Lelaki sejati adalah lelaki yang gentle sekaligus bisa diandalkan di segala situasi. Manusia mungkin memang tidak ada yang sempurna, tetapi kamu jelas punya nilai tambah jika kamu adalah pria yang bisa diandalkan, terutama pada situasi-situasi darurat. Untuk itu, kamu bisa mulai dengan mempelajari beberapa ketrampilan berikut ini.

1. Berjabat tangan ala Lelaki Sejati

Meskipun terkadang remeh, kepribadianmu bisa dilihat dari cara kamu berjabat tangan lho. Bahkan, gayamu berjabat tangan bisa berpengaruh pada wawancara kerja. Bagaimanakah cara berjabat tangan yang baik ala lelaki sejati?

Berjabat tangan ala laki via www.artofmanliness.com

Saat bersalaman dengan lawan bicara, tatap langsung matanya dan genggam tangannya dengan mantap dan sesuaikan dengan genggaman lawan. Hindari menggenggam tangan terlalu kencang atau terlalu lemas karena akan menimbulkan kesan yang kurang menyenangkan terhadap lawan bicara.

2. Berpakaian dengan Cepat dan Taktis

Ketika suatu hari kamu terbangun dan harus pergi secepatnya, misalnya pada situasi seperti istrimu yang sedang hamil tiba-tiba akan melahirkan, kamu terlambat menjemput seseorang, atau bahkan kondisi bencana, tips ini bisa sedikit membantu kamu untuk berpakaian secepat mungkin.

Advertisement

Berpakaian secara taktis via www.artofmanliness.com

Trik berpakaian ini biasa diterapkan oleh militer. Pastikan kamu meletakkan pakaianmu di dalam jangkauan. Mulailah dengan mengenakan celana terlebih dahulu, lalu alas kaki dan kaos di urutan terakhir. Mau lebih cepat? Letakkan sepatumu persis di bawah celana di samping tempat tidur.

4. Melakukan Jump start pada mobil mogok

Jangan bingung jika suatu hari kamu menemukan orang yang butuh bantuan karena mobilnya mogok akibat aki soak, atau mungkin mobilmu sendiri. Kamu bisa membantu dirimu sendiri maupun orang lain dengan tips sederhana pada video berikut ini.

Mulai sekarang, jangan lupa membawa kabel jumper ke mana-mana.

4. Memanggul orang ala pemadam kebakaran

Fireman’s carry atau memanggul ala pemadam kebakaran merupakan salah satu teknik penting saat keadaan darurat. Dengan cara menggendong korban di bahu, teknik ini efektif untuk membawa korban pada jarak yang jauh tanpa bantuan. Penting buat kamu yang hobi menjelajah bareng teman-temanmu.

Langkah-langkah melakukan Fireman’s carry via armymedical.tpub.com

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

  1. Angkat korban ke posisi berdiri.
  2. Pusatkan berat badanmu ke kaki kanan. Posisikan kaki kananmu di antara kaki korban lalu tarik tangan kanan korban mengelilingi bahumu dan lingkarkan ke dadamu. Pastikan tubuh korban seimbang di atas bahumu.
  3. Lingkarkan tanganmu kananmu ke kaki kanan korban, lalu angkat dengan squat.
  4. Pindahkan korban ke tempat aman.

Dengan teknik ini, wanita pun bisa memanggul pria di bahunya. Tapi kalau kamu pengen kuat melakukan fireman’s carry, kamu tetep harus olahraga lho.

Wanita perkasa via www.defense.gov

5. Membuat api tanpa korek api

Keterampilan membuat api bisa sangat krusial pada situasi tertentu, terutama jika kamu bukan perokok dan tak pernah membawa-bawa pemantik atau korek api. Ada beberapa teknik membuat api pada keadaan darurat, antara lain sebagai berikut.

1. Mematik

Teknik ini memanfaatkan batu dan logam dengan cara dibenturkan atau digesek agar menimbulkan percikan api.

2. Drilling/Friction

Teknik drilling dilakukan menggunakan kayu yang diputar-putar sampai menimbulkan percikan api. Kayu yang digunakan untuk “mengebor” bisa diputar-putar dengan tangan atau menggunakan busur.

6. Bela diri

Pria-pria yang paling laki kebanyakan menguasai minimal satu aliran beladiri. Apalagi dengan tingkat kriminalitas yang lumayan tinggi di Indonesia, kamu perlu punya sesuatu yang bisa kamu gunakan untuk melindungi diri maupun orang-orang dekatmu bila suatu hari kamu terpaksa berhadapan dengan kriminal.

Bisa beladiri kayak Iko Uwais itu laki banget! via velvetcurtainreviews.wordpress.com

Jadi, mumpung kamu masih muda, ada baiknya kamu mencoba salah satu aliran beladiri. Carilah informasi mengenai perguruan-perguruan beladiri yang ada di kampusmu atau daerah tempat tinggalmu, lalu temukanlah beladiri yang cocok dengan gayamu.

Tapi ingat ya guys, lelaki sejati tidak akan menggunakan kemampuannya untuk melakukan hal-hal yang negatif.

7. Parkour

Parkour? Apaan sih itu?

Melompat di antara gedung-gedung via parkourfieldguide.wordpress.com

Parkour adalah seni gerak berpindah tempat melintasi rintangan-rintangan dari titik A ke titik B dengan secepat mungkin dan seefisien mungkin. Disiplin gerak ini dikembangkan oleh David Belle asal Perancis dari halang rintang militer yang diajarkan oleh ayahnya, Raymond Belle, yang merupakan seorang tentara sekaligus pemadam kebakaran militer. Gerakan paling dasar dari parkour antara lain melompat, mendarat, rolling, dan memanjat.

David Belle memperkenalkan parkour ke seluruh dunia lewat video-video dan film-film yang dibintanginya. Salah satu film terbarunya adalah Brick Mansion yang juga diperankan oleh mendiang Paul Walker.

David Belle di Brick Mansions via themovieandme.blogspot.com

Parkour masuk ke Indonesia sejak 2007. Untuk bisa melakukan gerakan-gerakan parkour itu gak bisa instan loh! Agar bisa melakukan gerakan parkour yang baik dan luwes, praktisi parkour harus melatih fisik dan mental secara terus-menerus selama bertahun-tahun. Jika tertarik untuk berlatih, kamu bisa mencari komunitas parkour di kotamu.

Itu dia beberapa keterampilan yang wajib kamu ketahui jika kamu merasa dirimu adalah lelaki sejati. Punya pendapat lain tentang keterampilan paling laki? Yuk bagikan di kolom komentar.