Untukmu yang gajinya 2 jutaan, nabung mungkin bukan hal yang gampang. Keperluan bulanan hingga biaya tak terduga, bikin kamu merasa nabung itu semakin susah. Mungkin kamu belum tahu kalau sebenarnya masih ada celah loh untukmu menyimpan uang. Dengan sedikit pengorbanan tentunya. Misalnya mengurangi hasrat untuk belanja dan mengurangi jatah nongkrong di cafe.

Nah, jika dipanen setahun, hasilnya bisa lumayan untuk simpananmu di masa depan. Supaya menabung tak lagi menjadi hal yang mustahil, 8 cara ini layak kamu terapkan.

1. Sisihkan uangmu Rp10 ribu per harinya. Di akhir bulan, simpanan ini bisa menjadi penyelamat jika saldomu sudah mulai menipis.

Nah, kaya gini nih. Nabung 10 ribu dalam toples. via celengansemar.wordpress.com

Kamu bisa membeli celengan (mungkin bisa lebih dari satu) untuk menyimpan uang 10 ribuan. Menyisakan uang Rp10 ribu sehari, bukan cara menabung yang memberatkan kan? Kalau kamu hitung selama setahun, hasilnya sungguh lumayan. Hitungannya begini:

Rp 10.000 x 30 hari = Rp 300.000

Rp 300.000 x 12 bulan = Rp 3.600.000

Advertisement

Tuh, kan! Setahun kamu bisa dapet 3 jutaan. Lumayan untuk kamu beli sesuatu yang bermanfaat atau untuk jalan-jalan di akhir tahun.

2. Menabung di bank dengan tabungan rencana bisa jadi alternatif. Cukup Rp100-200 ribu saja perbulannya. Hasilnya lumayan lho untuk dipanen setahun.

langsung auto debet dari rekening via bijakasuransi.com

Ingin nabung untuk beli sesuatu, tapi selalu ngga terwujud. Uangmu selalu habis terpakai. Nah, kamu mungkin bisa menggunakan cara yang satu ini. Yakni dengan menabung di bank dengan tabungan rencana. Syaratnya kamu harus menabung minimal setahun. Karena ini auto debet, jadi uang di rekeningmu akan otomatis terpotong sebulan sekali. Tapi hasilnya lumayan lho untuk dipanen setahun.

Jika kamu menabung Rp100 ribu per bulan, setahun kamu bisa dapat Rp1,2 juta.

Atau jika 200 ribu kamu bisa dapat Ro2,4 juta dalam setahun.

3. Beli celengan untuk nabung recehan. Karena uang recehan juga terlalu berharga untuk dihambur-hamburkan.

Simpan recehan sisa belanjaan dalam toples ini misalnya. via coachingwithchristina.com

Banyak dari kamu yang sudah mencoba cara ini. Hasilnya lumayan kan? Iya, uang recehan sisa belanjaan bisa kamu tabung di celengan. Receh gopean sampai seribuan, atau bahkan dua ratusan itu sungguh berharga kalau kamu kumpulkan. Kalau celengan penuh, kamu bisa dapat ratusan ribu lho! Bisa kamu pakai untuk beli barang idaman, entah baju atau sepatu inceran.

4. Kamu bisa mengurangi jatah nongkrong di kafe dan menggantinya dengan membeli kopi sachet. Mulai sekarang, sering-sering ya ngopi di teras rumah.

ngopi di rumah ngga kalah menyenangkan via favim.com

Sadar ngga sadar, ngopi di kafe ternyata bisa menguras dompetmu lho. Untuk menyiasatinya, lebih baik kamu membeli kopi sachet saja. Mulai sekarang, sering-sering ngopi di rumah ya. Teras rumahmu bisa banget kamu jadiin spot cantik untuk ngopi. Terkadang ngopi ngga harus selalu di kafe kok.

