Satu dekade lalu, Lombok masih bisa diibaratkan sebagai saudara tiri Pulau Bali. Kecantikannya kalah pamor, tunduk pada kakaknya yang sudah berdekade-dekade jadi pujaan wisatawan. Namun seiring waktu, potensi pulau yang dimiliki Suku Sasak ini semakin dihargai. Jika dulu banyak orang akan menghabiskan waktunya di Bali saja, kini tanggung rasanya jika tak sekalian pergi ke Lombok, menghabiskan 2-3 hari di pulau yang juga terkenal dengan kuliner pedasnya tersebut.

Nah! Jika selama ini pengetahuan kamu tentang wisata Lombok masih terbatas pada Gili Trawangan, Senggigi, atau Desa Sade, kini saatnya Hipwee menunjukkan pada kamu berbagai harta karun dari Lombok yang akan membuat kamu tak bosan berlama-lama untuk mengeksplorasi keindahan alam Lombok. Mau tahu apa saja? Cek daftarnya, lalu catat untuk liburanmu selanjutnya!

1. Tak Perlu Menunggu Menginjak Nirwana Untuk Melihat Keindahan Surga: Datanglah Ke Gili Nanggu, Surga Dunia di Lombok Barat

Surga bernama Gili Nanggu via mebackpacking.wordpress.com

Sama seperti Bali, Lombok adalah pulau yang punya berbagai pantai indah di sepanjang sisinya. Kamu pasti sudah terbiasa mendengar atau malah sudah pernah mengunjungi Gili Trawangan, namun sebenarnya itu hanyalah secuil dari keindahan pantai di Lombok. Pantai surga lainnya yang harus kamu datangi kala berlibur di sana adalah Gili Nanggu.

Lokasi pulau cantik ini adalah di dekat Gili Kendis dan Gili Sindak. Jika berminat ke menengok keindahan Gili Nanggu, kamu bisa menyewa boat dari Pelabuhan Lembar ataupun Tawun. Dari Lembar, tarif yang harus dibayar sebesar Rp.350.000 untuk 5 orang. Sedangkan kalau berangkat dari Tawun maka harga sewa boat-nya adalah sebesar Rp.250.000. Tidak ada kapal umum untuk sampai ke sana karena memang pantai ini memiliki konsep seolah ia bagian dari pulau pribadi.

2. Hanya Ada Kata “Sempurna” Untuk Mewakili Keindahan Pantai Sekotong

Advertisement

Keindahan senja di Pantai Sekotong via www.pinterest.com

Masih dari Lombok bagian barat, pantai lainnya yang harus kamu jajal keindahannya adalah Pantai Sekotong. Kamu yang tertarik menikmati keindahan pantai ini bisa berkendara dari Mataram dengan jarak tempuh kurang lebih 60 KM yang bisa dijangkau dalam waktu 1,5 – 2 jam. Ada baiknya menggunakan kendaraan pribadi untuk mempermudah akses ke sana.

Selain dari Mataram, Pantai Sekotong bisa dijangkau dari Bali — tepatnya dengan menyeberang dari Pelabuhan Nusa Penida, kurang lebih 3 jam. Hamparan pasir putih dan birunya air laut yang dibingkai dengan pemandangan barisan bukit berwarna hijau siap memanjakan mata kala berkunjung ke Sekotong.

3. Tak Hanya Pantai, Obyek Wisata Sejarah Juga Bisa Kamu Temui di Pulau Ini. Napak Tilaslah di Taman Narmada, Menikmati Sumber Mata Air Awet Muda

Wisata sejarah pun bisa di Narmada Lombok via suharman-musa.blogspot.com

Pesona Lombok sebagai destinasi wisata semakin diperkukuh oleh banyaknya objek wisata di luar pantai. Salah satunya adalah keberadaan Taman Narmada. Taman ini dibangun oleh Raja Anak Agung Ngurah pada tahun 1727. Awalnya, Raja Anak Agung membangun taman ini sebagai tempat berlibur keluarganya kala musim kemarau datang. Bagi wisatawan yang ingin datang, bisa berkendara ke arah timur dari Kota Mataram. Tidak hanya akan disajikan oleh keindahan alam Taman Narmada saja, pengunjung juga bisa menjumpai sumber mata air yang dipercaya akan memberi efek awet muda bagi orang yang menggunakan air tersebut. Kalau kamu percaya kabar burung, ada banyak artis yang datang ke sini dan membawa air tersebut untuk digunakan secara pribadi. Tiket masuk taman ini tergolong murah! Hanya Rp.5.000 saja.

