Kamu dan pasangan belum sah menjadi suami istri sebelum melewati fase yang penting, yaitu akad nikah.

Acara akad nikah biasanya tidak dihadiri oleh banyak orang. Cukup beberapa orang dari pihak keluarga mempelai laki-laki dan perempuan. Momen dimana pihak mempelai lelaki akan meminta ijin membawamu untuk ikut dan hidup bersamanya dari orangtua sering dipenuhi suasana bahagia dan haru.

Membayangkan tentang momen bahagia ini nggak buat kamu jadi berdosa kok, guys. Supaya momen akadmu semakin mengesankan dan tidak melulu dihiasi dengan background putih, yuk intip beberapa referensi yang sudah dirangkum Hipwee untuk kamu. Siapa tahu ada yang cocok dan bisa kamu jadikan contoh.

1. Boyong pot jumbo yang dipenuhi bunga-bunga cantik. Ditambah alas duduk empuk biar mempelainya nggak tegang terus.

Pot jumbo mantap via chantiquedecor.com

Sekadar kursi dan meja yang dialasi oleh kain putih? Tema seperti itu sudah terlalu polos dan buat saat-saat ijab kabulmu terkesan terlalu biasa. Coba kamu buat suasana baru yang lebih berbeda dari biasanya. Kamu bisa siapkan sebuah pot berukuran jumbo yang dipenuhi dengan bunga-bunga cantik sebagai background ijab kabulmu. Siapkan bunga-bunga di setiap sudut meja untuk menjadi point yang manis.

Advertisement

Untuk melancarkan detik-detik menjelang di-“sah”-kan oleh bapak penghulu, kamu bisa pakai alas duduk yang empuk. Supaya bisa tetap santai dan mengurangi rasa deg-degan. Selain itu, saat diabadikan dalam jepretan kamera, hasilnya pun bisa menjadi bagus.

2. Nggak harus putih, warna cream yang kalem akan membuat momen sakralmu ini makin khusyuk

Bahasa Indonesianya krem via www.lemotionphoto.com

Putih memang menyimbolkan tentang sesuatu hal yang suci. Momen ijab kabul pun termasuk. Tapi, kalau kamu mau ambil konsep dengan warna lain tapi tetap memberi kesan kalem juga bisa. Dengan warna creame, kamu nggak akan menghilangkan kesan kesakralan momen ijab kabulmu, pun bisa mengusung konsep yang lebih fresh. Warna kursi dan juga dekorasi bunga berwarna kalem pun bisa kamu jadikan pilihan.

3. Bahkan, konsep dengan kayu-kayuan yang kental dengan adat tradisional pun bisa kamu bawa.

Sebagai pertimbangan dalam menggelar acara pernikahan yang lebih efisien, kamu juga bisa lho melangsungkan sesi ijab kabulmu di venue resepsi. Selain lebih hemat waktu, kamu juga bisa memangkas pundi-pundi budgetmu untuk dekorasi dan sebagainya. Kalau kamu ingin membawa konsep klasik dengan kayu-kayu cokelat, bisa kamu aplikasikan. Dengan warna-warna cokelat, kesakralan seluruh rangkaian acaramu akan tetap terbawa sampai selesai.

4. Melangsungkan akad di luar ruangan bukan ide yang buruk, kok. Konsep dengan warna hijau yang segar akan membuat acaramu tetap sakral.

Outdoor sakral via plus.google.com

Jika kamu termasuk orang yang tidak suka dengan banyak aturan, mungkin kamu adalah orang yang akan memilih venue outdoor sebagai pilihan tempat ijab kabulmu. Tidak selamanya harus kamu dekorasi dengan yang serba putih, kamu bisa mengkreasikan dengan warna-warna segar seperti hijau. Dengan dekorasi bunga yyang menyerupai gate, kamu bisa membuat momenmu ini makin khusyuk dan hikmat bersama kerabat terdekat.

5. Manfaatkan halaman rindang sebagai tempat ijab kabulmu . Tambahkan sentuhan manis dari bunga warna-warni. Simple tapi tetap berkesan di hati.

Outdoor di halaman via pinterest.com

Jika rumahmu memiliki halaman yang cukup luas dan rindang, kenapa tidak kamu manfaatkan saja sebagai tempat ijab kabulmu? Jangan khawatir kalau momen ini akan menjadi biasa saja. Kamu tetap bisa memboyong warna putih sebagai warna khasnya dengan hiasan bunga-bunga dengan warna-warna yang kalem. Kamu bisa bawa beberapa kursi panjang sebagai tempat duduk keluarga inti dari kedua keluarga mempelai. Semua pun akan bersorak riang saat mendengar kata “sah!”

6. Ingin merasakan momen ijab kabul serasa di istana megah? Ruangan ber-chandelier klasik bisa kamu manfaatkan.

Berasa di kastil via pinterest.com

Ingin mencoba konsep baru yang nggak melulu berwarna putih? Bisa! Ingin membawa nuansa keglamoran kastil modern? Nggak mungkin untuk kamu wujudkan, guys! Semua itu bisa kamu dapat dengan dekorasi ruangan yang mendukung. Ruangan yang memiliki chandelier atau dekorasi lampu yang mewah, bisa membuat acara ijab kabulmu terasa berada dalam kastil klasik ala princess.

7. Nggak cuma Syahrini yang bisa tiduran di atas padang bunga. Ruanganmu bisa dihias dengan bunga-bunga indah yang digantung di langit-langitmu.

Bunga-bungaaa

Kamu penggemar berat warna putih sebagai warna sakral di acaramu ini? Sah-sah saja kok kalau mau kekeuh memakai warna ini. Daripada terlihat polos-polos saja, kamu bisa boyong beberapa buket dalam ukuran besar yang bisa kamu taruh di dalam ruangan. Selain itu, kamu pun bisa memberi dekorasi tambahan seperti lampu, agar efeknya membawa ketentraman bagi yang datang, serta bunga-bunga yang digantung di bagian atasnya.

Dari 7 inspirasi di atas, mana yang nggak sabar untuk ingin kamu adopsi sebagai dekorasi momen akad nikahmu nantinya?

Kredit fetured image: http://www.lemotionphoto.com/