Sebagai khalayak dunia digital, tentunya kita nggak asing lagi dengan istilah password. Seringkali kita mendengar keluhan tentang password akun media sosial yang kena bobol, di-hack atau semacamnya. Belum lagi jika kartu ATM yang kebobolan. Pastinya si pemilik sangat dirugikan.

Selain karena orang iseng yang memang sudah mengincarmu, bisa jadi karena justru kamu yang kurang waspada atau password yang kamu buat nggak cukup kuat. Padahal setiap tahunnya, ahli keamanan dan blogger internet di dunia meminta kepada netizen untuk nggak menggunakan password yang sifatnya terlalu umum atau pasaran.

Mengutip laporan dari BGR, berikut Hipwee Tips berikan informasi tentang kombinasi password yang paling umum dan mudah ditebak hacker. Semoga password milikmu nggak termasuk salah satunya, ya!

1. Deretan angka jadi password sejuta umat yang bagi pemiliknya akan lebih mudah diingat, padahal mudah dibobol juga dalam hitungan menit bahkan detik

deret angka via www.recode.net

Password seperti 123456 atau 654321 banyak sekali digunakan oleh para pengguna layanan digital yang nggak mau repot. Biasanya password deretan angka seperti dijadikan default atau otomatis yang disediakan layanan aplikasi tertentu.

2. Orang yang malas mengarang bebas kebanyakan akan bikin password deretan huruf. Yah, anak SD juga bisa kali..

Advertisement

deret huruf via emtype.net

Misalnya abcde, abcdef, abcdefg, abcdefgh, bahkan mungkin ada yang sampai 10 digit. Duh, ini terlalu mudah ditebak.

3. Tanggal lahir juga sering dipilih saat bingung menentukan password. Padahal untuk mengetahui tanggal lahir seseorang bukan hal yang sulit bagi hacker

tanggal lahir via baymonttampa.com

Hayoo, siapa yang masih pakai tanggal lahir sebagai password? Atau jangan-jangan kamu ngarep dikasih surprise, ya?

4. Banyak orang yang terlalu sayang sama pacarnya, sampai menggunakan namanya untuk dijadikan password. Duh, ini salah besar!

Nggak perlu sampai sekeras ini perjuanganmu untuk terus mengingat namanya. Nama orang terdekat ini sangat bisa ditebak oleh hacker. Siap-siap saja kebobolan kalau kamu masih pakai password ini.

5. Nah, nama media sosial ditambah dengan kata pemilik juga sering dijadikan password. Cukup efektif memang, tapi cukup mudah ditebak juga

my + nama sosmed via www.bringyaehgame.com

Misalnya kamu menggunakan password facebookKu atau myTwitter. Hati-hati, ya!

6. Orang yang senang dengan kombinasi nomor mungkin akan banyak menggunakan nomor kendaraan atau digit terakhir nomor teleponnya

Awas, kombinasi nomor ini mudah sekali ditebak. Cobalah untuk lebih kreatif lagi menyusun angka-angkanya, ya!

7. Hacker akan rela repot-repot cari siapa nama orang atau tokoh yang kamu idolakan. Apalagi kalau kamu sering membicarakannya

nama idola via www.hipwee.com

Banyak orang yang menggunakan nama tokoh, grup band, aktor atau penyanyi idolanya untuk dijadikan password. Misalnya, thebeatles, einstein, maryjane, jesus, dan sebagainya.

8. Kamu yang adalah pujangga maupun pemuja cinta, jangan sekali-kali menggunakan istilah cinta dalam bahasa inggris. Hacker sudah hafal!

kata cinta bahasa inggris via puisi-puisichristianmalau.blogspot.co.id

Hacker akan meneliti password akun seseorang dengan metode Dictionary Attack, yang sistemnya mengacak kata yang bersumber dari kata bahasa Inggris. Hindari membuat kata sandi dengan kata Bahasa Inggris populer seperti ILoveYou, IMissYou, GoodBye, GoodMorning, Thankyou, dan sebagainya.

9. Sayangnya, kata-kata jorok atau makian sering digunakan sebagai password. Kurang-kurangin, ya!

kata jorok via s168.photobucket.com

Kata fuck, asshole, bigcock, vagina ternyata cukup banyak dipilih sebagai password. Saat password ini kebobolan, nggak hanya rugi tapi kamu juga bakal malu.

10. Menggunakan alamat beserta nomor rumah atau kantor juga sering dijadikan pilihan, coba deh pikir ulang!

alamat rumah via www.adamo-vending.com

Pengguna password ini nggak malas-malas amat sebetulnya, tapi menggunakan password seperti srikaloka10, imambonjol, gangkertasana sangat mungkin ditelusuri, lho!

11. Nama superhero kesayangan juga nggak jarang bertengger di kotak password akun tertentu. Apalagi buat mereka penggemar berat film superhero

superhero via www.badazzmofo.com

Jangan lagi deh kamu pakai nama-nama superhero umum seperti batman, superman, spiderman, powerrangers, atau superhero-superhero kekinian lainnya.

12. Menurut Bill Gates, bos besar Microsoft, istilah letmein juga wajib dihindari pemilik akun internet. Kenapa, ya?

letmein via www.youtube.com

Presentasi pengguna password ini mencapai 32% berada di Kanada dan Inggris. Entah apa alasannya, mungkin password ini diambil dari kalimat ‘let me in’ yang artinya biarkan saya masuk.

13. Password yang menggunakan jenis olahraga tertentu juga banyak digunakan, termasuk nama klub favorit. Cowok-cowok harus perhatikan ini

nama klub olahraga via bolagp.com

Menurut catatan, password seperti football, soccer, chelsea, basketball, jordan, sering digunakan oleh para penggila olahraga dan klub olahraga tertentu. Hindari, ya!

14. Entah teledor atau memang kurang tahu, banyak pengguna yang memasukan password dengan kata password’. Jangan bilang kamu juga iya

Padahal yang dimaksud dengan password adalah campuran huruf, angka dan simbol unik. Bukan ditulis apa adanya. Huhu, sedih.

15. Nggak ketinggalan, nama hewan peliharaan juga sering dijadikan kombinasi password. Berdoa saja semoga nggak kena hack deh, ya!

hewan peliharaan via hotcutepretty.blogspot.co.id

Sama halnya dengan nama pasangan atau orang kesayangan, nama hewan peliharaan jangan juga kamu jadikan password. Kecuali kamu mau password-mu gampang dibobol sama orang yang nggak suka sama kamu sih..

Karena password telah menjadi bagian penting yang nggak terpisahkan dalam kehidupan, dan data-data penting di media internet mengandalkan password, disarankan kamu nggak menggunakan beberapa password pasaran di atas. Semoga kamu cukup kreatif untuk membuat kombinasi password yang sulit ditebak, ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya