Tidak ada yang bisa meragukan keindahan alam di Indonesia. Dari semua wisata alam yang Tuhan ciptakan, hampir, bahkan semuanya terbilang sempurna. Dan wisata alam yang kini tengah menjadi perburuan para traveler di Indonesia adalah puncak gunung. Tapi, manakah gunung terindah yang dianugerahkan di Indonesia?

Traveler yang budiman, kali ini Hipwee Travel akan memberikan peringkat pada gunung-gunung terindah di Indonesia. Apakah gunung favoritmu masuk ke dalam daftar ini?

10. Gunung favorit bagi pendaki dari Jabodetabek dan sekitarnya. Gede-Pangrango juga layak masuk ke daftar gunung terindah di Indonesia! Ya, ‘kan?

Hamparan bunga keabadian, Edelweiss. via wiranurmansyah.com

Malam itu ketika dingin dan kebisuan
Menyelimuti Mandalawangi
Kau datang kembali
Dan bicara padaku tentang kehampaan semua

Hidup adalah soal keberanian, menghadapi yang tanda tanya

tanpa kita mengerti, tanpa kita bisa menawar
terimalah dan hadapilah

Soe Hok Gie

TNGGP (Taman Nasional Gunung Gede Pangrango) merupakan gunung favorit para pendaki dari Jabodetabek. Selain biaya simaksi (tiket masuk) yang terbilang murah, trek yang ada pun cenderung mudah. Apalagi terdapat sebuah lembah yang sangat terkenal dan cukup ramai dicari para pendaki, yakni Surya Kencana yang membentang di antara Gunung Gede dan Pangrango. Ada juga lembah Mandalawangi di Gunung Pangrango yang begitu kondang. Keduanya menyajikan hamparan edelweiss dan rerumputan yang lembut dengan udara sejuk. Nah, buat yang udah pernah ke sana, gimana menurutmu? Indah, ‘kan? Indah dong! Apalagi kamu ditembak gebetan di Surken; pernyataan cinta di antara ratusan tenda, ribuan bunga edelweiss, dan jutaan bintang di angkasa. Romantis! :p

9. Golden sunrise dari puncak Prau jadi spot terbaik se-Asia Tenggara. Setuju, Gaes?

Advertisement

Penampakan sunrise dari puncak Prau. via wiranurmansyah.com

Salah satu puncak terbaik untuk mendapatkan sunrise nan menawan di Pulau Jawa adalah Gunung Prau. Bahkan, dari tahun 2014, Puncak Prau menjadi spot terbaik se-Asia Tenggara untuk mendapatkan golden sunrise menurut para pendaki. Selain itu, kamu juga bisa menikmati pemandangan Telaga Warna dari puncak Prau. Di atas pun kamu bisa bermain di bukit Teletubies. Bahkan, setelah matahari merangkak naik ke kepalamu, kamu bisa melihat agungnya kebesaran Tuhan dari Gunung Merapi, Merbabu, Sindoro, Sumbing, dan Slamet. Kurang cantik apa, coba?

8. Puncak Tambora yang hilang kini menjadi berkah. Sebuah kawah yang luas menjadikannya jauh lebih indah!

Puncak Tambora yang hilang. via lp.anderpati.com

Terjadinya letusan dahsyat pada tahun 1815 (ledakan yang memakan korban jiwa cukup besar), menjadi musibah dan berkah tersendiri bagi Gunung Tambora. Konon, gunung yang berada di Pulau Sumbawa ini memiliki tinggi lebih dari 3.000 mdpl, sebelum terjadi letusan dahsyat. Musibah ini ternyata membawa berkah. Lahirnya kawah Tambora membuat keindahan alam di gunung ini bertambah! Apalagi hamparan edelweiss dan gurun pasir yang membentang sepanjang bibir kawah. Wuih! Cantiknya nggak ada obat!

7. Keajaiban di Puncak Jayawijaya yang mulai tersapu. Cuma di Papua, gunung di daerah tropis yang bersalju!

Puncak Jayawijaya. via www.kaskus.co.id

Ini yang ajaib dari Indonesia. Secara geografis, Indonesia yang terletak di garis khatulistiwa ini ternyata memiliki gunung bersalju yang dianugerahkan kepada tanah Papua. Adalah Puncak Jayawijaya atau Cartenz yang menjadi keindahan tersendiri bagi para pendaki, baik dari dalam negeri atau mancanegara. Dari puncak inilah kamu bisa melihat bentangan tanah Papua dan pulau-pulau yang tersebar di sekitar Papua. Itu juga kalau nggak berkabut lho, ya. :p

6. Gunung tertinggi di Indonesia ini menyimpan danau yang tak bisa digambarkan dengan kata!

Mau berenang? via www.sumatratour.org

Sebagai gunung tertinggi di Indonesia, Gunung Kerinci jelas memiliki kelebihan. Berbagai panorama alam yang memesona hadir dari gunung ini. Dari lengkapnya trek pendakian yang terdiri jalan beraspal, bebatuan, pasir, rerumputan dan pepohonan, dan jalur bersungai kecil, hingga tanjakan dengan kemiringan 60 derajat atau lebih. Terdapat pula sebuah kawah, beragam flora dan fauna, hingga ‘harta karun’ di Danau Gunung Tujuh yang berada berseberangan dengan Gunung Kerinci. Dari puncak Kerincilah kamu dapat mengulum keindahan yang nggak biasa ini.

