Tip! Jangan anggap remeh hal kecil namun penting ini. Bisa jadi hal ini dapat menjebakmu dalam kondisi memalukan yang tak bisa kamu lupakan.

Tip memang bukan menjadi hal yang lumrah bagi kita, karena hanya sepertiga masyarakat kita yang terbiasa memberi tip. Namun tetap saja ada saatnya kita perlu memberikan tip setelah menggunakan pelayanan jasa, seperti saat kita memesan makanan dengan layanan pesan antar, saat kita di hotel, atau saat kita sedang makan di sebuah restoran.

Karena jarang untuk dilakukan, bisa jadi ada perasaan canggung ketika kita memberikan tip. Rasa canggung ini sebagian besar disebabkan karena kita tidak tahu berapa banyak tip yang harus kita berikan untuk jasa tersebut.

Contohnya nih, kita naik taksi lalu kita bayar sesuai argo, bisa jadi si supir taxi gak beranjak lho dari tempatnya. Contoh lain yang sering ada di film – film nih, bellboy hotel yang mematung di kamarmu setelah membawa barang – barangmu. Nah, ini tanda – tandanya kalau mereka ingin tip dari kita.

Biar nggak canggung, berikut ini ada serba – serbi mengenai tips yang sebaiknya kamu tahu!

1. Berikan Tip Pada Orang yang Melayanimu dengan Baik

Advertisement

Petugas valet parkir adalah salah satu orang yang bisa kamu beri tip via ginzaproject.ru

Petugas valet parkir, bellboy hotel atau supir taksi, pelayan di restoran bahkan hingga ojek payung adalah beberapa orang yang perlu kamu beri tip jika mereka memang melayanimu dengan baik. Berbagi sekaligus menghargai usaha orang lain, engga ada salahnya kan?!

2. Pelajari Budaya Tip yang Ada

Budaya pemberian tip memang akan bervariasi di setiap tempatnya. Sebagai contoh Amerika Serikat dan Kanada menetapkan tip sebesar 15 – 20 persen dari tagihan kita. Sedang aturan ini tidak berlaku di sebagian kawasan Asia, apalagi di Jepang dimana pemberian tip dianggap perbuatan yang aneh dan tidak sopan.

Kalau di Indonesia sendiri kamu bisa membulatkan tagihan dan kembaliannya bisa tip. Contohnya nih tagihanmu 47.500, kamu bisa bayar 50 ribu jadi sisanya yang 2.500 rupiah itu direlain buat tip.

3. Perhatikan Tagihan yang Kamu Dapat

Karena terkadang tip telah dimasukkan ke dalam tagihanmu. Hal ini bisa sering kamu dapati pada beberapa negara seperti di Amerika Serikat, Asia dan Timur Tengah, maupun di Mexico serta beberapa negara Amerika Latin lainnya.

4. Pertimbangkan Usaha

Memberi tip bagi pesan antar di tengah hari yang lengang tentu saja sebaiknya dibedakan dengan tip pesan antar di tengah malam dengan hujan lebat penuh petir. Banyaknya pesanan yang kamu pesan juga bisa jadi salah satu bahan pertimbangan. Pokoknya, semakin susah semakin dilebihin dikit deh tipnya.

5. Masukkan Tip dalam Perencanaan Liburan

Salah satu cara untuk mengkontrol tip adalah dengan memasukkannya ke dalam anggaran belanja liburan, dan siapkan uang – uang kecil sebagai uang tip. Kamu juga bisa mengurangi pengeluaran untuk tip dengan mengeliminasi fasilitas – fasilitas yang tak diperlukan seperti bellboy, supir taxi, valet atau layanan kamar.

6. Tip dan Selebritis

Johny Depp dikenal sebagai seleb yang royal dalam memberikan tip via media1.santabanta.com

Tidak semua selebritis akan royal dalam memberikan tip untuk layanan jasa yang dipesannya. Johnny Depp, Charles Barkley, David Letterman, Bill Murray, Charlie Sheen, Drew Barrymore adalah beberapa seleb Hollywood yang terkenal cukup royal untuk memberikan tip.

Sedangkan Tiger Woods, Mariah Carey, LeBron James, Heidi Klum, Bill Cosby, Madonna, Barbara Streisand, Rachael Ray, Sean Penn, Usher sering dibilang pelit dalam memberi tip.

Itu tadi berbagai serba – serbi yang menyangkut tentang tip. Jangan canggung lagi ya untuk berikan tip pada orang yang tepat!