ini adalah solusi tepat jika kamu nggak punya bayangan sama sekali mengenai proses persalinan normal. Kamu bisa menemui teman atau orang yang mengalami langsung proses persalinan tersebut. Dengarkan pengalamannya dan petik hal-hal positif dari obrolan tersebut sehingga membuatmu merasa termotivasi untuk melahirkan normal.

Jika kamu menjadi pendengar yang baik, yakin deh dalam lubuk hatimu yang paling dalam kamu akan ikut merasakan apa yang dirasakan oleh orang tersebut. Nalurimu sebagai ibu akan terbangun dari situ 🙂

9. Terbiasa untuk rileks dan tenang dalam keadaan apapun. Kelak jika kamu hamil, kebiasaan ini akan sangat membantu

Rileks adalah tips melahirkan normal yang terakhir. Dengan pikiran yang tenang menghadapi persalinan maka kamu akan benar-benar siap dan ini akan sangat membantu tubuhmu untuk menjadi lebih kuat selama melahirkan secara normal.

Banyak hal yang bisa dilakukan agar kamu bisa rileks, misalnya berendam di kolam renang, mengompres badan dengan air hangat, mendengarkan musik, atau bisa juga dilakukan dengan berjalan kaki di lingkungan yang sejuk.

Nah, sudah tahu kan bagaimana kiat supaya kelak kamu bisa melahirkan normal? Kamu bisa lakukan mulai sekarang lho, karena mempersiapkan sesuatu lebih cepat maka hasilnya juga akan lebih baik. Kalau kamu punya informasi mengenai kiat-kiat lain untuk mempersiapkan persalinan normal, tambahkan di kolom komentar, ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya