Berhenti dari kebiasaan merokok jelas bukan hal yang mudah. Tapi setelah sekian lama menjadi perokok, tidakkah kamu menyadari betapa sebenarnya lebih banyak kerugian yang kamu dapatkan?

Kamu mungkin merindukan nafas panjangmu yang tidak mudah terengah-engah saat berolahraga, tubuhmu yang wangi dan bebas dari bau asap rokok, atau uang jajanmu yang selalu melimpah. Sekali lagi, berhenti memang tak gampang. Tapi demi kebaikanmu sendiri, bukankah tak ada salahnya berjuang?

1. Kamu harus punya alasan dan niat yang kuat ketika ingin berhenti. Pikirkan tentang kondisi kesehatanmu di hari tua nanti

Kamu nggak mau kesehatanmu jadi seperti ini via twitter.com

Alasan untuk berhenti merokok pastilah lebih banyak jika dibandingkan dengan alasan untuk mempertahankan kebiasaan ini. Bagaimana pun, lebih banyak bahaya yang didapat daripada faedahnya.

Apapun itu, pastikan kamu punya alasan dan niat yang kuat agar bisa terbebas dari kebiasaan merokok. Entah alasan kesehatan, keuangan, atau bahkan dorongan moril dari orang-orang yang menyayangimu. Langkah paling pertama adalah merapal alasan-alasan itu dalam kepalamu. Yang pasti, niat yang kuat pasti akan membuat perjuanganmu terasa lebih ringan untuk dijalani.

2. Beritahu orang-orang terdekatmu, karena dukungan mereka ibarat suntikan semangat yang akan melancarkan usahamu

Advertisement

Beri tau keluargamu via www.jodiwilson.org

Setelah kamu menetapkan niat yang kuat untuk berhenti merokok, ini saatnya orang-orang tercinta disekitarmu perlu tahu tentang rencanamu. Mintalah mereka untuk ikut serta dalam usahamu agar bisa berhenti merokok.

Orang-orang yang kamu sayangi pastilah bisa membantu meskipun dengan cara-cara yang sederhana. Mereka yang akan mengingatkan dan menyemangatimu, termasuk melarangmu jika kamu kembali menyentuh rokok. Yup, dukungan dari orang terdekat ibarat suntikan semangat. Perhatian dan kepedulian mereka akan membuatmu lebih semangat dan tak merasa sedang berjuang sendirian.

3. Segera lakukan kegiatan bersih-bersih agar semua benda di kamarmu terbebas dari aroma rokok yang tak sehat

Pastikan rumah bebas sisa abu rokok via www.huffingtonpost.com

Langkah berikutnya, lanjutkan dengan membersihkan kamar atau rumahmu dari bau rokok. Bersihkan abu dan puntung rokok yang masih tertinggal di asbakmu. Jika perlu, cuci baju atau benda-benda lain yang masih terdapat aroma rokok. Gunakan pengharum ruangan agar kamu tak bisa lagi mencium bau rokok di sekitarmu.

4. Ibarat sudah jadi mantan pacar, kamu memang butuh pengganti. Siapkan camilan atau permen yang bisa menahan hasratmu untuk merokok lagi

Kamu bisa membawanya kemana pun setiap hari via www.nydailynews.com

Seperti halnya dalam cinta, kamu pun perlu pengganti agar kamu bisa move-on dari rokok.  Carilah pengganti yang kamu suka, bisa dengan permen, coklat, permen karet, kuaci, kacang, bahkan tusuk gigi untuk sekedar mengalihkanmu dari keinginan untuk merokok lagi.

Jadi, siapkanlah camilan-camilan itu di tas dan bawa kemanapun kamu pergi. Sehingga jika sewaktu-waktu diperlukan, semua yang kamu butuhkan sudah tersedia. Dan tentunya kamu nggak punya alasan lagi untuk membeli rokok atau minta rokok ke temanmu.

5. Setiap kesulitan pastilah ada jalan keluar. Jangan jadikan aktivitas merokok sebagai caramu melupakan masalah atau melepas stres

Mendengarkan musik via www.hercampus.com

Salah satu alasan kenapa seseorang suka merokok adalah efek dari nikotin yang bekerja layaknya obat penenang. Itulah sebabnya, para perokok akan mengandalkan rokok sebagai alternatif cara untuk meredakan stres.

Padahal, banyak cara lain yang sifatnya positif dan bisa meredakan stres. Mendengarkan musik, bernyanyi, bahkan pijat untuk merilekskan badan misalnya. Di minggu-minggu awal menjalani proses ini, sebaiknya lakukan kegiatan-kegiatan yang menyenangkan dan hindarkan dirimu dari hal-hal yang berpotensi membuatmu stres.

