Menjalani hari dengan lancar tanpa kendala yang berarti adalah impian harian setiap individu. Tapi apa daya, tak jarang hari yang sudah kita rencanakan lengkap dengan kegiatan apa yang akan dilakukan, hancur berantakan akibat faktor internal, yaitu diri kita sendiri.

Tapi jangan khawatir, kali ini Hipwee akan memberikan tips agar harimu bisa menjadi produktif dan berjalan sesuai dengan rencana yang sudah kamu tulis hari sebelumnya.

1. Mulailah pagimu dengan tenang. Duduk menikmati pagi dengan secangkir teh hangat serta koran di tangan bisa menjadi alasan tepat untuk meninggalkan gadgetmu.

Nikmati pagimu dengan teh hangat dan koran via ilovehdwallpapers.com

Tinggalkan kebiasaan untuk mencari gadget begitu mata terbuka. Mulailah harimu dengan tenang, ketika mata terbuka, ucapkanlah syukur karena masih diberi kesempatan untuk hidup hari ini. Tarik nafas dalam-dalam, rasakan udara pagi yang masih terasa kesegarannya lalu beranjaklah dari tempat tidur, usap wajahmu dengan air bersih dan duduklah di teras rumah sambil menikmati teh hangat serta koran dengan beragam informasinya. Rasakan perbedaannya, dengan membaca email atau berpikir tentang pekerjaan begitu bangun tidur akan membuat kita merasa was-was dan takut pekerjaan itu tidak selesai hari ini, alhasil pekerjaan tersebut benar-benar tidak selesai karena kita tidak tenang dalam mengerjakannya.

2. Buatlah “to-do list” hari sebelumnya, agar harimu berjalan lancar sesuai target yang ingin kamu capai.

“to-do list” penting agar harimu terarah via prepareseparaovestibular.blogosfera.uol.com.br

Advertisement

To-do list” wajib hukumnya untuk kamu miliki, agar harimu terorganisir dan segala kegiatan yang kamu lakukan bisa berjalan dengan efektif dan efisien. Menulis daftar kegiatan yang akan kamu lakukan di hari itu sama halnya dengan kamu telah melakukan setengah dari pekerjaanmu, dengannya kamu bisa mengatur prioritas dari pekerjaan yang akan kamu lakukan. Sebelum tidur, tulislah daftar kegiatan esok hari dalam sebuah kertas, tempelkan di atas cermin agar kamu ingat dengan hal tersebut.

3. Olahraga ringan perlu kamu lakukan, agar tubuhmu siap untuk mengerjakan kegiatan yang telah kamu targetkan hari ini.

Olahraga ringan cukup untuk mengembalikan semangatmu via prepareseparaovestibular.blogosfera.uol.com.br

Tidur membutuhkan tenaga yang banyak, oleh karena itu, tidak heran jika kita sering merasa lelah ketika bangun tidur. Olahraga ringan dapat membantumu mengembalikan tenaga yang terkuras selama tidur, sehingga kamu semangat dan siap untuk menghadapi hari. Cukup olahraga ringan, seperti, jogging selama 5 menit, atau berjalan keliling kompleks agar kamu tidak kehilangan vitamin D dari sinar matahari. Tapi ingat! jangan melakukan kegiatan olahraga yang terlalu berat, karena hal tersebut malah akan membuatmu lemas.

4. Jangan lupa untuk mengisi perut agar rasa lapar tidak membuat produktivitasmu berkurang. Awali hari dengan makanan sehat.

Mulailah dengan sarapan yang sehat via www.shutterstock.com

Banyak artikel yang menulis tentang manfaat baik dari sarapan, jangan melewatkan pagimu dengan meninggalkannya. Makanan berfungsi sebagai bahan bakar agar kita bertenaga ketika mengerjakan suatu pekerjaan, bayangkan jika kendaraan kita kehabisan bensin, tentu pekerjaan kita akan terbengkalai. Begitu juga dengan makanan yang kita makan, makanan sehat akan membuat kesegaran tubuh meningkat, sehingga kita akan maksimal dalam mengerjakan pekerjaan.

