Di era sosial media seperti sekarang, liburan sudah menjadi gaya hidup yang sudah menjadi sebuah keharusan. Pilihan destinasi berlibur pun kian meluas, nggak cuma di dalam negeri saja. Banyaknya tiket murah kini bikin semua orang bisa berlibur, bahkan ke negara yang masih asing terdengar di telinga sekalipun. Hal ini seharusnya kita syukuri bukan?

Namun jangan sembarangan berlibur ke negara yang belum kamu tahu betul konflik atau masalah yang ada di sana. Dilansir dari laporan World Tourism Forum tentang Travel Competitive Index, berikut ini 15 negara yang paling berbahaya untuk dikunjungi wisatawan. Dipikir ulang ya kalau mau liburan ke sana!

15. Chad, sebuah negara di  Afrika. Berbatasan dengan Libya dan Sudan, teror sudah jadi makanan sehari-hari di sana

Negara ini disusupi oleh ISIS, Boko Haram dan juga Al Qaida yang aktif. Jelas sudah ‘kan betapa berbahayanya negara ini. Nggak usah ke sana ya…

14. Bangladesh merupakan negara yang tidak aman untuk dikunjungi bukan cuma karena serangan teror di negara tersebut, tapi juga karena banyaknya kejadian bencana alam

kereta bangladesh via www.dailymail.co.uk

Advertisement

Selain teror, banyaknya kejadian alam di Bangladesh seperti banjir, angin siklon, sampai gempa bumi rasanya sudah cukup memberikan alasan untuk tidak melancong ke sana.

13. Mali, sebuah negara di Afrika yang punya resiko teror yang cukup tinggi

Ibukota Mali, Bamako rentan diserang teroris dan banyak kejadian penembakan dan pembunuhan di sana. Eh, nggak ada pikiran untuk liburan ke sini ‘kan? Tahu namanya aja mungkin barusan. Hehehe.

12. Lebanon juga dikepung oleh negara-negara konflik. Di dalam negeri sendiri banyak teror yang terjadi di negara ini

Meskipun tidak secara langsung mengalami pertempuran di Timur Tengah, namun Lebanon juga berada di posisi yang tidak aman dari ancaman teror.

11. Filipina meskipun punya wisata alam yang indah, selalu saja terjadi konflik yang mengerikan. Kawasan Sulu dan Marawi adalah kawasan rawan konflik. Marawi bahkan diduduki ISIS

Bombing of Marawi City via upload.wikimedia.org

Marawi kini tengah menjadi medan tempur antara pemerintah Filipina dan ISIS. Mending kamu tunda dulu deh liburan ke sana. Ditakutkan gejolak seperti ini merembet ke kota lainnya.

10. Ukraina sedang berperang dengan separatis bersenjata yang didukung oleh Rusia. Bakal nggak aman sih berada di sana…

Daerah-daerah seperti Crimea, Donetsk oblast, Lunask oblast sedang diperebutkan antara pemerintah Ukraina dengan separatis yang ingin memisahkan diri. Pertempuran seperti ini menjebak warga sipil dalam pertarungan tiada ujung.

9. Honduras, negara yang punya tingkat pembunuhan paling tinggi di dunia. Udah deh nggak udah pergi ke sana!

Honduras, adalah negara yang berada di Amerika Tengah dan punya reputasi sebagai negara dengan tingkat pembunuhan paling tinggi di dunia. Perampokan, pembunuhan, narkoba sudah jadi hal yang biasa di sana, di mana aparat tidak terlalu berarti.

8. Kenya, negara yang sudah terbiasa dengan penembakan, granat dan serangan teror!

Negara di Afrika Tengah ini sudah sangat terbiasa dengan serangan teroris, baik berupa tembakan, granat hingga bom. Jelas bukan tempat ideal untuk traveling ya.

7. Mesir, negara dengan peradaban sangat tua ini kini tengah mewaspadai ancaman teroris, baik dari ISIS maupun kelompok lainnya

Mesir tak bisa lepas dari hiruk pikuk di Timur Tengah. Ancaman ISIS dan juga pemberontak bisa membuat liburanmu di sana sangat tidak menyenangkan.

6. Venezuela, penghasil model cantik ini ternyata merupakan negara yang berbahaya bagi traveler. Kemiskinan yang jadi sebabnya

Kekurangan bahan makanan, air dan listrik membuat kejahatan sangat merajalela di Venezuela. Negara ini mempunyai reputasi sebagai salah satu negara dengan kejahatan paling tinggi di dunia. Perampokan, penculikan hingga pembunuhan adalah makanan sehari-hari warga Venezuela.

5. Nigeria, negara yang diteror oleh kelompok teroris Boko Haram bukanlah negara yang tepat untuk berlibur, bukan?

Kekerasan sudah jadi kebiasaan di Nigeria. Kelompok teror berada di mana-mana dan mengincar keramaian publik. Ngeri deh…

4. Konflik agama yang sudah bertahun-tahun membuat Pakistan menjadi salah satu negara yang berbahaya…

Pemerintah Pakistan sangat membatasi kebebasan berbicara dan melarang orang asing mengakses beberapa tempat di negara itu. Boleh sih ke sana tapi harus ekstra hati-hati ya.

3. El Salvador, negara dengan tingkat pembunuhan paling tinggi di dunia. Lebih baik sih tidak usah ke sana!

el salvador via www.thisisinsider.com

Selain berpredikat sebagai negara dengan tingkat pembunuhan paling tinggi di dunia, El Salvador juga terkenal dengan gerombolan bersenjata. Kejahatan yang mereka lakukan mulai dari pemerasan, perampokan dan juga perdagangan narkoba.

2. Negara penuh konflik di Timur Tengah, Yaman, sebaiknya kamu coret dari daftar kunjungmu. Bahaya…

Tak perlu dijelaskan detailnya kita semua tahu kalau Yaman sedang bergejolak dan warganya serba kekurangan, baik air, makanan maupun bantuan medis.

1. Negara paling tidak aman adalah Kolombia. Negeri ini adalah pusatnya kejahatan dan geng-geng bersenjata. Pikir-pikir deh kalau ke sana…

bogota, kolombia via www.thisisinsider.com

Gerombolan bersenjata di Kolombia sangat meresahkan. Penculikan, perampokan, perdagangan narkoba hingga berbagai ledakan sangat lazim terjadi di kota besar seperti Bogota. Nggak aman banget deh buat traveling.

Bersyukurlah tinggal di Indonesia, ya walaupun begini-begini aja tapi masih termasuk negara yang aman dibanding negara-negara di atas. Hehehe.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya