Institute for Economics and Peace (IEP — Institut untuk Ekonomi dan Perdamaian) yang berpusat di Australia kembali merilis The Global Peace Index, sebuah daftar berisi negara-negara terdamai di dunia. Dalam daftar tersebut ada 162 negara yang diurutkan berdasarkan berbagai sumber, seperti Bank Dunia dan beberapa organisasi PBB. Perdamaian menurut The Global Peace Index didasarkan pada 22 indikator, antara lain ada atau tidaknya konflik bersenjata, tinggi rendahnya kekerasan terbuka dan kejahatan terorganisir, tinggi rendahnya anggaran belanja militer, seberapa kuatnya peran polisi, dan eksis tidaknya sistem pemerintahan yang demokratis.

Nah, di artikel kali ini Hipwee akan membagikan daftar 20 negara paling damai yang mungkin bisa jadi pilihan tempat tinggalmu kelak. Yuk, simak!

1. Islandia

di Islandia penduduknya nggak ada yang buta huruf via en.wikipedia.org

Lepas dari pemandangan alamnya yang luar biasa, Islandia ternyata punya prestasi nggak kalah keren. Semua penduduknya – yang berjumlah 300.000 orang – nggak ada yang buta huruf. Populasi yang berpendidikan tersebut juga punya toleransi yang baik terhadap kaum minoritas.

Di Islandia, angka pembunuhan adalah 1,8 per 100.000 penduduk atau sangat rendah. Bandingkan dengan Amerika Serikay, yang mencatat angka 5,8 per 100.000 penduduk setiap tahunnya.

2. Denmark

Advertisement

orang Denmark kabarnya jadi yang paling bahagia di dunia via rileyinthestateofdenmark.wordpress.com

Orang Denmark disebut sebagai yang paling bahagia di dunia. Angka motivasi para pekerjanya sangat tinggi. Bahkan, diberlakukan juga sistem kesejahteraan yang bikin iri hampir semua penduduk dunia. Meskipun pajak di Denmark tinggi, uang tersebut dibelanjakan untuk membuat fasilitas umum sehingga orang Denmark bisa hidup santai dan terorganisir.

3. Selandia Baru

Selandia Baru ternyata minim pencemaran via motorbikeholidaysnz.co.nz

Selandia Baru adalah salah satu negara yang paling minim pencemaran. 90% imigran di Selandia Baru dipastikan akan merekomendasikan negara tersebut kepada keluarga dan teman-teman mereka.

Orang-orang Selandia Baru juga sering dapat cuti lho, sehingga mereka bisa punya lebih banyak waktu untuk menikmati pemandangan dan fasilitas olahraga di negara Kiwi ini.

4. Austria

Di Austria, sebotol anggur harganya cuma $4 via majesticity.wordpress.com

Remaja Austria bisa ikut pemilu di usia 16 tahun, tetapi mereka baru bisa minum alkohol di usia 18 tahun. Austria menawarkan lingkungan yang bersih, sistem transportasi yang mudah dan lancar, serta tingkat kejahatan yang rendah pula. Kabarnya, kamu bisa mendapatkan sebotol anggur hanya dengan $4 atau sekitar 40.000 perak aja lho!

5. Swiss

rata-rata orang Swiss hidup sehat dan bahagia via www.theguardian.com

Rahasia kenapa orang Swiss rata-rata sehat dan bahagia adalah karena pemerintah menyediakan fasilitas pendidikan, pekerjaan, dan pelayanan kesehatan yang sangat baik.

Seperti diketahui, Swiss termasuk negara yang perekonomiannya paling stabil dengan rata-rata angka inflasi yang rendah. Selain sangat terbuka pada para pendatang, Swiss juga menjamin kebebasan beragama bagi semua warganya.

6. Jepang

di Jepang, budaya dan teknologi saling melengkapi via hepinews.com

Tak perlu khawatir soal toilet bersih jika berkunjung ke Jepang. Negara yang terkenal dengan bunga Sakura ini emang terkenal bersih. Di Jepang, budaya dan teknologi bisa saling melengkapi sehingga mungkin bisa membuat negara-negara lain iri. Sekalipun ada yang bilang bahwa orang Jepang terkenal keras, nyatanya mereka bisa membangun negara berteknologi tinggi dan damai dalam waktu singkat.

7. Finlandia

di Finlandia hampir nggak ada korupsi via www.getintravel.com

Kalau kamu nggak keberatan tinggal di negara dengan musim dingin yang relatif lama, mungkin Finlandia bisa jadi pilihan. Di negara ini hampir nggak ada korupsi dan perbedaan kelas di masyarakatnya sangat kecil. Sementara, persamaan gender sangat dijunjung tinggi di Finlandia.

Punya sistem pendidikan praktis terbaik di dunia, anak-anak Finlandia hidup dengan udara dingin yang bersih dan segar serta tingkat ADHD (gangguan perkembangan pada anak) yang sangat rendah.

8. Kanada

pendapatan rata-rata orang Kanada 280 juta/tahun via megahdwall.com

Tahu nggak sih kalau pendapatan rumah tangga di Kanada rata-rata adalah $28.000 atau sekitar 280 juta per tahun? Ini adalah salah satu yang tertinggi di dunia, bahkan salah satu yang tertinggi di antara negara-negara OECD (Organization for Economic Cooperation and Development) lainnya. Jadi, dari segi ekonomi dan alamnya, Kanada emang cocok banget jadi pilihan tempat untuk rumah idamanmu di masa depan.

9. Swedia

Swedia punya standar hidup yang tinggi via nth-mobile.com

Yup, Swedia masuk jajaran sepuluh besar negara paling damai yang bisa jadi pilihan tempat tinggalmu. Jika kamu ingin menikmati musim dingin bersalju sekaligus musim panas yang keren maka Swedia adalah pilihan yang tepat. Standar hidup yang tinggi menjadikan Swedia termasuk negara dengan kehidupan sosial yang baik. Negara ini juga terkenal dengan pemerintahan yang bersih dan media-media yang independen.

10. Belgia

Belgia letaknya dekat dengan Paris dan London via www.alltouristattractions.org

Negara ini paling cocok buat kamu yang doyan minum bir dan makan coklat. Selain itu, cocok juga buat kamu yang suka banget sama hujan. Belgia adalah negara dengan banyak kota tua yang indah, dengan museum dan bangunan-bangunan kuno yang sangat terawat. Belgia juga sangat dekat dengan Paris, Amsterdam, dan London, sehingga memudahkan kamu yang suka jalan-jalan. Hanya 70 menit perjalanan dengan kereta cepat kamu udah bisa sampai di London lho!

11. Norwegia

Norwegia termasuk negara aman di dunia via www.pointsandtravel.com

Norwegia termasuk negara paling aman dengan jumlah penjara yang sangat sedikit. Sementara, tingkat kesejahteraan dan kebahagiaan di negara ini juga sangat tinggi. Allemannsretten adalah hukum nasional Norwegia yang menjamin kebebasan penduduknya untuk menikmati alam. Misalnya, kamu ingin berkemah, berenang di danau, mengambil air, atau melakukan aktivitas di alam lainnya.

Norwegia mampu melindungi hak-hak rakyatnya sekaligus menobatkan diri sebagai salah satu negara paling indah di dunia

12. Irlandia

orang Irlandia terkenal ramah dan menyenangkan via nexttriptourism.com

Kabarnya, orang-orang Irlandia itu sangat ramah dan menyenangkan lho. Selain itu, pemandangan alamnya terkenal menakjubkan. Irlandia punya angka kematian paling rendah di antara negara-negara di Britania Raya. Selain nggak pernah mengalami bencana gempa bumi, penduduk Irlandia juga sangat menyukai bertani dan berkuda.

13. Slovenia

Slovenia adalah negara ramah anak via nexttriptourism.com

Negara yang satu ini mendapat nilai lebih tinggi daripada Inggris sebagai negara paling ramah anak menurut UNICEF. Slovenia punya wilayah pedesaan yang indah dan berbagai makanan khas yang dipengaruhi tradisi Itali serta beberapa negara tetangga di sekitarnya.

Uniknya, kamu mungkin akan merasa sangat nyaman tinggal di sini karena hanya ada 1000 orang yang dipenjara dari total populasi keseluruhan Slovenia sebanyak 2 juta jiwa.

