Hari Ibu sebentar lagi tiba. Hayo, apakah kamu sudah menyiapkan kado spesial untuk beliau? Memang benar bahwa kasih sayang beliau takkan bisa kita balas setimpal. Tapi mumpung negara kita sudah memilih tanggal 22 Desember sebagai hari khusus untuk memuliakan para ibu, asyik juga kan untuk merayakannya rame-rame?

Nah kalau sampai sekarang kamu masih belum menemukan kado spesial untuk Ibu tercinta, Hipwee udah merangkum ide-ide kado unik yang bisa kamu berikan pada beliau di Hari Ibu nanti! Kad0-kado apa sajakah itu?

1. Jika selama ini Ibu yang membuatkanmu makan, di Hari Ibu nanti, kadolah ia dengan sarapan spesial.

IMG_5770

Yang penting hiasannya oke via 2.bp.blogspot.com

Jika selama ini ibu yang menyiapkanmu makan, cobalah untuk ganti mempersiapkan sarapannya di Hari Ibu. Apa sih makanan yang paling ibumu suka? Apa ada sajian yang mengingatkannya pada momen-momen tertentu? Tapi kalau biasanya masak air aja kamu bisa bikin ceret gosong, kamu bisa juga kok menyiapkan sarapan sederhana seperti roti meises dan susu. Kalau bisa jangan masak untuk ibumu aja ya, siapkan buat sekeluarga sekalian biar pagi itu ibumu gak usah repot-repot masak lagi. Nggak peduli jenis makanannya, poin utama dari hadiah ini adalah usaha dan ketulusanmu menyuguhkan sarapan bagi orang yang selama ini tidak lelahnya memasakkan semua makananmu. Kalaupun hasil masakanmu tidak enak, paling tidak kamu sudah berusaha dan kamu serta ibumu bisa punya alasan untuk tertawa hangat di pagi hari.

2. Jika Kamu Tak Bisa Bersamanya Setiap Pagi, Hadiahi Ibumu Cangkir Khusus yang Akan Menemaninya Minum Teh Atau Kopi

dsc_0451

Tiap hari ibumu bisa teringat betapa besarnya cintamu via sweetmelangeblog.files.wordpress.com

Advertisement

Karena kesibukanmu kuliah atau kerja, kamu mungkin tak bisa menemani Ibu setiap paginya. Sebagai “penggantimu”, kenapa tak menghadiahi Ibu cangkir atau mug spesial yang memuat pesan manis darimu untuknya? Hanya dengan melihat cangkir atau mug ini saja, ibumu akan tambah bersemangat ketika menyeruput teh atau kopi di pagi hari.

Kamu bisa memesan cangkir ini secara khusus di toko-toko pembuat souvenir. Di zaman sekarang, gak sampai 24 jam mug pesananmu bisa sudah siap. Atau kamu bisa membeli mug-mug polos yang murah dan berkreasi dengan spidol marker. Mau dicetak toko atau coretan tangan, yang paling penting adalah pesan yang kamu tulis. Jangan takut terdengar norak, pesan apapun pasti akan diterima ibumu dengan baik kok.

3. Semua Wanita Pantas Mendapatkan Bunga — Apalagi Wanita yang Sudah Melahirkanmu ke Dunia.

Bunga untuk ibu

Bunga untuk ibu via www.huffingtonpost.com

Bunga itu jurus kuno yang bisa membuat semua wanita merasa spesial. Keindahan bunga dari dulu sudah digunakan untuk melambangkan betapa cantiknya wanita. Sayangnya gara-gara sudah punya anak dan menyandang status istri orang, akan mudah bagi ibumu untuk melupakan keindahannya sebagai seorang wanita. Tapi tidak peduli betapa banyaknya keriput menghiasi matanya atau badannya yang sudah tidak selangsing dulu, indah dan harumnya bunga segar semoga bisa mengingatkannya kembali betapa cantiknya ia dimatamu.