4. Menyambangi Keheningan di Teluk Sepi: Sebuah Tempat yang, Seperti Namanya, Cocok Untuk Menenangkan Diri

Menyendiri di Teluk Sepi via yurikefebrian.wordpress.com

Bagi kamu yang ingin menenangkan diri dari hiruk pikuk kota, Hipwee menawarkan sebuah tempat bernama Teluk Sepi. Selaras dengan namanya, tempat ini menawarkan ketenangan yang mampu membuat orang sejenak terhindar dari kebisingan kehidupan. Tempat ini berjarak 8 KM dari Kecamatan Sekotong yang bisa ditempuh dalam waktu 30 menit. Untuk sampai ke teluk tersebut memang tidak mudah, karena infrastruktur yang ada yang belum memadai. Jalan berkelok dengan kontur naik turun serta kondisi permukaan jalan yang rusak menjadi penghalang bagi wisatawan untuk datang ke sana. Akan tetapi meskipun harus bersusah payah untuk menyambangi tempat yang menawarkan ketenangan ini, keindahan dan kedamaian di teluk tersebut adalah sajian setimpal untuk membayar rasa lelahmu!

5. Meski Tak Seterkenal Senggigi, Keindahan Pantai Mekaki Pantas Kamu Nikmati

Pantai Mekaki via ourlombok.blogspot.com

Nama Pantai Mekaki mungkin tidak sepopuler Pantai Sengigi atau Gili Trawangan. Namun soal keindahan, pantai ini tak bisa disepelekan. Terletak 70 KM dari pusat Kota Mataram, kamu bisa bertemu dengan pantai nan elok ini setelah berkendara selama 1,5-2 jam. Tidak hanya menjanjikan keindahan di tempat tujuan saja, selama perjalanan ke sana pun wisatawan akan disuguhi oleh lukisan alam nan indah khas Lombok. Hamparan langit biru dengan bentangan sawah membuat perjalananmu tak akan terasa membosankan. Akses menuju ke pantai ini juga tergolong sudah mumpuni sehingga tidak akan membebani wisatawan.

6. Rehat Sebentar dari Pantai, Gerakkan Kakimu Menuju Desa Sukarara — Tempat Gadis-Gadis Suku Sasak Menenun Kain Mereka

Tidak hanya dikenal memiliki keindahan alam yang mampu memikat banyak wisatawan, Lombok juga punya daya pikat lainnya: kekayaan budaya. Salah satu buktinya bisa kamu lihat melalui kerajinan tangan berbentuk kain tenun di Desa Sukarara.

Desa kecil ini terletak di Desa Sukarara, Kecamatan Jonggat, Kabupaten Lombok Tengah. Dengan berkendara selama kurang lebih 30 menit dari Mataram atau 5 menit dari Praya, kamu sudah bisa sampai ke pusat kerajinan tenun yang terkenal ini. Keunikan tenun khas Lombok terletak pada motifnya yang indah, menggabungkan corak khas Indonesia Timur dengan sentuhan warna yang lembut ala Indonesia Barat. Sebagian besar penenun di sini adalah perempuan berdarah Suku Sasak, yang sudah turun temurun melakoni pekerjaan tersebut.

Harga kain ini tergolong mahal, mulai ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Namun rasanya harga tersebut pantas mengingat proses penenunan kain yang bisa memakan waktu hingga berbulan-bulan. Dengan membeli kerajinan tersebut juga bisa berkontribusi pada kelestarian kerajinan buah tangan Indonesia, bukan?

7. Tahukah Kamu, Bahwa Kamu Bisa Kebut-Kebutan Atau Mengendarai Sepeda dengan Santai di Pantai Selong Belanak?

Pantai yang bisa “mengeras” via www.pinterest.com

Pernahkah kamu mendengar nama Pantai Selong Belanak?

Pantai ini adalah satu dari sekian banyak koleksi pantai di Lombok. Selong Belanak terletak di Lombok tengah tepatnya 60 KM dari Kota Mataram. Sama seperti Pantai Mekaki, untuk menyambangi pantai nan cantik ini wisatawan tak perlu bersusah payah karena akses jalan yang telah di-hotmix sudah tersedia. Keunikan pantai ini adalah pasir putih di pinggir pantai yang bisa mengeras jika terkena air laut. Maka tidak mengherankan jika  berkunjung ke sana akan melihat banyak orang bisa kebut-kebutan di pinggir pantai. Entah kandungan apa yang membuat Pantai Selong Belanak memiliki keunikan tersebut.

