Menikah menjadi momen penting dalam hidup seseorang, karena saat inilah kamu akan mengucap janji setia di hadapan Tuhan. Bukan hanya memantapkan hati sehidup semati, kamu juga harus mempersiapkan materi yang bisa menghidupi kehidupan kalian nanti. Hal ini bisa dibuktikan dengan mampu memberikan mahar kepada mempelai wanita.

Mahar atau mas kawin menjadi syarat yang harus ada dalam sebuah pernikahan. Gak harus barang mahal, karena yang terpenting barang tersebut halal. Apalagi, mahar terbaik sebenarnya adalah mahar yang tak memberatkan.

Biasanya para pasangan akan membuat mahar dalam bentuk uang sesuai tanggal pernikahan mereka. Tapi jika kamu ingin memberikan sesuatu yang berbeda, ada baiknya simak ide-ide dari Hipwee berikut ini. Ingin tahu apa saja? Simak baik-baik ya.

1. Ketika banyak pasangan lain saling memberi bunga di Hari Kasih Sayang, kamu bisa menyimpan buket spesial untuknya hingga hari pernikahan.

Jadikan uang maharmu berbentuk begini

Jadikan uang maharmu berbentuk buket via www.shazwanihamid.com

Bunga adalah simbol kasih sayang. Jadi, wajar jika banyak cowok berbondong-bondong mengungkapkan perasaannya lewat bunga di hari-hari spesial dengan pasangan mereka. Nah, bukankah hari pernikahan juga salah satu hari spesial?

Advertisement

Sertakan uang di dalam buket bunga sebagai mahar untuk syarat sahnya pernikahan. Kamu cukup pesan buket bunga segar di toko , lalu selipkan gulungan sejumlah uang yang telah kalian sepakati bersama. Ide sederhana ini bisa membuat cinta kalian jadi sah di mata agama dan negara. Menarik, bukan?

2. Jika kamu ingin maharmu selamanya terpajang, gunakanlah pecahan uang koin sebagai sebuah lukisan.

Mahar uang koin

Mahar uang koin via maharpernikahan.co.id

Bentuk mahar boleh apa saja, salah satunya adalah uang tunai. Tapi bukan berarti kamu harus melulu menggunakan uang kertas. Justru uang koin juga bisa kamu gunakan untuk mahar, malah bisa terpajang dengan indah.

Ingin membuatnya sendiri? Sketsa saja gambarmu dan gambar pasanganmu di papan figura, lalu tempelkan uang koin sesuai dengan garis-garis sketsa. Jika kamu merasa kesulitan, kamu bisa gunakan jasa pengrajin untuk membuatnya. Pengrajin ini sudah gampang ditemui kok.

Gak harus memberikan mata uang dolar agar cinta kalian menjadi sah. Karena ternyata dengan uang recehan rupiah, kamu sudah bisa memberikan sesuatu yang indah.

3. Kamu bisa juga mempersembahkan buku karyamu sendiri sebagai mas kawin. Calon istrimu akan tahu, segala keringat dan darah hasil kerja kerasmu adalah untuknya

Seperangkat alat solat dan buku

Seperangkat alat sholat dan buku tulisanmu via twicsy.com

Mahar itu bisa berbentuk apa saja, salah satunya adalah sebuah karya misalnya buku yang sudah kamu tulis sendiri. Sembari mempublikasikan buku yang kamu tulis, kamu bisa menjadikannya mahar pernikahan di depan penghulu. Bahkan seorang Mohammad Hatta juga mempersembahkan bukunya Alam Pikiran Yunani sebagai mahar untuk menikahi Rahmi Rachim. Buku fenomenal Ayat-Ayat Cinta yang sudah dibaca jutaan orang pun juga ternyata adalah mahar dari Habiburrahman El Shirazy untuk istrinya, Muyasaratun Sa’idah. Kamu bisa kemas bukumu dalam kotak kado yang dihiasi dengan pita. Nah, ini ibarat menyelam sambil minum air. Selain mendapatkan royalti, kamu juga bisa mendapatkan istri.

4. Memberikan uang dalam bentuk dinar juga bisa menjadi pilihan. Nilainya yang tetap stabil bagaikan doa untuk stabilnya hubungan kalian.

Dinar

Berikan dinar bua investasi juga via goldsilver4u2.blogspot.com

Mahar adalah bentuk kerelaan suami dalam menafkahi istri. Jadi serelanya dan sepatutnya saja — agama tak menentukan syarat nominal. Tak melulu harus memberi mas kawin dalam bentuk rupiah, sekarang kamu bisa berikan uang dinar atau dirham pada kekasih tercinta. Bahkan maharmu tidak hanya sebagai syarat agar pernikahan, tapi juga bisa jadi investasi lho.

Mata uang ini jauh lebih stabil dibandingkan mata uang lain. Jadi meskipun kalian menyimpannya hingga puluh tahun lagi, nilainya masih tetap sama atau bahkan malah bertambah tinggi. Selain itu cara mengemasnya juga mudah kok, kami bisa sertakan sertifikat dan memasukannya dalam parsel. Dengan mahar seperti ini, dijamin lebih menguntungkan buat keluarga baru kalian nanti.