4. Kalau Sedang Punya Rezeki Lebih, Belikan Gadget Terbaru Biar Ibumu Bisa Sama Gaulnya Denganmu

S

Gadget terbaru untuk ibu via www.the36thavenue.com

Kalau ibumu masih pakai hp jadul yang cuma bisa sms dan telepon doang, gunakan kesempatan ini untuk memperkenalkan teknologi terbaru kepadanya. Mumpung sedang ada duit, kamu bisa belikan ibumu hp atau tablet terbaru supaya kalian gak cuma bisa sms sama telepon-teleponan doang. Apalagi kalau kamu memang sudah hidup terpisah dengan ibu tercinta, video call pasti jauh lebih bisa jadi obat kangen dibanding telepon biasa.

5. Buatkan Dia Perhiasan Tak Biasa, yang Tak Mahal Tapi Penuh Makna

35-Easy-DIY-Gift-Ideas-That-Everyone-Will-Love7

Perhiasan murah tapi bermakna via www.listotic.com

Gak semua perhiasan itu harus mahal untuk jadi berharga lho. Khusus Hari Ibu ini, kamu bisa berkreasi dengan kalung-kalung liontin yang bisa kamu dapatkan dengan mudah dan murah di toko-toko aksesoris. Cari saja yang liontinnya bisa diisi atau bisa dibuka. Cukup dengan sedikit lem dan foto ibumu, kamu bisa membuat kalung spesial yang hanya ada satu di dunia.

6. Kamu Punya Banyak Teman, Namun Pastikan Ibumu Tahu Ia Sahabat Terbaikmu. Agar Pesanmu Sampai, Berikan Saja Ia Pajangan Foto Unik.

DIY-Mothers-Day-Gift

Pastikan ibumu tahu bahwa ia adalah sahabat terbaikmu via www.shanty-2-chic.com

Banyak sekali kreasi yang bisa kamu buat dari sekumpulan foto. Kamu bisa membuat kolase atau mengumpulkannya di sebuah scrapbook. Tapi hanya dengan mencetak dan memajangnya secara unik pun bisa jadi kado yang menyentuh di Hari Ibu ini. Pastikan saja perasaanmu benar-benar tersampaikan dari rangkaian foto-foto tersebut. Atau kamu juga bisa tambah dengan pesan-pesan unik yang bisa kamu unduh di sini.

7. Baru Lulus Kuliah? Daripada Diktat Lamamu Teronggok Sia-Sia, Jadikan Saja Itu Scrapbook Untuk Ibumu

Tutorial-Photo-Album-from-an-Old-Book-by-Making-Lovely

Membuat buku yang menceritakan betapa spesialnya ibumu via i0.wp.com

Kalau kamu suka berkreasi dengan scrapbook, ada lho cara untuk membuat kreasimu itu tambah unik. Dibanding kertas khusus yang harus kamu beli di toko kerajinan atau toko buku, kamu bisa lho memanfaatkan buku lama sebagai media kreasimu. Semakin kuning dan rombeng buku-buku usang yang udah gak kepakai, semakin bagus untuk proyek ini.

Kumpulkan semua foto ibumu, dari yang jadul sampai yang baru kamu ambil kemarin. Terus buat deh macam biografi foto yang merangkum kehidupannya. Kreasikan sampul buku sesuai dengan seleramu. Bisa di cat, disampul, atau sekedar di coret-coret. Pastikan juga kamu mencetak foto sesuai dengan lebar buku yang kamu pakai. Biar cantik! Ibumu pasti terharu banget deh kalau ada yang buat biografi khusus tentang kehidupannya. Petunjuk lengkapnya bisa kamu lihat di sini.

8. Walau Kemampuan Prakaryamu “Biasa Saja”, Kamu Tetap Bisa Membuat Pembatas Buku yang Cantik Untuk Mama

Pembatas buku sederhana

Pembatas buku sederhana via www.parentmap.com

Apakah ibumu hobi baca novel di waktu-waktu selanya? Rajin membolak-balik buku resep demi menyediakan makanan lezat untuk keluarganya? Atau justru bacaan favorit ibumu adalah kitab suci dan hadits?