5. Mengejar target adalah goal utama yang harus kamu capai, tapi jangan lupa untuk beristirahat sejenak demi memulihkan energi yang hilang.

istirahat sejenak untuk mengembalikan tenaga via www.shutterstock.com

Mengerjakan target adalah goal utama yang harus kamu kerjakan hari itu, tapi jangan lupa jika bekerja terus-terusan tidak baik untuk kesehatan. Maksimalkan istirahat siangmu untuk memulihkan tenaga, istirahat sama pentingnya dengan makan, untuk mengembalikan tenaga yang terkuras selama bekerja. Tak perlu waktu lama untuk beristirahat, alihkan pandangan dari layar komputer minumlah secangkir kopi hangat dan makan snack ringan agar tenagamu pulih. Atau kamu bisa mengistirahatkan pikiran dengan sholat dan berdoa agar pekerjaanmu hari itu selesai dengan baik.

6. Siang hari adalah waktu yang tepat di mana kinerja mulai menurun. Setelah istirahat sejenak, temukan ritme kerja secepat mungkin, agar produktivitasmu tidak berkurang.

Setelah istirahat, secepat mungkin temukan kembali ritme kerjamu via www.flurtmag.com

Setelah istirahat sejenak, temukan ritme kerja secepat mungkin, agar siangmu tidak habis dengan rasa malas mengerjakan pekerjaan. Siang hari adalah waktu di mana kinerja mulai menurun, untuk menghadapinya kamu harus bersabar sejenak untuk tidak bermalasan. Paksakan dirimu untuk bekerja, setelah beberapa menit kamu akan mulai terbiasa lagi dengan pekerjaan yang sedang kamu lakukan.

7. Hargai sekecil apapun capaian yang dapat kamu raih. Tulislah dalam jurnal agar kamu lebih semangat untuk mengerjakan hal yang lain lagi.

Tulislah pencapaianmu dalam jurnal, walau itu kecil via www.linkedin.com

Hargailah pencapaian yang kamu dapat hari itu, walaupun kecil. Menulis pencapaianmu di jurnal adalah tindakan yang tepat, kelak ketika sukses telah berada dalam genggaman, tulisan tersebut akan menjadi saksi bisu perjalananmu dalam mencapai kesuksesan. Secara tidak sadar, semangatmu akan muncul begitu kamu melihat pencapaian yang telah berhasil kamu peroleh, bukankah itu termasuk ungkapan dari rasa syukur?

8. Jangan pernah menunda untuk melakukan suatu hal. Ingat! detik waktu akan terus berjalan ketika kamu larut dalam rasa malas.

Jangan tunda lagi, mulailah sekarang juga via startworknow.com

Menunda pekerjaan adalah penyakit yang sering kita temui ketika tengah berusaha menyelesaikan pekerjaan. Rasa malas menjadi faktor utama “menunda pekerjaan” menjadi hal yang mengasyikkan, padahal, hal tersebut lah yang berpotensi untuk menurunkan produktivitas kerjamu. Lawanlah rasa malas, mulailah saat ini juga dan ingatlah, jika waktu akan terus berjalan ketika kamu sibuk dengan rasa malasmu.

Walaupun kita telah mengatur sedemikian rupa, apa yang akan kita lakukan hari ini. Terkadang hari tidak berpihak pada kita, banyak faktor-faktor luar yang membuat rencana kita tidak berjalan sesuai dengan rencana, akhirnya membuat produktifitas kita menurun dan rasa malas selalu menggantungi kita hari itu. Tapi, setidaknya kita telah memiliki persiapan dari dalam diri, agar faktor internal yang muncul tidak membuat hari kita semakin kacau.