Keteraturan tata kota, ketersediaan infrastruktur, serta kemajuan masyarakat negara lain seringkali membuat kita bertanya-tanya kenapa harus tinggal di negara yang sedang berkembang — atau kasarnya masih ‘tertinggal’ — seperti Indonesia. Mulai dari sistem pendidikan yang dianggap gak oke, sistem transportasi yang amburadul, sampai berita tentang para koruptor di TV bikin kita semakin yakin bahwa Indonesia begitu gak oke untuk dijadikan tempat tinggal.

Padahal kalau kita tanya sama mereka yang pernah atau sering menjejakkan kakinya di negeri orang, banyak dari mereka yang bilang kalau Indonesia itu dengan segala kekurangannya adalah negara yang paling nyaman untuk ditinggali. Kira-kira kenapa, ya?

Nah, untuk menjawab pertanyaan di atas, berikut ini Hipwee rangkumkan 9 alasan yang membuat kenapa traveling ke luar negeri justru bisa membuat kamu semakin cinta sama negara sendiri:

1. Kenyamanan Paling Sederhana Adalah Soal Cuaca. Iklim Indonesia Relatif Stabil, Tanpa Dingin yang Menusuk Tulang Atau Panas yang Benar-Benar Membakar

Cuaca di Indonesia lebih bersahabat via www.republika.co.id

Advertisement

“Kalau lagi traveling di Indonesia, belum pernah menghadapi cuaca ekstrem yang misalnya minus sampai belasan derajat. Beda kan sama di luar ada yang suhunya kalau dingin sampai minus?”

Gatri, 27, Jerman

Tinggal atau liburan di negara bersalju tentu jadi mimpi bagi banyak masyarakat Indonesia yang akrab dengan cuaca panas di sini. Namun ternyata sepanas-panasnya tinggal di Indonesia tetap lebih nyaman daripada harus menghadapi udara dingin di bawah minus belasan derajat yang menyiksa tubuh. Ketika traveling ke luar negeri yang cuacanya cukup ekstrem, kamu akan punya alasan yang sederhana untuk kangen Indonesia.

2. Selain Soal Rasa dan Selera, Hal yang Membuat Orang Rindu Pada Indonesia Adalah Makanan Murah yang Bertebaran Di Mana-Mana

Makanan murah bertebaran di mana-mana via gulanyagulali.blogspot.com

“Yang paling enak dari adalahIndonesia, makanan senikmat nasi Padang masih dibanderol dengan harga murah. Paling sekitar 20 ribu sekali makan. Nah kalau di luar? Tobat deh…”

Oktavia, 23, Singapura

Selain soal rasa, traveling ke luar negeri bisa bikin dompetmu menciut untuk urusan makan. Memang sih kamu bisa saja memasak untuk menghemat pengeluaran, namun sayangnya tidak setiap waktu hal tersebut bisa dilakukan. Misalnya saja jika ternyata hostel tempatmu menginap tak menyediakan dapur. Belum lagi kalau kamu lagi malas masak. Kondisi ini sangat berbeda jika dibandingkan dengan Indonesia di mana harga makanan murah bisa dengan mudah kamu temui. Dengan uang Rp.10.000 misalnya kamu sudah bisa menikmati sebungkus gado-gado dengan porsi besar dan rasa enak.

3. Traveling Ke Luar Negeri Akan Mengajarkanmu Betapa Mudahnya Berkomunikasi Dengan Bahasa Ibu: Ketika Mau Bicara, Tak Perlu Bingung Urusan Bahasa

kemudahan dalam berbahasa via edition.cnn.com

“Kalau lagi di luar paling sih tantangannya bahasa ya. Berhubung gue suka ribet sama bahasa asing. Padahal ‘kan ada banyak hal penting yang harus gue tahu, misalnya nih apakah makanan yang dihidangkan halal atau enggak. Kalau di Indonesia ‘kan gak akan ada yang namanya susah komunikasi.”

Josh, 26, Semarang

Salah satu tantangan traveling ke luar negeri adalah masalah bahasa. Bukan cuma Bahasa Inggris saja tapi bahasa lainnya.  Berpetualang ke negara orang memang mengharuskan kita bisa menjadi penyintas, termasuk dengan mengeluarkan usaha ekstra soal bahasa. Ketika berada di Indonesia tentu kamu dengan mudahnya bisa bercas-cis-cus dengan orang lain. Sementara di negara orang hal tersebut belum tentu bisa terjadi. Dengan sesekali berkelana ke negara yang berbeda maka kamu akan merasakan betapa nikmatnya mengobrol dalam bahasa Indonesia.

