Menjelang akhir pekan ini, apa ada dari kamu yang sedang bersiap-siap bepergian? Setiap orang pasti mau kegiatan bepergiannya berjalan lancar dan sesuai harapan. Nah, supaya itu bisa benar-benar terwujud, disini Hipwee akan memberikan 15 tips supaya perjalananmu lebih mudah, aman, nyaman, dan menyenangkan.

 1. Jangan Lupa Booking

Jangan lupa booking! via commons.wikimedia.org

Kalau kamu melakukan perjalanan jauh dan harus mencari tempat menginap, ingat yang satu ini: lakukan pemesanan hotel sebelum kamu liburan. Kalau-kalau rencana kamu berubah dan kamu harus membatalkan hotel, jangan langsung menelpon hotel dan membatalkan bookingan kamar. Ada peraturan dari hotel mengenai pembatalan mendadak, dan kadang ini membuat kamu harus bayar dendanya. Kamu nggak mau, ‘kan?

Nah, triknya untuk menghindari denda ini adalah memindahkan jadwal booking kamu ke minggu berikutnya — dan beberapa jam kemudian baru batalkan bookingan “baru” kamu. Ingat, kamu juga harus cari alasan yang pas biar pihak hotel percaya.

 2. Begitu sampai, penting untuk berbaur dengan warga lokal

Berbaur dengan warga lokal via montedaleholidays.com

Advertisement

Ketika kamu liburan, segera berbaur dengan warga setempat. Hipwee pernah mengulas bagaimana caranya di dalam artikel ini. Siapa tahu kamu bisa dapat teman baru dan liburanmu akan menjadi lebih mudah dari sebelumnya. Kamu bisa bertanya arah, tempat makan murah, objek wisata yang OK, dan yang pasti perjalananmu bisa jadi lebih seru!

3. Catat nomor telepon penting

KFC juga penting tuh dicatet via www.aplikanologi.com

Nomor telepon kantor polisi wajib kamu catat. Kalau-kalau ada kejadian yang tidak menyenangkan, kamu bisa segera lapor ke pihak berwajib. Nomor telepon restoran fast food terdekat juga bisa dicatat, kalau kamu mengalami kejadian “darurat” perut.

4. Bawa baju yang cocok untuk segala kondisi

Cek baju mana yang perlu dipake via www.pinterest.com

Langkah yang satu ini bisa menghemat bawaan kamu. Bawa atasan yang cocok untuk segala macam kegiatan. Kamu bisa bawa kaos atau kemeja dengan warna netral dan model simpel. Ingat: kalau mau memasukkan baju dalam koper, jangan dilipat, tapi digulung.

5. Fotokopi dokumen penting

ktp difotokopi via binesia.com

Kamu harus punya cadangan dokumen penting yang kamu bawa saat perjalanan. Kalau kamu traveling ke luar negeri, jangan lupa untuk fotokopi paspor dan KTP lalu sisipkan di kantong rahasia tas. Catat juga nomor kartu kredit atau ATM kamu. Kalau kamu traveling di dalam negeri, fotokopi KTP atau SIM cukup.

6. Cari info tentang tempat tujuan

Di Jogja ada apa aja ya? via www.pinterest.com

Kamu harus memastikan bahwa otakmu nggak kosong begitu sampai tujuan. Sebelum kamu berangkat, cari tahu lebih dulu tentang tempat-tempat asik dan akomodasi di tempat yang kamu tuju. Cari tahu harga berbagai barang disana, sehingga kamu bisa mengatur anggaran. Jangan lupa menjadikan dirimu familiar tentang budaya kota setempat. Beda kota, pasti beda juga budayanya.

7. Selalu bawa gembok

Gembok itu wajib! via ecs3.tokopedia.net

Kamu wajib bawa gembok kalau menginap di hostel, karena biasanya hostel tidak menyediakan gembok untuk loker penyimpanan tas. Jadi untuk keamanan bawaanmu sendiri, gembok bisa jadi penyelamat.