14. Republik Ceko

orang Ceko sangat mencintai musik, seni, dan sejarah via www.statravel.com

Republik Ceko memiliki kekayaan musik tradisional yang luar biasa. Ceko memang sangat bangga pada kekayaan sejarah, seni, dan musik. Orang-orang Ceko senang menghabiskan waktu untuk menonton pertunjukan teater sambil menikmati kudapan tradisional mereka. Selain itu, orang Ceko juga sangat suka minum bir. Salah satu yang  cukup unik adalah adanya 34% penduduk Ceko yang mengaku atheis.

15. Jerman

Jerman juga menghargai sejarah, seni, dan musik via www.bhmpics.com

Satu lagi negara yang demikian menghargai sejarah, seni, dan musik sebagai tradisi. Yup, Jerman memang harus masuk daftar negara paling damai dan nyaman di dunia.

Negara ini punya standar hidup tinggi dan organisasi masyarakat yang bisa berjalan baik. Wisata alam, pasar tradisional, dan pemandangan kota-kota wisata seperti dalam dongeng akan membuatmu semakin bersemangat tinggal di negara pemenang Piala Dunia 2014 ini.

16. Australia

negara Australia makmur akibat sektor pertambangan via en.wikipedia.org

Tempat yang cocok buat kamu yang pengen awet muda dan hidup sehat. Yup, Australia punya udara bersih, segar, dan iklim yang bagus. Di negara ini, harapan hidup penduduknya mencapai umur 82 tahun.

Selain itu, perekonomian Australia terbilang cukup mapan karena bergantung pada sektor pertambangan. Well…orang-orang yang ramah dan kekayaan alam yang luar biasa membuat Australia patut diperhitungkan.

17. Singapura

Singapura jadi kota paling tertib di dunia via www.switch.ae

Disebut-sebut sebagai negara-kota paling tertib di dunia, Singapura punya pemandangan yang terawat dan cantik. Singapura juga berada dalam gerakan terdepan dalam hal penghijauan sektor energi, konservasi air, dan lingkungan. Negara ini juga terkenal ramah menyambut kedatangan turis asing.

18. Portugal

kehidupan di Portugal sangat santai dan tingkat kejahatan rendah via www.thisiscolossal.com

Portugal adalah surga bagi para pemain golf karena tersedia banyak lapangan golf kelas dunia yang menawarkan pemandangan pantai. Iklim di Portugal yang hangat juga sangat mendukung perkembangan sektor pariwisatanya.

Di negara ini, tingkat kejahatan rendah dan ritme kehidupannya sangat santai. Jadi, buat kamu yang ingin menikmati masa tua dengan hidup santai boleh banget pindah ke Portugal.

19. Qatar

Qatar punya gedung-gedung luar biasa via dubaimetro.eu

Salah satu negara terkaya di dunia dimana bensin mungkin akan lebih murah daripada air. Yup, Qatar adalah negara yang siap memanjakan kamu dengan berbagai fasilitas mewah. Pemandangan berupa gedung-gedung pencakar langit membuatmu yakin kalau negara ini emang modern banget.

Caveat: Mempersiapkan Piala Dunia 2022, PBB memperkirakan bahwa nantinya Qatar akan dikunjungi lebih dari 500 imigran setiap harinya sehingga sangat mungkin terjadi masalah-masalah pada layanan fasilitas umumnya.

20. Bhutan

Bhutan, negaranya para biksu via www.theatlantic.com

Pemerintah Bhutan menyadari bahwa kebahagiaan hidup rakyatnya nggak bisa diukur dengan berapa banyak mobil atau supermarket. Tapi, lebih pada urusan kesehatan, kesejahteraan, dan pendidikan bagi masyarakatnya.

Bhutan adalah negara yang sebagian besar penduduknya menganut agama Budha. Letaknya di pegunungan Himalaya dekat dengan India dan China. Namun, sebagai negara monarki Bhutan tengah berjuang membentuk pemerintahan yang benar-benar demokratis. Selain itu Bhutan juga menghadapi tantangan dalam meningkatkan efektivitas program urbanisasi-nya.

Nah guys, kira-kira kenapa ya Indonesia nggak masuk jajaran negara-negara paling aman di dunia? Padahal, untuk urusan keindahan dan kekayaan alam kita nggak kalah lho sama negara-negara di atas. Yup, faktanya masih terlalu banyak kekerasan, ketidakadilan, dan konflik yang terjadi di negara kita. Jadi, tugas kita dan generasi selanjutnya untuk menjadikan Indonesia jadi lebih baik dan lebih damai ya!