Tak hanya menawarkan pantai yang unik saja, sajian kuliner khas pantai juga siap mengisi perut pengunjung kala rasa lapar datang. Bagi pengunjung yang datang tidak ada biaya masuk yang harus dibayar alias free akan tetapi kalau kamu membawa kendaraan, harus membayar biaya parkir sebesar Rp. 5.000

8. Kamu Pun Bisa Menemukan Kesegaran dengan Snorkeling di Pantai Seger, Lombok Tengah

Menyegarkan pikiran di pantai seger via enfie.blogspot.com

Jika Pantai Kuta terkenal dengan ombak yang memikat, maka Pantai Seger adalah pantai yang cocok bagi kamu yang menggemari olahraga snorkeling. Terletak hanya 2 kilometer dari Pantai Kuta, Pantai Seger dapat menjadi alternatif kala kamu sudah bosan berkunjung ke Pantai Kuta. Tidak perlu bingung memikirkan transpotasi ke Pantai Seger karena dengan menumpang ojek dari Pantai Kuta maka kamu sudah sampai di sana. Ongkosnya pun tidak terlalu mahal: berkisar antara Rp.10.000 – Rp. 20.000, sementara untuk tarif masuknya pengunjung akan dikenai biaya Rp.10.000/mobil.

9. Pantai Bertebing Indah Tak Hanya Milik Bali, Karena Lombok Punya Tanjung Ringgit Sebagai Tandingannya

Pantai bertebing khas di Lombok via www.pinterest.com

Bali memiliki Pantai Bingin sebagai pantai indah bertebing. Namun ternyata tidak hanya di Bali! Di Lombok pun pantai indah sejenis itu juga ada. Pantai ini terletak di Desa Pemungkong, Lombok Timur. Perjalanan ke lokasi ini akan memakan waktu kurang lebih 2 jam dengan jarak tempuh sekitar 80 KM dari Kota Mataram.

Rusaknya kontur jalan membuat perjalananmu bisa jadi molor sampai 3 jam. Namun perjuanganmu pun tersebut akan terbayar dengan sajian alam dari Tuhan. Tiket masuknya gratis, akan tetapi kamu harus menyewa kendaraan pribadi jika mau berkunjung ke sana karena belum adanya akses kendaraan umum yang tersedia. Umumnya harga sewa mobil berkisar antara Rp. 400.000-Rp. 500.000, sudah termasuk biaya supir dan bensin.

10. Langit Biru, Laut Bening, dan Pasir Pink: Siapa yang Bisa Mengingkari Keindahan Ini?

Pantai berwarna feminin via www.pinterest.com

Mungkin kamu pernah mendengar nama Pink Beach atau pantai dengan pasir berwarna pink. Ya, di Lombok, tepatnya di bagian Lombok Timur — sekitar 2 jam berkendara dari Mataram — ada sebuah pantai nan cantik dengan pantai berwarna pink yang harus kamu datangi. Kombinasi awan biru dan beningnya air laut menyempurnakan pemandangan di pantai tersebut. Penduduk sekitar mengenal pantai berpasir merah jambu dengan sebutan Pantai Tangsi. Hipwee rasa tak ada alasan yang cukup kuat untuk kamu melewatkan pantai cantik ini sebagai destinasi wisata kala berkunjung ke Lombok.

11. Sebelum Meninggalkan Lombok, Tutup Perjalananmu di Kaki Gunung Rinjani — Mengunjungi Surga Kecil Bernama Tetebatu

Menyambut pagi di tetebatu via www.pinterest.com

Selain wisata pantai khas Lombok yang selalu sukses membuat banyak orang berdecak kagum, cuilan surga lainnya yang wajib kamu singgahi adalah sebuah sebuah daerah kecil di kaki Gunung Rinjani bernama Tetebatu. Tempat ini menawarkan pemandangan alam khas pegunungan yang sangat mengagumkan. Jika kamu tertarik mengunjungi daerah ini bisa menggunakan transportasi umum ke Pomotong dengan jarak 12 KM lalu dilanjutkan bemo ke Kotaraja dan terakhir menggunakan cidomo untuk sampai ke Tetebatu.

Jika mau mudah, kamu bisa menyewa taksi dengan biaya sekitar Rp.300.000. Tidak hanya pemandangan kaki gunung saja, tapi suguhan indah air terjun Jukut dan Joben yang menyejukkan juga wajib kamu datangi.

Itu tadi kesebelas destinasi wisata di Lombok selain Gili Trawangan, Senginggi, dan Gunung Rinjani yang bisa kamu sambangi kala berlibur ke sana. Selain ke-11 tempat tersebut, tentu masih banyak lagi destinasi wisata lainnya di Lombok yang keindahannya masih tersembunyi. Yuk, ke Lombok!