Banyak juga orang yang tinggal lama di luar negeri mengakui bahwa salah satu kebahagiaan terbesar adalah saat bisa ketemu sesama orang Indonesia. Mereka berujar, “Senang bisa ketemu sesama Indonesia, jadi bisa ngobrol pakai bahasa sendiri”. Yah kecintaan kamu pada bahasa Indonesia akan begitu terasa ketika suatu saat nanti kamu punya kesempatan untuk merasakannya sulitnya bertemu dengan orang yang menggunakan bahasa kita.

4. Ketika Melancong ke Luar Negeri, Kamu Akan Tersadar Kalau Kebiasaan Melempar Senyum Pada Orang Tidak Dikenal Itu Sangat Khas Indonesia.

orang indonesia ramah via orangindonesiaramah

“Kalau lagi traveling ke luar negeri gue jadi orang yang paling jarang senyum. Khususnya di negara maju ya, budaya senyum sama orang lain itu cuman di Indonesia. Dan itu yang bikin kangen.”

Mona, 22, Yogyakarta

Keramahan masyarakat Indonesia itu ternyata gak cuma mitos loh. Beberapa orang yang punya kebiasaan berlibur atau bahkan tinggal di luar negeri mengatakan bahwa melempar senyum kepada orang yang tak dikenal itu adalah identitas yang Indonesia banget. Ketika kamu melangkahkan kaki ke luar negeri dan merasakan atmosfer di sana, kamu akan merasa bahwa keramahan masyarakat Indonesia yang bisa dijumpai hampir di setiap sudut kota adalah keistimewaan yang tak tergantikan.

Tidak hanya orang Indonesia di luar negeri yang merasakan bahwa budaya ramah itu identik dengan Indonesia, wisatawan asing yang datang ke negara kita pun mengakui Indonesia memiliki penduduk yang ramah dan gemar tersenyum, meskipun ke orang yang tak dikenal!

5. Kalau Soal Wisata Alam Kita Perlu Berbangga. Alam Indonesia Itu Paling Juara.

Keindahan alam Derawan via lolosianipar.wordpress.com

“Keindahan alam Indonesia itu yang paling top. Belum ada yang menandingi deh!”

Randy, 30, Jakarta

Berlibur ke luar negeri bikin kamu semakin percaya semboyan “Indonesia negara kaya” itu memang benar adanya. Keindahan alam Indonesia mulai dari puncak gunung hingga di dalam lautan memang patut dibanggakan. Ketika kamu berlibur ke luar negeri, kamu akan semakin bersyukur bahwa Indonesia punya harta karun yang sangat luar bisa dan harus terus dijaga.

Sederet nama destinasi wisata seperti: Bali, Derawan, dan Raja Ampat pun sukses mendunia. Kamu bisa membuktikannya ketika traveling ke luar negeri lalu membandingkan dengan keindahan alam kita yang sulit disaingi. Dengan menjejakkan kaki di negeri seberang membuat kamu semakin bersyukur karena tinggal di negara yang potensi alamnya seringkali membuat masyarakat dari negara lain iri.

6. Cara Bercanda Orang Dari Setiap Negara Itu Berbeda: Jadi Kalau Ketemu Sesama Indonesia Itu Rasanya ‘Surga’

Beda negara beda cara bercanda via danslee.wordpress.com

“Yang bikin kangen sama Indonesia tuh jokes-nya yang seselera. Kalau kita ngobrol sesama turis dari beda negara, suka gak nyambung lucu-lucuannya. Kadang gue ketawa biar menghargai aja, hahaha…”

Randy, 30, Jakarta

Ya setiap negara tentu memiliki kebiasaan, kebudayaan, dan bahkan cara bercanda yang berbeda-beda. Istilahnya tuh tiap negara punya ‘gaya’ leluconnya masing-masing. Jadi misalnya nih orang Indonesia ketemu sama orang Belanda, kalau salah satu melempar jokes belum tentu yang lainnya mengerti dan jadi ingin ketawa. Karena bisa jadi apa yang menurut mereka lucu justru gak lucu buat kita dan sebaliknya. Perbedaan gaya berbahasa inilah yang juga akan membuat kamu kangen sama Indonesia.