Buku apapun yang sedang ibumu gandrungi, kreasi yang satu ini pasti akan sangat berguna dan membuatnya selalu tersenyum ketika membaca. Yup, di Hari Ibu ini kamu bisa coba membuat pembatas buku dari fotomu atau foto-foto keluarga.

Caranya gampang banget! Murah lagi! Pertama pilih dan cetak foto yang kamu inginkan, lalu laminating foto itu di tempat fotokopian. Terus buat lubang kecil di atasnya. Masukkan tali warna-warni ke dalam lubang itu dengan simpul sederhana. Voila, jadi deh! Nah kalau ada uang lebih, beli sekalian ya buku baru yang ibumu selalu ingin baca. Hanya dengan gestur sederhana ini saja, kamu sudah membuat harinya jadi berkali-kali lipat lebih bahagia.

9. Nggak Punya Duit Atau Waktu Lebih Untuk Menyiapkan Kado? Gampang, Berikan Saja Dia Kupon-Kupon Spesial!

Free-Coupons-Plus-MORE-Mothers-Day-Gift-Ideas

Kupon pijat, kupon nganterin belanja…apapun yang gak pake duit ;P via lollyjane.com

Ini nih ide kreatif yang bisa kamu praktikkan kalau kebetulan kamu lagi gak punya duit atau waktu untuk mempersiapkan kado. Kamu bisa membuat ‘buku kupon’ cantik yang bisa dipergunakan ibumu sewaktu-waktu. Kupon? Bukan kupon belanja atau diskon tempat karaokean itu lho. Tapi kupon yang isinya ‘pelayanan jasa’-mu. Bisa pijat, menggantikan masak, bersih-bersih genteng, atau apapun yang sehari-harinya ibumu harus pakai ngomel minta kamu kerjakan.

Banyaknya kupon atau ‘masa kadaluarsanya’ terserah pada kelowongan waktu dan sekuat kamu aja. Kado unik yang asyik ini pasti bisa membuat ibumu sumringah. Kupon ini gak pakai modal materiil dan benar-benar mudah dibuat; dan ibu mana sih yang gak senang diberi pelayanan khusus dari anak tercinta?

10. Susun Ensiklopedia Cintamu Kepadanya

picasion.com_3cb46c686e908b05e602e2215ff0d4b4

Bisa jadi kamus bahagianya via embrevecasados.com.br

Walaupun cintanya tanpa pamrih dan tak bersyarat, sesekali ibumu juga pasti akan sangat bahagia jika kamu menjelaskan secara mendetail apa yang membuat ia spesial. Makanya di Hari Ibu ini, kamu bisa menyusun ensiklopediamu sendiri yang menjelaskan A sampai Z-nya mengapa ia adalah ibu terbaik di dunia.

Ensiklopedia di sini gak harus berupa buku tebal yang kamu cetak di percetakan lho. Cukup dengan bahan-bahan sederhana yang bisa kamu dapatkan dengan mudah seperti kartu remi. Kamu bisa menempelkan kertas-kertas kecil yang bertuliskan ‘alasan cintamu’ di tiap kartunya, lalu jilid kartu-kartu itu jadi satu di fotokopian atau bisa kamu ikat dengan pita. Jadi deh!

18937443929

Toples penyemangat ibumu untuk setahun ke depan via 4.bp.blogspot.com

Untuk tujuan yang sama, kamu juga bisa memanfaatkan toples-toples yang dihias dengan cantik. Masukan kertas-kertas ‘alasan cintamu’ ke dalamnya. Di saat ibumu sedang sedih atau tidak bersemangat, tiap pesan di kertas-kertas itu pasti bisa membuat harinya jadi lebih baik.

11. Jika Ibumu Pandai Menjahit, Berikanlah Beliau Kotak Alat Jahit Buatanmu Sendiri

mason-jar-pincushions-3

Peralatan menjahit cantik untuk ibumu via www.realphotography.com

Ibu mana sih yang tega lihat satu atau dua kancing hilang dari baju sekolah atau setelan jasmu? Pasti ibumu bakal segera bergerilya cari kancing cadangan dan menjahitnya ke bajumu, sebelum kamu berangkat sekolah atau kerja. Nah untuk satu-satunya orang di dunia yang mau melakukan hal itu untukmu, beliau berhak mendapat peralatan menjahit paling indah. Bisa aja sih kamu beli di toko, tapi di mata ibumu pasti lebih indah kalau itu buatanmu sendiri.

