Banyak dari kita yang sering  kebingungan atau malas ketika harus berbelanja baju. Alhasil, kegiatan belanja pun menjadi tidak efektif dan mengecewakan. Buat menangkal hal itu di masa depan, Hipwee akan kasih tips buat kamu agar belanja kamu lebih efektif dan nyaman. Tips-tips di bawah ini akan membahas mulai dari persiapan sebelum belanja sampai kegiatan belanja itu sendiri, dan mulai dari kiat-kiat belanja di mall sampai dengan memilih barang di toko-toko online.

Sebelum Belanja:

1.Cek Lemari Bajumu

Lemari Baju via associerge.com

Supaya kamu nggak kebablasan dalam berbelanja, lebih baik kamu cek lemari baju kamu dulu. Periksa barang-barang apa yang memang belum kamu punya saat ini, padahal akan kamu butuhkan di masa depan. Periksa juga baju-baju lama yang sudah tersimpan manis di lemari, agar nantinya bisa kamu sesuaikan dengan pakaian yang akan kamu beli nanti.

2.Buat Daftar Belanja Pribadi

Daftar Belanja via www.rebeccadashow.com

Setelah memeriksa lemari bajumu, buat daftar belanja. Yes, daftar belanja tidak hanya diperlukan saat mau mau belanja ke supermarket saja. Jangan cuma menuliskan barang-barang yang kamu mau; tuliskan juga anggaran maksimal yang mau kamu keluarkan untuk masing-masing barang itu. Hal ini dibuat untuk mencegah kamu agar tidak membeli barang yang kemahalan atau malah tidak kamu perlukan. Gak mau kan lemari kamu dipenuhi sama barang-barang yang kamu beli cuma karena lapar mata?

3.Cek Dulu Situs Toko Atau Merek Yang Mau Kamu Tuju

Advertisement

Situs Web via mywebdesignboston.com

Kalau kamu memutuskan untuk belanja ke mall, tidak ada salahnya mengunjungi situs toko atau merek yang kamu minati lebih dahulu. Beberapa clothing line menampakkan daftar koleksi terbaru mereka dalam situs resmi mereka, beserta harga dan material masing-masing item-nya. Dengan begini, kamu bisa memperkirakan biaya yang harus kamu siapkan serta menimbang-nimbang apakah material baju yang kamu taksir memang akan mendukung kebutuhanmu.

Ini nggak cuma berlaku buat baju, tapi juga make-up. Dengan mengecek informasi yang tersedia online tentang produk itu, kamu tidak akan terkecoh kalau ada barang yang terbuat dari bahan yang berbahaya bagimu atau tidak sesuai dengan keyakinanmu. Contohnya, kosmetik yang mengandung bahan-bahan yang memicu alergi atau parfum yang terbuat dari alkohol.

4.Belanjalah Dengan Perut yang Terisi

Makan Sebelum Belanja via frenzyofnoise.net

Sebelum belanja, sempatkan untuk makan terlebih dahulu di rumah. Jangan pernah pergi shopping dalam keadaan perut kosong, karena diam-diam kegiatan belanja bisa juga menghabiskan tenaga. Kalau tubuhmu kelaparan, bisa jadi kamu juga akan berpikiran irasional dalam memilih barang.

Tips Jitu Belanja di Mall:

1.Datang Saat Baru Buka atau Dua Jam Menjelang Tutup

Mall saat baru buka atau menjelang tutup tidak akan terlalu penuh oleh pengunjung, sehingga kamu bisa berbelanja dengan lebih damai. Para SPG-nya pun akan lebih koordinatif dalam hal pelayanan.

2.Pakai Baju dan Sepatu yang Mudah Dilepas

Simple Outfit via www.morefashionable.com

Kalau dari awal niatmu memang ingin membeli baju atau sepatu dan bukan untuk sekedar cuci mata, lebih baik kamu memakai baju yang mudah dilepas. Ini supaya kamu nanti tidak malas untuk mencoba berbagai baju di ruang ganti. Sepatu yang gampang dilepas juga akan memudahkan kamu untuk mencoba lebih dari satu pasang sepatu.

3. Jangan Terpengaruh Bujuk Rayu SPG

Jangan Terpengaruh SPG via www.tampabay.com

Mbak-mbak atau Mas-mas SPG itu bukan teman yang diwajibkan untuk peduli pada kepentinganmu! Mereka hanya berkata dan tersenyum manis agar kamu membeli barang mereka dan supaya hasil penjualan mereka yang bisa melampaui target. Kalau kamu merasa bahwa kamu tidak perlu membeli barang yang ditawarkan, tolak aja dengan sopan bujukan SPG mall. Daripada nantinya kamu menyesal.

4. Jangan Tergoda dengan Diskon

Barang yang diskon belum tentu kamu perlukan, dan bisa jadi barang itu didiskon karena cacat atau tidak laku. Sebelum kamu membeli barang yang didiskon, tanya ke dirimu sendiri apakah kamu memerlukannya? Apa modelnya cocok dengan kamu? Jangan pernah lupa periksa kalau ada cacat dalam produknya.

5. Jangan Belanja Menjelang Hari Raya

Belanja Saat Hari Raya via sayanythingblog.com

Menjelang hari raya, pusat  perbelanjaan modern tidak ubahnya seperti pasar tradisional. Orang bakalan tumpah ruah untuk membeli keperluan mereka. Kalau kamu perlu membeli sesuatu untuk keperluan hari raya, lebih baik, beli dua minggu atau satu minggu sebelum hari-H. Daripada kamu stres ditempat lalu tidak konsentrasi dalam memilih barang.

Tips Jitu Belanja Online:

1. Pilih Webstore Yang Menyediakan Keterangan Ukuran Baju atau Sepatu Secara Detail

Size Guide via eu.topshop.com

Membeli barang secara online artinya kamu siap menanggung resiko kalau barang yang kamu terima akan jauh dari ekspektasi kamu. Untuk mengurangi resiko tersebut, kamu memerlukan daftar ukuran yang detail dan website yang terpercaya kualitas produknya.

2. Baca Aturan Pengiriman dan Pengembalian Barang

Aturan Pengiriman via stores.ebay.com

Agar kamu tidak terlalu was-was dalam menunggu barang yang kamu beli, baca aturan pengiriman barang yang disediakan di web. Kamu akan tahu perkiraan sampainya barang serta prosedur pengembalian barang kalau barang itu ternyata cacat.

3. Jangan Segan Untuk Menjadi Anggota Toko Online Kelas Premium

Toko Online Kelas Premium via www.gunnertech.com

Meskipun mereka membandrol dengan harga yang tinggi, toko online premium suka memberikan diskon bagi anggotanya pada event tertentu. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan barang bagus dengan harga terjangkau. Selain itu, toko online kelas premium juga memberikan fasilitas pengiriman yang aman dan lebih bertanggung jawab.

Nah, dengan tips diatas semoga kamu bisa berbelanja dengan lebih tenang dan tidak kebingungan lagi. Kuncinya, dalam berbelanja pun pikiranmu juga harus jernih dan tidak terpengaruh emosi.

Selamat berbelanja!