5. Membuat calon istrimu merasa tersanjung itu gampang. Salah satu caranya adalah menuliskan surat cinta sebagai mahar tambahan.

Berikan dia surat cinta

Berikan dia surat cinta via greenweddingshoes.com

Bahagia atau tidaknya pernikahan tidaklah ditentukan dari tingginya nominal mahar. Mahar yang tak berbentuk uang pun tak apa-apa.

Jika kamu ingin membuat calon istrimu merasa tersanjung, cukup berikan saja mahar tambahan berbentuk surat cinta. Sembari tetap memberikan uang atau perhiasan, kamu coba tuliskan kata-kata cinta yang berisi ungkapan betapa kamu mencintainya atau harapan-harapan indah di masa depan. Memang surat cinta tak bisa dirupiahkan, tapi ini bisa jadi bukti bahwa cintamu tak ternilai harganya. Dijamin, calon istrimu pasti akan merasa berbunga-bunga karena hal romantis yang kamu lakukan.

6. Selain seperangkat alat sholat, kamu juga bisa memberikan  mahar berupa seperangkat alat hobi untuk yang terkasih.

Seperangkat alat hobi

Seperangkat alat hobi via www.shazwanihamid.com

Jika kamu ingin pernikahanmu lebih seru, gak ada salahnya kamu menambatkan hati pada mahar yang “non-mainstream”. Selain seperangkat alat sholat, kamu bisa memberikan seperangkat alat hobi yang sama-sama kalian geluti. Mungkin dia suka fotografi, maka berikan dia kamera yang berkualitas. Mungkin dia suka berenang, maka berikan seperangkat alat renang. Atau mungkin dia suka naik gunung, sertakan seperangkat alat naik gunung. Mahar seperti ini bisa bermanfaat, selain itu dia pasti akan menjadi lebih happy.

7.  Ikat dia dengan cincin indah dengan nama kalian berdua terukir di baliknya. Dengan ini, semoga cinta kalian kekal selamanya.

Cincin pernikahan

Cincin pernikahan via hqwalle.info

Perhiasan adalah pilihan paling umum untuk dijadikan mahar. Tak perlu semua jenis perhiasan kamu berikan, cukuplah benda praktis semacam cincin. Tak harus cincin yang bertabur bertabur berlian, pilihlah cincin dengan bentuk yang elegan. Jika kamu tak mau menggunakan emas, gak ada salahnya kamu pilih cincin dari bahan seperti perak atau titanium. Dengan begitu kalian bisa sama-sama memakainya setiap hari.

Agar lebih menarik kamu bisa mengukir nama kalian dibalik cincinya. Lalu kemas dalam kotak cincin yang transparan. Dengan begitu, kalian akan sama-sama selalu ingat satu sama lain. Dan cinta  kalian bisa bahagia selamanya. Amin.

8. Jika memang memungkinkan, kamu bisa berikan mahar dalam bentuk kunci rumah atau kendaraan. Dijamin dia pasti tersenyum senang!

Kunci kendaraan jadi mahar

Kunci kendaraan jadi mahar via www.pinkfrosting.com.au

Mungkin kamu sekarang sudah mapan dan punya cukup uang untuk membeli rumah atau kendaraan. Tanpa harus memberinya seperangkat perhiasan atau nominal uang, kamu bisa memberikan barang berharga yaitu sebuah kunci. Mungkin kunci rumah, kunci apartemen, atau kunci kendaraan. Nah, selain membuat dia bahagia, mahar seperti ini juga jadi investasi yang dapat dinikmati bersama setelah menikah. Dijamin dia tak akan menolak, tapi justru merasa tenang.

9. Selain memberikan Al-Quran, mahar dalam bentuk hafalan surah menjadi hal yang tak ternilai harganya di dunia. Hal ini juga jadi bukti bahwa kamu bisa jadi imam yang baik.

Mahar dalam bentuk hafalan Al Quran

Mahar dalam bentuk hafalan Al Quran via dodiaul4ever.blogspot.com

Menikah bukanlah  hanya soal uang, tapi juga kesiapan mental dan pribadi yang baik adalah hal yang perlu dipenuhi. Selain memberikan Alquran secara fisik, kamu juga bisa berikan hafalan surah-surah yang ada di dalam alam Al Quran. Mungkin kamu bisa menjadikan hafalan surah Ar-Rahmanmu sebagai mahar. Hal ini juga bisa jadi bukti bahwa kamu mampu menjadi pemimpin yang baik di rumah tangga kalian nanti. Dengan begitu, rumah tangga kalian juga akan diberkahi.

Tenang, apapun bentuk mahar yang kamu berikan, entah bernilai besar atau kecil, tak akan menentukan kebahagiaan kalian di masa depan. Namun tak ada salahnya meluangkan sedikit waktu untuk membuat maharmu berkesan, bukan?

Semoga bahagia selamanya ya.