Cukup dengan mason jar atau toples kaca yang sekarang sering kamu jumpai di toko pecah belah, sedikit busa atau kapas, kain, dan lem kayu, kamu bisa membuat kreasi ini. Pastikan kamu membeli toples yang ada tutupnya. Lalu tempelkan busa yang ditutupi kain di atas tutup tersebut. Gampang ‘kan?. Petunjuk selengkapnya bisa kamu lihat di sini.

12. Kue Atau Coklat Spesial yang Khusus Kamu Persiapkan Untuknya Bisa Mempermanis Hari Istimewa Ini

Rocky cheesecake. Easy!

Rocky cheesecake. Easy! via www.hexjam.com

Kalau kamu memang hobi masak atau bikin kue, hari istimewa ini bisa jadi ajang unjuk kebolehan sembari mengungkapkan rasa terimakasihmu untuk ibu tercinta. Ibumu pasti bangga menyaksikan kelihaian dan kreativitasmu di dapur. Tapi untuk kamu yang sibuk atau memang tidak jago memasak, jangan khawatir! Memesan kue spesial yang tidak ada duanya dari toko-toko kue terdekat juga pasti dapat membuat ibumu tersentuh. Gak perlu mahal-mahal atau besar-besar, yang penting niat dan usahanya. Dan gak usah juga mikir diet atau merasa bersalah deh makan yang manis-manis. Ini ‘kan hari yang spesial ;P

13. Apapun Kado Spesialmu, Pastikan Bungkusannya Tak Kalah Istimewa

GiftTagsMintBlushMothersDay

Template unik ini bisa kamu unduh secara online lho via liagriffith.com

Jangan lupa: hadiah istimewa juga perlu dibungkus secara istimewa! Kamu bisa saja menyerahkan pembungkusan kado ini ke ahlinya di jasa-jasa bungkus khusus dengan biaya tertentu. Hasilnya memang dijamin cantik. Nah kalau mau usaha sedikit, kamu bisa juga lho bungkus hadiah Hari Ibu-mu dengan sama berkesannya. Contohnya dengan bungkus kado dan tag spesial seperti dalam gambar di atas yang bisa dengan mudah kamu unduh di sini.

14. Tapi, Tahukah Kamu Apa yang Bisa Membuat Kebahagiaan Ibumu Sempurna? Melihat Dirimu Sendiri Sukses dan Bahagia…

Alhamdulillah cum laude!

Alhamdulillah cum laude! via www.uajy.ac.id

Di luar semua kepuasan materiil yang bisa kamu hadiahkan kepadanya, sebenarnya hal yang bisa membuatnya paling bahagia adalah melihat kamu bahagia dan sukses. Meski pastinya tiap pribadi memiliki konsep kebahagiaan dan kesuksesan yang beda-beda, kamu pasti tahu ‘kan apa yang diharapkan ibumu dari kamu.

Nah menyongsong Hari Ibu ini, coba deh buat perubahan menuju impian ibumu itu. Kalau belum lulus, ya ngebut deh ngerjain skripsinya. Siapa tahu malam tanggal 22-nya udah selesai 1 bab baru, ‘kan bisa jadi laporan bahagia untuk ibumu… ;P

Jadi, gimana nih ide-ide Hipwee untuk hadiah Hari Ibu tahun 2014 ini? Menarik dan lucu-lucu, bukan? Tapi yang jelas, yang paling penting di hari spesial ini adalah menyampaikan besarnya cinta dan penghargaan kita terhadap jasa dan kasih sayangnya. Sekalipun kamu datang dengan tangan kosong, pastikan ibumu tahu betapa melimpahnya cinta yang ada untuknya di hatimu! Selamat Hari Ibu! 😉 😉 😉