7. Tantangan Bagi Pelancong Muslim di Luar Negeri Adalah Terbatasnya Makanan Halal. Kamu Akan Rindu Indonesia, yang Makanan Halal-nya Bertebaran di Mana-Mana

Ekstra hati-hati dalam pemilihan makanan via deqna07.wordpress.com

“Bagi traveler muslim, soal makan yang sering bikin pusing. Harus selektif dan hati-hati, tapi selama ini masih bisa diatasi sih”

Razyan, 21, Jakarta

Traveling ke luar negeri bagi pemeluk agama Islam sedikit membawa kekhawatiran karena banyak makanan berlabel non-halal. Kamu pun harus jadi lebih selektif mulai dari melihat kandungan dari setiap menu makanan yang ditawarkan. Jangan pernah ragu untuk bertanya apakah makanan yang ingin kamu pesan mengandung daging yang dilarang untuk dimakan atau tidak. Hal berbeda terjadi di Indonesia. Dengan mayoritas penduduk beragama Muslim kamu bisa dengan lebih leluasa memesan makanan tanpa harus merasa khawatir dengan kandungan di dalamnya. Jalan-jalan ke luar negeri bisa jadi membuat kamu semakin mencintai negara ini. Kemudahan mencari makanan halal adalah nilai plus yang dimiliki oleh Indonesia.

8. Jika Biasanya Kamu Minder Dengan Warna Kulitmu, Traveling ke Luar Negeri Membuatmu Justru Mensyukuri Kulit Khas Indonesiamu

Bangga dengan kulit khas Indonesia via www.hipwee.com

“Kadang gak percaya tapi pas traveling ke Amerika, mereka bilang warna kulit kaya saya ini dianggap keren di sana. Bahkan mereka cerita rela berjemur supaya warna kulitnya bisa kecoklatan :p”

Arina, 19, Malang

Rata-rata warna kulit orang Indonesia berwarna sawo matang yang memang dimasukkan ke dalam kategori kulit dengan warna ‘gelap’. Tak jarang warna kulit seperti ini membuat sebagian dari kita merasa minder. Namun ternyata ketika ketika jalan-jalan ke luar negeri warna kulit sawo matang yang terlihat begitu Indonesia dinilai sebagai warna kulit yang cantik dan eksotis. Banyak penduduk khususnya yang berasal dari Amerika atau Eropa menilai bahwa warna kulit penduduk Indonesia adalah warna kulit yang baik. Dengan menjejakkan kaki sesekali di negara-negara seperti itu maka kita akan semakin bangga menjadi orang Indonesia karena dianugerahi warna kulit seperti ini.

9. Masakan Indonesia Itu Paling Pas di Lidah: Mau Seenak Apapun Makanan Luar Tetap Gak Bisa Saingan Sama Makanan Khas Bumi Ibu Pertiwi

Kuliner Indonesia terenak via artmospher.blogspot.com

“Pokoknya kalau lagi di luar negeri yang paling bikin kangen itu masakannya. Indonesian food is the best!”

Oktavia, 23,  Singapore

Sudah bukan rahasia lagi kalau masakan Indonesia yang kaya akan bumbu selalu sukses membuat siapa saja rindu. Sebut saja beberapa makanan seperti rendang, sate, atau nasi goreng yang menjadi kuliner paling dirindukan setelah lama berada di luar negeri. Dengan mencoba traveling ke luar negeri maka kamu akan semakin meyakini bahwa makanan Indonesia adalah makanan paling nikmat seantero dunia.

Tidak hanya soal cita rasa, keanekaragaman makanan daerah juga menjadi keistimewaan yang dimiliki oleh Indonesia. Ketika kamu nanti mencoba berkelana ke luar negeri, coba deh bandingkan makanan khas negara yang kamu kunjungi dengan yang ada di Indonesia. Bisa dipastikan kamu akan tercengang ketika menyadari bahwa kuliner di Indonesia itu ada banyak banget.



Hipwee rasa banyak alasan kenapa traveling ke luar negeri tidak lantas memangkas rasa nasionalisme dan justru menimbulkan rasa kecintaan yang lebih besar kepada Indonesia. Berada jauh dari negara sendiri akan mengajarkan kita bahwa meskipun Indonesia punya banyak kekurangan, toh pada akhirnya tempat ini menawarkan kenyamanan dan kehangatan yang tidak dimiliki oleh negara lainnya. Sungguh tempat berlindung di hari tua; tempat akhir menutup mata. 🙂