5. Mengurangi hasrat untuk beli baju juga salah satu cara untuk menyimpan uang saat gajian.

kurang-kurangin belanja via www.visitdenmark.co.uk

Nah, problem sulit untuk menahan hasrat belanja sering dialami kamu para cewek. Mulai bulan ini, belanja bajunya bisa kamu tunda dulu aja. Coba liat lagi isi lemari kamu, siapa tahu masih banyak baju yang bagus karena jarang dipakai.

Kalau pun mau belanja, bikin jadwal yang jelas. Misal dua bulan sekali dan tentukan budget maksimal yang bisa kamu gunakan untuk belanja. Kamu bisa mengalokasikan dana sebesar Rp200-300 ribu yang biasanya buat beli baju, kini kamu tabung. Tapi kalau kamu ngga tahan untuk ngga beli baju, oke masih ada opsi kok. Belanja baju second hand aja. Setidaknya kamu bisa berhemat Rp150 ribu. Karena belanja baju second hand cukup dengan Rp50 ribu aja.

6. Ingin nabung dengan cara yang asyik? Bikin arisan dengan teman-temanmu saja.

Mau nabung yang asyik? Bisa banget dengan cara arisan. via www.vemale.com

Mau menabung dengan cara yang asyik? Kamu bisa lho bikin arisan bareng teman-temanmu. Menabung jadi lebih menyenangkan kalau ada acara kumpul-kumpulnya. Anggap aja arisan itu menabung. Tapi kalau dapetnya duluan gimana? Jadi ngga nabung dong? Di sinilah keberuntunganmu bicara. Perbanyak doa biar kamu dapet arisannya pas terakhiran atau tengah-tengah. Jadi kesan nabungnya lebih berasa. Hehe..

7. Kalau males nabung di bank, kamu bisa menyimpan uangmu di salah satu sahabatmu. Kamu dan teman juga bisa nabung ramean. Tapi ingat, ini azaznya saling percaya ya.

Kamu bisa pakai buku tabungan ini biar acara nabung kamu dan teman-teman lebih seru. via www.nyunyu.com

Alternatif cara lainnya, kamu bisa nabung dengan cara menyimpan uang di salah satu temanmu. Tapi kamu harus ingat kalau cara ini mengusung azaz saling percaya. Kamu dan teman-teman bisa juga nabung rame-rame. Jadi, pilih salah satu teman yang paling bisa dipercaya untuk memegang uang. Nabungnya terserah kamu, bisa dimulai dari 20 ribu sampai tak terbatas. Waktu nabungnya juga bisa sesuka hati. Tinggal pilih mau tiap hari atau seminggu sekali.

Kalau nabung pakai sistem ini, kamu bisa sewaktu-waktu mengambil tabungan kalau lagi ada keperluan mendadak. Tinggal sms atau telepon temanmu yang pegang uang aja.

8. Sering-sering makan di rumah, ketimbang makan di luar. Kamu mungkin ga sadar kalau keseringan makan di luar bisa menyedot uang gajian secara perlahan.

Untuk kamu yang ngekos, bisa masak sendiri biar lebih hemat. via teabythesea.tumblr.com

Kamu yang kebetulan ngga ngekos, sering-sering makan di rumah bisa menghemat uang gajimu. Sementara untuk kamu yang ngekos dan kebetulan ada dapurnya, lebih baik masak ketimbang beli makan di luar. Satu kali belanja bisa untuk dua kali makan. Jadi lebih hemat bukan?

Ternyata ada banyak cara menabung yang sederhana. Tanpa memberatkanmu yang memiliki gaji 2 jutaan. Walau tetap harus ada pengorbanan ya, seperti misalnya harus ngurangin nongkrong di kafe dan jangan sering-sering belanja baju. Tapi kalau kamu terapkan menabung ini sampai 5 tahun ke depan, lumayan lho bisa terkumpul buat modal nikah 😉

Kredit Featured Image : http://www.glamasia.com/2014/09/03/smart-girls-guide-saving-money/