6. Demi meredam keinginan untuk merokok lagi, olahraga bisa jadi kegiatan yang layak kamu lakoni sehari-hari

Sekaligus membentuk otot via tribesports.com

Kegiatan secara fisik terbukti dapat mengurangi keinginan pada nikotin. Mulai sekarang, cobalah berolahraga secara rutin agar usahamu untuk berhenti merokok semakin terbantu. Kamu bisa melakukan olahraga-olahraga apa saja, misalnya jogging, renang, futsal, atau sekadar berjalan kaki dan mengerjakan pekerjaan rumah.

Olahraga atau kegiatan-kegiatan lain yang menggerakkan badan akan membuat badanmu merasa lelah. Kamu pun akan merasa malas untuk sekadar menyalakan rokokmu dan menghisapnya. Setelah lelah berolahraga dan beraktivitas, kamu pun bisa tidur lebih cepat saat malam hari dan melupakan keinginanmu untuk kembali akrab dengan rokok.

7. Perkara asupan makanan juga harus diperhatikan. Perbanyak makan buah dan sayur agar kebugaran tubuhmu tetap terjaga

Perbanyak sayur dan buah via ecologia.guidone.it

Jangan mencoba mengurangi porsi makan saat kamu sedang berusaha berhenti merokok, karena kekurangan asupan justru akan menjadi bumerang bagi dirimu sendiri. Sebaliknya, kamu harus banyak makan terutama sayur, buah, dan produk susu rendah lemak.

Makanan-makanan sehat akan memberimu efek yang positif. Pola hidup sehat akan mensugesti pikiramu sehingga merokok tidak lagi terasa enak. Hal ini akan sangat meringankan bebanmu dalam usaha berhenti merokok sekaligus memberikan efek baik bagi kesehatan tubuhmu.

8. Tak apa jika kamu gagal di percobaan pertama, asalkan setelahnya kamu mau melanjutkan perjuanganmu dan kembali berusaha

Jangan menyerah! via www.pinterest.com

Namanya juga sudah ketagihan, untuk bisa langsung sama sekali tidak merokok dalam sekali percobaan itu jelas hampir tak mungkin. Memang sangat sedikit orang yang berhasil dalam sekali usaha atau percobaan pertama.

Jadi, walaupun kamu gagal mengendalikan diri dan kembali merokok, kamu boleh kok melanjutkan perjuanganmu lagi. Jangan jadikan kegagalanmu sebagai alasan untuk tidak memulai kembali usahamu dari awal. Kamu harus punya komitmen yang kuat meskipun pernah gagal. Ingat kembali alasan kenapa kamu ingin berhenti merokok dan orang-orang yang telah mendukungmu selama ini.

9. Tanpa harus membeli rokok, kamu bakal punya lebih banyak uang yang tersisa. Sebagai upah jerih payahmu, tak ada salahnya menggunakan uang itu untuk berbelanja

Tabungan sebagai hadiahmu via www.satisfylife.com

Jangan lewatkan keuntungan yang bisa kamu dapat dengan tak membeli rokok selama beberapa waktu. Uang jajanmu tentu akan lebih banyak tersisa sehingga kamu bisa memanfaatkannya untuk hal-hal lain yang kamu suka.

Kamu berhak menggunakan uang rokokmu untuk kesenangan-kesenangan yang lain. Pergi belanja atau makan di restoran yang kamu suka ibarat upah atas kerja kerasmu. Menerapkan cara ini sedikit banyak akan membuat semangatmu semakin membara lagi.

10. Jika perlu, konsultasikan pada dokter tentang niatmu berhenti merokok. Dokter akan mengajarkanmu metode baru hingga memberi suplemen demi membantu usahamu

Temui dokter via www.lkc.or.id

Saat niat untuk berhenti merokok sudah demikian kuat, kamu bisa mencoba berkonsultasi pada dokter. Alasannya, dokter bisa memberikan metode-metode yang akan memudahkan prosesmu berhenti merokok. Pengawasan dari dokter pun akan menjadikan usahamu lebih terarah dan berhasil.

Nah, demi kesehatan diri sendiri dan orang-orang yang ada di sekitarmu, tidakkah kamu ingin berhenti dari kebiasaan merokok? Inilah saatnya kamu berubah dan tak lagi jadi golongan yang merugi. Selamat mencoba, ya!