Kamu sering banget mengeluarkan uang untuk berbagai hal. Mulai dari belanja kebutuhan sehari-hari berupa makanan, pakaian, dan keperluan lainnya untuk menunjang aktivitasmu. Kadang juga kamu menarik sejumlah uang dari rekening untuk membiayai kursus bahasa asing yang cukup mahal. Bukannya boros, tapi kamu memang membutuhkannya dan tahu akan bermanfaat di kemudian hari.

Yup, meskipun gaji yang sekarang hitungannya belum seberapa, “boros” untuk hal-hal ini justru disarankan. Hemat di pos pengeluaran yang lain boleh, tapi buat yang ini, nggak apa-apa deh!

1. Jangan pelit untuk urusan jaket berkualitas. Kata teman sih cukup beli 1 aja, tapi kalau basah gara-gara hujan… gimana?

jaketnya dipilih-dipilih via ghiglino.tumblr.com

“Demi apa lo beli jaket lagi? Yang warna ungu kemarin ‘kan masih baru.”

“Cadangan keleus, lagi musim hujan juga ini.”

Jaket memang salah satu hal yang wajib kamu punya saat musim hujan tiba. Sebenarnya nggak cuma pas musim hujan aja sih digunakannya, tapi sehari-hari juga. Misalnya berpergian naik motor atau dipakai di kantor karena ruangan kerja yang cukup dingin. Lagipula, jaket juga bermanfaat saat liburan jalan-jalan ke daerah pegunungan kok. Jadi, kamu memang wajib punya harus lebih dari 1 jaket supaya punya cadangan kalau lagi butuh sewaktu-waktu. Karena saat ini musim hujan, kalau dicuci juga nggak cepat kering. Gak mungkin dong hari ini kehujanan terus besoknya pakai jaket yang masih basah?

2. Gak cuma jaket, kamu juga beli 2 payung dengan jenis yang berbeda. Satunya payung lipat kecil, satunya lagi ukuran sedang, soalnya payung kecil cepat banget rusak kalau terkena angin

punya payung jangan hanya 1 ya via www.moehfashion.com

Advertisement

“Yakin mau bawa payung ke kantor yang panjangnya sesiku? ‘Kan udah punya yang kecil.”

“Justru gue dulu beli yang rada panjangan ini karena buat antisipasi kalau payung yang kecil rusak.”

Untuk ke mana-mana, memang lebih enak membawa payung lipat ukuran kecil. Ukurannya yang nggak menghabiskan tempat di dalam tas dan nggak berat ini membuatmu saat pertama beli payung menjatuhkan pilihan pada barang ini. Meskipun demikian, tapi payung lipat kecil ini juga punya kelemahannya lho jika terkena angin. Payung kecilmu ini akan mudah banget rusak dan membuatmu harus membeli lagi deh. Makanya, kamu juga membeli payung ukuran sedang yang agak berat dan kurang mudah di bawa-bawa ini buat jaga-jaga jika mendadak diperlukan.

3. Kata orang: Udah ada charger, ngapain beli powerbank? Apa dia gak tahu kalau powerbank penyelamat ponsel ketika di perjalanan?

gak usah rebutan kalau ada colokan listrik hehe via www.tumblr.com

Karena zaman sekarang udah modern, segala aktivitas hampir banyak kamu lakukan menggunakan gadget. Nah, mau nggak mau baterai gadgetmu gampang banget drop-nya dan harus segera diisi supaya aktivitasmu nggak terganggu. Ditambah lagi kamu sering meeting di luar, jadinya susah dong menemukan colokan listrik untuk charger gadget? Makanya kamu berinisiatif membeli powerbank biar bisa isi baterai gadget di manapun. Yang penting setiap malam mau tidur kamu colokan kabel powerbank ke listrik biar ketahanan baterainya buat digunakan gadget bisa tahan lama. Kalau udah ada yang mudah, ngapain susah-susah?

4. Kamu udah punya flashdisk 16 GB, tapi tetap aja gak cukup untuk menyimpan data kantor yang berukuran besar. Akhirnya kamu beli HD eksternal untuk jaga-jaga

beli hardisk eksternal untuk jaga-jaga via www.bhphotovideo.com

Mengeluarkan uang untuk membeli hardisk eksternal memang cukup menguras dompet. Tapi, kalau memang butuh dan bermanfaat dalam waktu lama kenapa nggak? Toh uang yang dikeluarkan sesuai dengan barangnya kok. Memang dasarnya data-data dilaptop udah terlalu banyak, mau dihapus juga sayang, apalagi data tersebut kadang perlu dikirimkan dari laptop ke laptop. Jadi, nggak salah ‘kankalau beli hardisk eksternal juga?

5. Bagimu yang cewek, entah itu lipstick, lipbalm, atau lipgloss pasti gak hanya punya 1 warna aja. Sayangnya para lelaki kadang sulit mengerti akan hal ini

memang gak cukup kalau cuma punya 1 warna aja via www.reveal.co.uk

“Beb, bentar ya aku mau beli lipstick dulu di sana.”

“Lha yang kamu pakai ini memang udah abis?”

“….”

Yang cewek, hayo jujur di kamarmu pasti nggak hanya tersedia 1 lipstick aja ‘kan? Pasti ada warna lain deh, kayak merah darah, merah marun, pink, sampai nude. Itu baru lipstick, belum kalau punya juga lipbalm atau lipgloss yang memberikan efek lembab pada bibir.

Minimal banget kamu punya 2 warna dari setiap jenis perlengkapan perawatan bibir itu. Fungsinya pun macam-macam, yang berwarna terang biasanya digunakan untuk kondangan atau menghadiri acara resmi dan warna kalem biasa dipakai saat jalan-jalan atau ke kampus.

