Muda bukan berarti bebas dari ancaman penyakit. Pola hidup yang tak sehat adalah faktor utama, mengapa kamu wajib menjaga kesehatan sedari usia muda.

Masih segar dalam ingatan, penyanyi muda bertalenta Mike Mohede telah menghembuskan nafas terakhirnya pada 31 Juli kemarin. Usia Mike yang baru menginjak 33 tahun juga menjadikan banyak orang kaget, mengapa usia yang belum terlalu tua itu bisa terkena serangan jantung. Ya, di sini lah kamu sebagai anak muda patut mengambil pelajaran, sekaligus lebih waspada terhadap kesehatan.

Atas dasar itu lah Hipwee Tips ingin berbagi mengenai jenis-jenis penyakit yang sebenarnya mengintai orang-orang pada rentang usia 20-30 tahun-an. Sebelum terlambat, ada baiknya kamu tahu dan baca seksama, ya!

1. Penyakit jantung tak hanya menyerang mereka yang sudah tua, tapi kita juga yang masih muda

RIP Mike 🙁 via ponorogopos.com

Penyakit jantung ternyata tak hanya menyerang usia lanjut. Mike Mohede, penyanyi jebolan Indonesian Idol beberapa waktu lalu meninggal akibat penyakit ini. Memang sudah banyak penelitian yang mengungkap bahwa kini usia muda juga sudah beresiko terkena penyakit jantung. Terutama mereka yang memiliki kadar kolesterol tinggi dan berjenis kelamin laki-laki.

Advertisement

Belum lama ini sebuah studi melakukan pemeriksaan terhadap 760 mayat remaja dan orang berusia muda, para peneliti menemukan sumbatan pada arteri koroner yang disebabkan oleh penumpukan Kolesterol. Hal tersebut menunjukkan bahwa, pencegahan penyakit jantung di masa depan sudah harus dilakukan sejak usia anak-anak, ungkap penelitian yang telah diterbitkan dalam jurnal Circulation.

“Intinya adalah bahwa pencegahan jangka panjang penyakit arteri koroner sudah harus dimulai pada masa anak-anak atau setidaknya di usia remaja.” ujar peneliti senior Dr. Henry McGill, ilmuwan senior dari Southwest Foundation for Biomedical Research di San Antonio, Texas.

Dari penelitian ini, terungkap bahwa orang-orang berusia muda di awal 20-an harus mulai menguji kadar kolesterolnya, seperti yang direkomendasikan oleh National Cholesterol Education Project, kata Dr Peter Libby, Kepala Kedokteran Kardiovaskular di Brigham dan Rumah Sakit Wanita di Boston.

Sumber: Kompas.com

2. Buat kamu yang merokok, hati-hati penyakit psoriasis mengintaimu dari berbagai sisi

Psoriasis adalah penyakit yang menyebabkan kulit bersisik dan berwarna merah. Gejala ini diakibatkan oleh adanya percepatan pergantian kulit. Umumnya terjadi saat remaja atau awal 30-an. Kadang juga bisa terjadi saat kamu berusia 50-an atau 60-an.

Psoriasis muncul ketika produksi sel-sel kulit tubuh terjadi secara berlebihan. Pada kondisi normal, tubuh akan memproduksi dan mengganti sel-sel kulit yang mati dalam beberapa minggu sekali. Tetapi pengidap psoriasis akan mengalaminya dalam hitungan hari sehingga terjadi penumpukan sel-sel kulit yang akhirnya membentuk penebalan kulit.

Faktor keturunan juga dianggap dapat berperan dalam munculnya psoriasis. Selain itu, ada beberapa faktor risiko yang diduga dapat memicu penyakit ini. Di antaranya, infeksi tenggorokan, cedera pada kulit, serta akibat penggunaan obat-obatan tertentu.

3. Bisa fatal hingga komplikasi, penyakit diabetes sebaiknya kamu hindari sejak dini

Lagi-lagi, gaya hidup yang tak sehat adalah pemicu utama penyakit kronis ini. Penderita diabetes tidak mampu memetabolisme glukosa dan harus mendapatkan suntikan insulin dan tes darah seumur hidupnya untuk menghindari komplikasi yang fatal. Dalam 40 tahun terakhir, jumlah penderita penyakit ini meningkat 5 kali lipat. Sejumlah kurang lebih 450 ribu orang yang didiagnosis terkena penyakit ini ternyata memiliki usia yang sangat muda, seusia kita antara 20-30 tahun 🙁

4. Penyakit syaraf yang paling umum diderita kalangan anak muda, Multiple Sclerosis atau Sklerosis ganda

Penyakit ini lebih dikenal dengan nama MS, yaitu gangguan neurologis kronis yang mempengaruhi sistem syaraf pusat. Penyakit syaraf ini sangat umum diderita oleh para pemuda seusia kita. Gejala yang paling sering terjadi adalah kelelahan, kelemahan, mati rasa, kehilangan penglihatan, tremor, dan depresi. Hayo… ada gejala yang kamu rasakan nggak nih?

5. Yang perutnya sering sakit, coba dicek kamu kena penyakit Chron apa nggak?

Chron via epainassist.com

Pasien penderita penyakit Chron rata-rata adalah mereka yang berusia antara 15-30 tahun. Chron adalah gangguan inflamasi kronis yang sangat menyakitkan di saluran pencernaan. Salah satu penyakit radang usus ini memiliki gejala yang berbeda-beda, dari kembung, diare hingga nyeri usus.

6. Hati-hati resiko penyakit Lupus yang kini sudah menyerang lebih dari 5 juta orang di dunia

Lupus via mailxmail.com

Hampir 5 juta orang di seluruh dunia didiagnosis (dan 90%nya adalah perempuan) menderita penyakit lupus. Salah satunya Selena Gomez, yang sempat menjalani kemoterapi karena penyakit ini di usianya yang ke-23. Gejala penyakit lupus sangat beragam, dari mulai sensitif terhadap matahari, gagal ginjal, dan nyeri sendi. Wah, hati-hati ya, terutama kamu yang cewek nih!

7. Ada benjolan di leher? Waspada kena penyakit graves yang memproduksi hormon tiroid berlebih!

Penyakit Graves via pasiensehat.com

Penyakit graves menyebabkan kelenjar tiroid memproduksi hormon tiroid berlebih. Graves merupakan salah satu gangguan sistem kekebalan tubuh. Pasien yang usianya masih muda seperti kita biasanya memiliki gejala seperti mengalami kecemasan, sulit konsentrasi, kelelahan, insomnia, kelemahan otot, denyut jantung yang tidak teratur dan tremor.

Menjaga kesehatan dan mengatur pola hidup itu gratis. Kamu hanya butuh niat dan kemuan keras untuk terus hidup sehat, serta terbebas dari penyakit-penyakit kronis. Jangan mau kalah sama penyakit!

Suka artikel ini? Yuk follow Hipwee di mig.me!