Sebagai mahasiswa atau pekerja, hari-harimu pasti penuh dengan berbagai deadline yang menuntut. Namun karena berbagai alasan, terkadang sulit rasanya menyanggupi tenggat waktu yang ada. Misalnya, kondisi tubuhmu kurang fit untuk menyelesaikan tugas, atau masalah dengan orang-orang terdekat membuatmu tak fokus. Bukannya bisa menyelesaikan semua tugas dengan sempurna, kamu malah terseok-seok sebelum akhirnya kehabisan tenaga.

Hidup memang selalu bisa memberikan tantangan. Jadi, kamu harus selalu siap supaya bisa ‘menang’ ketika tantangan itu datang. Nah, sebagai salah satu bentuk persiapan, tak ada salahnya jika kamu mengisi tas yang kamu bawa mu dengan barang-barang yang bisa menunjang produktivitas dan menjaga mood sepanjang hari. Barang-barang apa saja, sih?

1. Jika Injil atau Al-Qur’an adalah kitab suci, to-do list adalah “kertas suci” untuk memastikan hari-hari sibukmu tetap rapi.

Bawa to do list mu via curtiszimmerman.com

Hari yang menyenangkan adalah hari yang sesuai dengan rencana yang dibuat sebelumnya. Tak ada tugas-tugas tak ada yang terlewatkan dan semua berjalan baik saja. Nah, agar kamu tak dipusingkan dengan mengingat-ingat kewajiban yang harus kamu selesaikan, maka kamu wajib merangkum segala kegiatan itu dalam to-do list.

Sebelum tidur atau saat bangun pagi kamu bisa meluangkan waktu untuk membuat to-do list pada stick note atau gadget kesayangan, lalu selipkan dalam tas. Jika kamu sudah menyelesaikannya, kamu bisa coret satu dengan pulpen. Dengan begitu, kamu jadi terpacu untuk melakukan tugas-tugas selanjutnya. Selain itu, dengan menggunakan to-do list hari-harimu bisa lebih terorganisir alias “rapi” tanpa harus khawatir ada yang terlupa lagi.

2. Biarpun mengetik di laptop memang paling nyaman, jangan lupa bahwa kreativitasmu lebih mudah keluar saat menulis di buku catatan.

Advertisement

Bawa buku agenda kecil dan pulpen via www.etsy.com

Lengkapnya aplikasi yang ada dalam smartphone atau laptop sudah pasti membuat urusan hidup menjadi lebih praktis, salah satunya menulis. Ke manapun pergi, setiap ada inspirasi, kamu tinggal mencatat pada memo gawai atau menyimpannya dalam draft emailmu. Bukannya praktis, hal ini justru membuat otakmu stuck dibandingkan menulis pada kertas lho.

Jika ingin kreativitas otakmu lebih terangsang lagi, kantongi buku agenda dan pulpen pada tasmu untuk mencatat inspirasi atau keperluan menulis. Tak harus catatan yang berukuran besar, kamu bisa pilih ukuran pocket agar tidak terlalu menyita tempat. Menulis pada buku bisa melatih kemampuan motorik dan emosimu. Selain itu, pikiran yang tadinya stuck jadi lebih bebas untuk berekspresi. Bukankah kamu sudah membuktikannya selama ini?

3. Banyak orang bisa hidup tanpa cinta, tapi nggak ada yang bisa hidup tanpa air. Artinya, kamu wajib bawa botol air ke mana-mana!

Bawa botol air yaa via www.tombihn.com

Jika kamu ingin menjadi orang sibuk yang sehat, maka kamu wajib membawa sebotol air putih kemanapun kamu melangkahkan kaki. Air bisa menghindarkanmu dari lemas dan letih karena dehidrasi. Asupan air yang cukup juga bisa membuat otakmu lebih segar dan berfikir fokus. Selain itu, kamu juga bisa lebih hemat lho. Dengan membawa botol air minum di dalam tas, kamu tak perlu lagi khawatir haus saat aktivitas sedang tinggi-tingginya.

4. Lapar itu manusiawi. Maka dari itu, pastikan di tasmu selalu ada camilan ini.

Bawa camilan buat mengganjal kalau lapar via www.popsugar.com

Mungkin kamu seorang morning person yang tak sempat sarapan atau pekerjaanmu padat hingga tak sempat pergi ke kantin untuk sekedar makan. Nah, untuk mengatasi itu semua, kamu bisa coba biasakan membawa cemilan. Camilan sehat seperti biskuit atau cookies. Sehingga, saat kamu lapar di jam-jam genting, kamu masih bisa mengganjalnya dengan makanan ringan ini. Kamu bisa terhindar dari jatuh sakit, sehingga camilan yang kamu bawa setiap pergi bisa membuatmu tenang kemanapun kamu pergi.

Jadi, harimu bisa lebih menyenangkan dan produktif tanpa rasa kelaparan.

5. Headset bisa kamu andalkan untuk menghalau bosan yang sesekali menyerang di sela-sela kerjaan.

Dengan musik, kamu bisa membunuh rasa bosan ketika menunggu via amazon.com

Rasa bosan adalah ancaman paling mengerikan bagi produktivitas seharian. Demi mengatasi itu, sekarang kamu bisa mengandalkan headset untuk mendengarkan musik kesayangan. Benda kecil ini bisa kamu selipkan di tas, jadi sesekali rasa bosan menyerang kamu bisa merasa terhibur dan menjadi lebih bersemangat dengan mendengarkan musik yang kamu suka.

Daripada mengisi bosan dengan membuka media sosial yang bisa jadi distraksi kerja, musik justru lebih efektif untuk membuatmu lebih segar dan tak lagi suntuk. Jadi produktivitasmu tak terganggu.

6. Menunggu seringkali bikin jemu, tapi jika ada buku, kamu jadi tak merasa waktu sudah berlalu.

Bawa buku untuk mengisi waktu menunggu via blog.digishelf.co.id

Pekerjaan menunggu memang kadnag-kadang bikin kamu jemu. Misalnya menunggu kereta, menunggu pesanan makan atau bahkan menunggu fotokopian kelar. Daripada mengingat mantan yang bisa bikin kamu galau, manfaatkan saja waktu menunggumu dengan membaca buku. Jadi kamu mulai sekarang kamu bisa bawa buku bacaan kesayangan di dalam tasmu.

Alih-alih merasa bosan karena menunggu, dengan mambawa buku kamu justru bisa membunuh waktu lebih cepat. Selain itu, pengetahuan baru juga bisa kamu dapat.

7. Dengan mengantongi permen rasa mint, kamu bisa mengubah moodmu menjadi lebih baik kapan saja kamu perlukan.

Bawa permen mint via www.merdeka.com

Padatnya aktivitas seharian seringkali membuatmu merasa jadi lesu dan kurang bersemangat. Untuk mengatasinya, kamu bisa coba konsumsi permen rasa mint atau rasa cinnamon. Rasa jenis ini bisa mendongkrak mood mu jadi lebih baik dan menambah energimu. Jangan takut gendut, konsumsi permen mint justru bisa menjadi membantu pikiranmu lebih berapi-api dan tak lesu lagi. Bagi para cewek, kamu tak perlu khawatir gendut, karena permen ini tersedia dalam pilihan mau yang banyak kalori atau non kalori.

Membuat hari yang produktif itu tak hanya butuh semangat dan perencanaan yang baik. Tapi kamu juga butuh mood baik yang tidak tiba-tiba mengkerut. Jika kamu mengidam-idamkan hari yang indah, gak ada salahnya kamu pastikan list barang-barang ini di tasmu setiap kali kamu akan pergi. Jangan sampai lupa atau ketinggalan ya.

Semoga harimu menyenangkan!