8. Bawa handuk berbahan microfiber

Handuk microfiber lebih tipis via thelighttraveller.com

Banyak yang belum tahu kalau ada yang namanya handuk microfiber. Handuk berbahan microfiber lebih cepat kering dari handuk berbahan katun atau yang lain. Handuk microfiber juga lebih gampang dilipat dan hemat tempat.

9. Tisu basah adalah sahabat terbaikmu!

Praktis dibawa kemana-mana via www.kawaiibeautyjapan.com

Tisu basah bisa jadi alternatif saat kamu kepanasan dan nggak nemu air buat cuci muka atau cuci tangan. Harganya juga terjangkau dan gampang dibawa kemana-mana. Kalau nggak sempet mandi, tisu basah adalah penyelamat loh…

Tapi ingat: jangan boros, ya. Tisu basah nggak ramah lingkungan.

10. Ambil gambar di depan papan nama tempat yang kamu kunjungi

Foto di depan terminal nggak ada yang larang kok via www.trishavelarmino.com

Kalau ada yang beranggapan narsis di depan papan nama nggak OK, anggapan itu salah. Justru banyak traveler yang ambil gambar di depan papan nama buat jadi bukti perjalanan mereka. Kalau kamu bermobil dan harus memarkir mobilmu, mengambil foto tempat parkirmu juga bisa mencegah kamu lupa kamu parkir dimana. Selain itu, kamu juga bisa mengambil foto jalur setapak yang kamu lintasi dan melihatnya lagi di kamera digitalmu ketika kamu tersesat.

11. Selalu bawa celana panjang

Celana panjang jangan lupa via blog.theclymb.com

Celana panjang itu WAJIB (buat yang cewek, legging itu bukan celana panjang ya). Selalu siapkan satu celana panjang kalau kamu traveling. Celana panjang itu bisa jadi penyelamat di kala cuaca dingin, atau di waktu kamu berkunjung ke tempat-tempat yang mengharuskan kamu untuk berpakaian sopan.

12. Siapkan P3K Mini

Mini P3K via gadling.com

Plester luka, minyak kayu putih, salep, koyo, obat-obatan: semua itu perlu kamu siapin untuk mengantisipasi kejadian yang tidak kamu inginkan di jalan. Kalau kamu sudah menyediakan barang-barang ini di tasmu, kamu nggak repot harus muter cari apotek di kota atau desa tempatmu berwisata.

13. Siapkan cadangan uang di tas

Uang cadangan via travelmatekamu.com

Yang ini penting banget buat jaga-jaga kalau ketemu copet di jalan. Sisipkan sebagian uang kamu di kantong rahasia atau di tempat yang nggak bisa dijangkau orang lain, kecuali kamu. Kalau uang di dompet habis, kamu masih punya cadangan di tas.

14. Stay Calm and Enjoy the Trip!

Tetap tersenyum dan nikmati perjalanan via www.pinterest.com

Pesawat atau kereta telat? Bagasi hilang entah kemana? Jangan langsung panik atau emosi dulu. Traveling itu asyik justru karena ‘kecelakaan’-‘kecelakaan’ kecilnya. Jangan sampai hal-hal kecil mengganggu kenikmatan perjalananmu. Bersenang-senanglah!

15. Fleksibel aja yuk!

Mogok di tengah jalan? Ganti bus lain? It’s ok via media-cache-ak0.pinimg.com

Kalau perjalananmu sudah terjadwal, kamu perlu rencana cadangan. Jangan terpaku dengan hal-hal yang sudah diatur. Fleksibel dalam perjalanan akan membuat traveling kamu jadi lebih seru. Segala hal yang tak terduga pun bisa jadi hal-hal yang menyenangkan dan tidak terlupakan. Siapa tahu ketemu jodoh di jalan? :p

Kita nggak tahu di jalan gimana dan ketemu siapa. Lebih baik berjaga-jaga biar perjalanan lebih mudah, aman, dan menyenangkan. Selamat berjalan-jalan, dan semoga perjalananmu lancar ya!