5. Tujuh puncak dan lima kawah akan menemani pendakianmu di tubuh Gunung Merbabu. Surga dunia yang perlu kamu daki tanpa ragu!

Indah! Protes? via ketandatanya.com

Gunung yang berdiri kokoh di wilayah Magelang dan Boyolali ini layak masuk ke dalam daftar puncak gunung terindah di Indonesia. Betapa tidak, gunung dengan ketinggian 3.142 mpdl ini memiliki tujuh buah puncak, dan dua tertinggi yang terkenal adalah Puncak Syarif dan Puncak Tianggulasi. Belum lagi lima kawah yang menghiasi perjalananmu menuju puncak Merbabu, yakni kawah Condrodimuko, Kombang, Kendang, Rebab, dan Sambernyowo. Kamu nggak bisa menampik semua keindahan ciptaan Tuhan yang epik ini!

4. Sebagai negeri di atas awan, Gunung Bromo masuk ke dalam daftar spot terbaik dalam pengambilan foto. Pecinta selfie, wajib ke sini!

Negeri di atas awan. via www.bluetripper.com

Jangan mengaku pernah ke Jawa Timur, apalagi mengaku pecinta alam, kalau belum pernah ke Bromo. Gunung Bromo layak masuk ke dalam daftar gunung terindah di Indonesia, bukan karena trek perjalanannya yang sangat mudah, melainkan karena pemandangan yang disuguhkan sangat sangat indah. Berada di ketinggian 2.329 mdpl, kamu bisa menikmati keindahan matahari terbit yang begitu sempurna. Serasa berada di negeri di atas angin! Bahkan, masyarakat asing pun menyebut bahwa Bromo merupakan salah satu spot terbaik untuk mendapatkan foto. Buat yang suka selfie, wajib nih ke sini!

3. Danau tiga warna yang bisa berubah sewaktu-waktu ini hanya ada di Gunung Kelimutu.

Penampakan salah satu danau tiga warna Kelimutu. via www.indonesiawisata.info

Gunung Kelimutu menjadi perwakilan dari Nusa Tenggara Timur untuk penghargaan atas gunung terindah di Indonesia. Gunung dengan tinggi 1.639 mdpl ini menjadi surga nyata di Indonesia karena keberadaan danau kawah tiga warna di puncaknya. Nggak sedikit pendaki dan ahli geologi yang tertarik untuk mengunjunginya, sekadar berfoto atau menganalisis perubahan ketiga danau tersebut yang berada dalam satu tempat.

2. Gunung tertinggi di Pulau Jawa yang satu ini tak boleh ketinggalan. Puncak Mahameru adalah surga dunia yang tak terbantahkan!

ranu kumbolo yang melegenda via www.facebook.com

Puncak Mahameru di Gunung Semeru yang bertinggi 3.676 mdpl ini menjadi gunung terindah kedua di Indonesia dengan nirwana alamnya. Gunung tertinggi di Pulau Jawa ini selalu menjadi sasaran pendakian bagi para trekker karena jalur pendakiannya yang terbilang cukup mudah.

Apalah arti rintangan yang menghadang, jika di puncak Mahameru surga dunia luas membentang?

Nah, buat para pendaki pemula, nggak jarang mereka sudah cukup puas dengan kemping di Ranu Kumbolo. Lha wong di Ranu Kumbolo itu udah kayak cuilan surga yang terasing di dunia. Jadi, sepakat, ‘kan, kalau Mahameru merupakan gunung terindah kedua di Indonesia?

1. Ratu dari segala gunung di Indonesia. Dewi Anjani yang bersemayam di Gunung Rinjani bisa menjadi saksi atas keindahan alam dari puncaknya.

Segara Anak dan Anak Gunung Barujari. via sembalunparadise.blogspot.com

Primadona puncak yang tak bisa diragukan kecantikannya ini berasal dari Nusa Tenggara Barat. Ya, apalagi kalau bukan Gunung Rinjani. Bahkan, Gunung Rinjani dimahkotai sebagai wisata trekking terbaik di Asia Tenggara dan telah tersebar ke seluruh penjuru dunia! Belum lagi keberadaan Danau Segara Anak yang mengelilingi Anak Gunung Barujari pada ketinggian 2000 mdpl dalam perut Rinjani. Panorama ‘surgawi’ yang nggak bisa kamu dustakan. Ini nih yang jadi magnet bagi para pendaki untuk mengunjungi gunung dengan ketinggian 3.726 mpdl ini.

Nah, itulah 10 gunung terindah di Indonesia. Anugerah Tuhan yang nggak bisa kamu dustakan! Menurutmu, gunung mana lagi yang layak masuk ke dalam daftar gunung terindah di Indonesia, Gaes? Eh, sudahkah puncak-puncaknya kamu jamah, travelers? Ceritakan di kolom komentar ya.