6. Buat menghadiri berbagai acara, gak mungkin dong kamu pakai flat shoes ke mana-mana? Ada kalanya pakai heels, pantofel, atau sepatu olahraga

karena digunakan untuk melangkah, gak cukup kalau punya 1 aja via footwearnews.com

Ada kalanya kegiatan sehari-hari membuatmu membeli keperluan tambahan sebagai penunjangnya. Misalnya saat berolahraga, datang ke peresmian suatu acara, dan kondangan. Kalau kamu hanya punya 1 atau 2 jenis sepatu, tentu masih kurang mendukung untuk penampilanmu. Masa iya kamu harus meninjam ke teman terus-menerus? ‘Kan nggak enak juga terlalu sering pinjam. Biar kamunya nyaman dan bebas, akhirnya kamu membeli sepatu lagi yang belum dimiliki deh.

7. Sama seperti halnya sepatu, baju pun demikian. Aktivitasmu perlu ditunjang dengan pakaian yang sesuai

baju itu penting untuk menunjang penampilan via everycollegegirl.com

Sepatu aja nggak bisa kalau cuma 1 atau 2, apalagi baju yang setiap detik digunakan dan melekat erat di tubuh. Di lemarimu wajib tersedia beragam jenis baju sesuai kegiatan, misalnya yang casual bisa dipakai ke kampus dan jalan-jalan atau nongkrong bareng teman, yang rapi dan agak resmi khusus untuk ke kantor atau menghadiri pesta. Karena sering digunakan dan senantiasa dipakai, kamu nggak bisa hanya menyediakan beberapa baju aja.

8. Kalau kamu memakai hijab pasti punya koleksi hijab yang gak itu-itu aja dong. Kebutuhan warna yang sesuai sangat perlu untuk menunjang penampilanmu, apalagi fashion hijab sekarang sudah semakin bagus

karena punya hijab juga harus disesuaikan dengan warna pakaian via kivitz.blogspot.co.id

Untuk yang berhijab pasti di lemari pakaian atau di gantungan tersimpan beragam warna dan jenis hijab. Biasanya yang membuatmu jadi beli hijab karena ada baju atau bawahan yang belum memiliki pasangan hijabnya. Entah itu dari warnanya, motifnya, atau modelnya. Sekarang juga fashion hijab sangat berkembang, kamu yang senang bereksperimen dengan hijab jadi tergiur untuk membelinya.

Oh iya, hijab yang dulu juga nggak mubazir kok karena masih kamu gunakan. Kamu saat ini hanya membeli yang baru karena sesuai kebutuhan dan memang cocok untuk kamu kenakan. Yah jadi punya banyak pilihan kalau mau pergi ‘kan biar penampilanmu nggak bosan itu-itu aja.

9. Karena pakaian dalam itu pemakaiannya harus seringkali diganti dalam sehari, sebaiknya kalau udah kurang dari setahun pemakaian, kamu wajib membeli yang baru untuk menjaga kesehatan

ini juga penting untuk menjaga kesehatan, harus sering diganti via www.dailymail.co.uk

Pakaian dalam itu sangat penting lho untuk menjaga kesehatan tubuhmu. Sayangnya, kegiatan yang kamu lakukan kadang membuatmu jarang menggantinya sehingga bisa berbahaya bagi kesehatan. Oleh karena itu, dianjurkan kurang dari setahun kamu membeli yang baru agar organ intimmu terjaga dengan baik. Dengan begitu kebersihan dan kesehatan tubuhmu menjadi terjaga.

10. Boros buat kursus, entah itu kursus masak, bahasa asing, atau lainnya gak akan pernah rugi karena sangat bermanfaat untuk ke depannya

ambil kursus bahasa asing via christopherhouse.org

“Gila lo boros banget ya sampai ikut kursus 3 bahasa asing gitu.”

Bukannya boros, tapi itu sebenarnya merupakan investasi pendidikan di masa depan. Kamu memiliki uang berlebih dan memilih mengeluarkannya untuk kursus berbagai bahasa asing sebagai modal di kemudian hari. Kamu sadar kalau persaingan dunia kerja semakin sengit dan diperlukan bahasa asing sebagai salah satu modal pembuka jalan kesuksesan. Makanya boleh banget kalau kamu mau boros untuk hal ini!

11. Sering berpergian ke berbagai tempat, baik yang dekat atau jauh dari tempat tinggal pun gak apa-apa. Karena gak ada yang sepadan dengan besar-kecilnya pengalaman

akan banyak pelajaran yang kamu dapatkan via atadventures.tumblr.com

Pengalaman itu mahal dan nggak bisa dibeli. Apa yang udah kamu alami di berbagai tempat juga belum tentu sama dengan apa yang temanmu alami. Oleh karenanya, pengalaman itu sangat berharga dan nggak bisa dibeli dengan apapun. Perasaan yang kamu miliki setelah mengalami berbagai peristiwa di daerah-daerah yang telah kamu sambangi nggak bisa digambarkan deh. Meskipun pengalamanmu itu wujudnya kecil, tapi tetap aja nggak ada yang bisa sebanding dengan itu.

Oleh orang sekitar, kalau kamu beli barang atau mengeluarkan uang untuk suatu hal, kadang dibilangnya pemborosan. Padahal, kamu menggunakan uang itu untuk hal yang bermanfaat.

Yah namanya juga setiap orang memiliki pandangan yang berbeda. Yang penting bagaimana kamu menjalaninya, toh nanti kamu juga kok yang paling ngerasain manfaatnya! 🙂