Mungkin mendengar kata pernikahan akan membuatmu pusing seratus keliling. Mengingat usia dan kesiapanmu menghadapi kenyataan hidup masih terlalu muda. Tapi nggak ada salahnya buat kamu untuk mempersiapkannya dari jauh-jauh hari. Nggak perlu persiapan heboh seperti menabung untuk KPR, biaya resepsi, dan sebagainya. Persiapan kecil yang jarang dilakukan orang lain. Hem!

Buat kamu para traveler, sudah melakukan persiapan apa untuk pernikahanmu nanti? Yang simpel, persiapkanlah sebuah atau beberapa buah nama untuk anak-anakmu kelak! Simpel tapi penting. Sering diabaikan, tapi penting bagnet! Nah, kali ini Hipwee Travel akan memberimu sedikit contoh nama yang bisa kamu pakai untuk buah hatimu kelak, sesuai dengan hobimu yakni traveling. Seperti apa? Nih!

Buat kamu yang suka berwisata bahari, mungkin nama Saraswati bisa kamu sematkan untuk anak gadismu nanti. Tambahin Sundari, yang berarti catchy!

Mengalirlah kebijaksanaan dari putrimu! via blog.8share.com

Sundari Saraswati. Bagaimana kedengarannya? Buat kamu yang suka wisata bahari, nama ini cocok buat anak perempuanmu loh. Sundari berarti cantik, sementara Saraswati berarti yang mengalir. Cantik yang selalu mengalir dari aura anak gadismu kelak. Dalam kepercayaan Hindu, Saraswati adalah nama seorang dewi ilmu pengetahuan, seni, dan juga kebijaksanaan. Nah, lengkap deh tuh artinya.

Kalau anakmu nanti cewek, berikan saja nama Sriwedari, seperti nama taman di Surakarta yang berarti Taman Surga. Girly banget, ya?

Secantik taman surga~ via surakarta.go.id

Advertisement

Seperti nama taman di Surakarta, nama Sriwedari pas banget buat anak perempuanmu nanti. Diambil dari bahasa Sansekerta, Sriwedari berarti taman surga. Ya, harapannya, semoga saja anak gadismu nanti menjadi simbol sebuah harapan dan keindahan bagi setiap orang. Gimana, cantik, bukan?

Buat yang suka mendaki gunung, kayaknya nama Giri juga keren. Bisa kok buat cowok atau cewek.

Giri Kirana. 🙂 via tresnabuana.wordpress.com

Kamu yang suka banget mendaki gunung dan telah menaklukkan banyak gunung, kamu bisa pakai nama Giri untuk anakmu nanti. Dari bahasa Sansekerta, Giri berarti gunung. Nama ini kayaknya cocok deh buat cowok atau cewek.

Kalau nama Giri menurutmu kurang asyik, ambil saja nama Mahameru dan Rinjani. Sepasang nama yang apik buat kedua anakmu nanti.

Mungkin nama gunung Mahameru dan Rinjani bisa jadi inspirasi buat nama kedua anakmu nanti. Apalagi kamu udah pernah mendaki gunung ini. Bareng pasangan halalmu lagi. Nah, nggak ada alasan lagi dong buat kasih kedua nama ini untuk anak-anakmu nanti.

Kalau nama Candra sudah biyaza, cobalah nama Candrakumara buat anak lelakimu nanti. Putra Rembulan, gimana?

Putra sang Rembulan. via mysticinvestigations.com

Nama candra mungkin udah banyak kamu jumpai. Coba deh nama Candrakumara atau yang lebih simple, Raka. Buat kamu yang suka camping di gunung tepat di bawah sinar rembulan, kedua nama tersebut sepertinya cocok buat nama anakmu nantinya.

Sebuah nama sering diambil dari waktu si anak lahir. Nama Taracandra juga bisa buat anakmu yang lahir di bawah sinar bulan dan bintang.

Di bawah sinar bulan dan bintang. via www.vallamai.com

Diambil dari bahasa sansekerta, nama Taracandra kayaknya cocok buat anakmu nanti. Apalagi kalau kamu/istrimu melahirkan di bawah sinar bulan dan matahari. Kesannya itu kayak pangeran yang lagi berkuda, muncul dari balik sinar purnama. Atau kayak putri yang lagi berdiri di balik sinar bulan purnama, siluet-siluet cantik gitu deh. Cantik banget!

Masih berdasarkan waktu kelahiran, berikan nama Aruna buat anakmu yang lahir pada saat matahari terbit. Kalau fajar udah banyak sih, ya~

Nama Fajar memang keren, tetapi nama Aruna lebih unik dan catchy didengar. Kalau anakmu lahir pada saat subuh atau ketika matahari mulai terbit malu-malu, nama Aruna bisa jadi pilihan sih buatnya. Cantik banget buat nama cewek. 🙂

Karena Indonesia berada di sepanjang garis khatulistiwa, berikan nama Khatulistiwa saja pada anakmu. Jangan berasumsi nama ini sebagai garis khayal ya!

Menjelajahlah hingga pelosok dunia, anakku! via northfaceoutletweb.net

Garis khatulistiwa memang merupakan garis imajiner yang membelah Bumi menjadi dua bagian, Bumi bagian utara dan Bumi bagian selatan. Comot saja nama Khatulistiwa buat nama anakmu nanti. Tapi dengan pemaknaan lain, ya. Jangan mengartikannya sebagai garis pemutus, ya, tetapi garis penghubung! Gokil, kan? Yoih!

Jalesveva Jayamahe, nama yang gagah buat anak lelakimu nanti. Istilah dari TNI AL yang berarti Di Lautan Kita Jaya. Gahar, ‘kan, ya?

Semboyan ini sering kali digemakan oleh TNI AL yang akhirnya menjadi semboyan tetap milik mereka. Sesuai dengan arti harfiahnya, Jalasveva mengandung arti air, sementara Jayamahe berarti kita berjaya. Kalau menurutmu frasa ini terlalu panjang, ambil saja kata Jalesveva buat nama anak lelakimu nanti. Nah, cocok banget buat anak cowokmu, Gaes! Perkasa di lautan!

Siapa sih yang nggak pengin anaknya jadi seorang pemberani? Ekawira, Dirandra, Mahawira, dan Sadawira, tepat buat nama anakmu yang berani dalam kebaikan.

Sang pemberani. via commons.wikimedia.org

Buat kamu yang terlalu takut untuk mendaki gunung atau menghadapi kerasnya dunia alam bebas, titiskanlah nama Ekawira, Dirandra, Mahawiram dan Sadawira pada anakmu. Dari keempat nama ini, Ekawira (berjiwa berani), Dirandra (pemberani), Mahawira (yang paling berani di antara para lelaki), atau Sadawira (nggak kenal takut), tentu banyak harapan yang kamu sematkan pada anakmu. Jadilah seorang yang berani dalam kebaikan!

Nah, begitu variatif, bukan? Tiada nama yang tak baik. Semua nama yang orangtua berikan tentu mengandung arti yang baik. Penuh doa dan cinta dalam nama yang orangtuamu berikan. So, apapun nama anakmu kelak, semoga jadi anak yang berguna bagi siapapun. Dan, semoga nggak suka merusak alam, kayak traveler alay. :p