Valentine’s Day tinggal beberapa hari lagi, nih. Kebetulan pula Hari Kasih Sayang tahun ini jatuh tepat di hari Sabtu, jadi kadar kengenesan kaum jomblo dalam menyambut malam Minggu kayaknya bakal dobel, deh. Nah buat kamu yang udah punya orang terkasih, sudahkah kamu punya rencana buat menghabiskan Hari Valentine bersamanya?

Jangan cuma ngabisin Valentine’s Day dengan duduk manis di restoran. Bertualang adalah cara seru buat menghabiskan akhir pekan nanti. Kalau kamu masih bingung mau ke mana, nih Hipwee kasih kisi-kisi tempat-tempat yang seru buat merayakan Hari Valentine bareng orang terkasih.

1. Rayakan sisi lain Hari Valentine dengan body-rafting menyusuri indahnya tebing-tebing Green Canyon Pangandaran, Jawa Barat.

Valentinan di Green Canyon via www.travelnesian.com

Merayakan Valentine’s Day bareng pasangan gak mesti dengan dinner romantis di restoran mewah yang bikin pegal. Ajak aja dia ke Green Canyon yang terletak di Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Pengalaman menyusuri aliran air yang kehijauan dengan body-rafting dijamin bakal bikin Hari Kasih Sayang kalian menjadi terasa spesial.

Kalau malas basah-basahan, kamu juga bisa menyusuri tempat ini dengan perahu. Lalu, tutup hari itu dengan menikmati sunset di Pantai Batu Karas yang hanya berjarak 15 menit dari Green Canyon.

2. Jalan-jalan di kahyangan itu bukan mimpi. Bersamanya coba nikmati indahnya Puncak B29 di kawasan Bromo, Jawa Timur.

Advertisement

Puncak B29 Argosari via asli-jepret-lumajang.blogspot.com

Pas Valentine, jangan cuma terpaku pada pakem untuk kasih coklat dong. Ajak si dia jalan-jalan ke tempat yang seindah kahyangan, pasti bakal bikin pasangan kamu makin cinta. Kahyangan yang Hipwee maksud bernama puncak B29, sebuah bukit dengan ketinggian 2.900 mdpl yang terletak di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, tepatnya di Desa Argosari, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang.

Panorama perbukitan hijau menghampar indah dan sesekali diselimuti kabut dan awan. Berjalan di sini tuh romantis banget, bagaikan berjalan di kahyangan. Momen Valentine-mu dijamin bakal kalian kenang selamanya.

3. Mau menikmati Valentine yang romantis dengan sedikit bumbu “erotisme” yang antik? Datang aja ke Candi Sukuh di kawasan wisata Tawangmangu, Jawa Tengah.

Candi Sukuh via emeyemey.blogspot.com

Jangan skeptis dulu sama kata-kata “erotisme”. Hipwee bukan mau ngajarin nakal ke kamu kok, melainkan mau ngajak kamu menghabiskan Hari Valentine di Candi Sukuh yang berada di Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Candi Hindu ini emang unik. Selain bentuknya lebih mirip piramida suku Aztec, relief-reliefnya juga menggambarkan simbol-simbol seks. Itu yang bikin candi ini terkesan antik dan sedikit… hmm, erotis. Hehehe.

4. Pesona sunset memang bisa kamu nikmati di mana aja. Tapi, salah satu yang paling cantik ada di Embung Nglanggeran.Nah, kenapa tidak melewati senja Hari Valentine di sana?

Senja di Embung Nglanggeran via twitter.com

Siapa yang gak kenal gunung api purba Nglanggeran? Selain mudah didaki, tempat ini juga menawarkan panorama Gunung Kidul luar biasa dari ketinggian 700 mdpl. Nah, kalau kamu mau menikmati sunset berdua dengan pacarmu di hari Valentine, datang aja ke Embung Nglanggeran yang letaknya gak jauh dari Puncak Ngalanggeran. Salah satu sunset paling cantik di Jogja bakal menyajikan suasana romantis saat kamu mengucapkan kata cinta padanya.

5. Berniat untuk Valentine di Bali tanpa harus berebut spot dengan pasangan lain? Pantai Tegalwangi di Jimbaran adalah tempat yang mesti kamu tuju.

Pantai Tegalwangi via www.titofebrian.com

Menikmati Hari Valentine di Bali emang menarik. Tapi, di mana-mana pasti bakal ramai dengan pasangan-pasangan muda. Biar kamu mendapatkan suasana romantis yang lebih privat, kamu mesti mencari tempat yang agak “tersembunyi”, dong.

Nah, Pantai Tegalwangi yang bisa kamu capai dengan menyusuri jalan setapak dari kawasan Jimbaran ini adalah pilihan yang pas. Kamu dan si dia bisa menikmati keheningan sembari duduk duduk di balik karang atau bersantai di atas tebing, ditemani pemandangan pantai yang sama cantiknya dengan Pantai Uluwatu.

6. Romantisnya menggandeng tangan kekasih ditemani gemerisik rumput ilalang bisa kamu wujudkan di Bukit Rimpi, Kalimantan Selatan.

Bukit nan hijau ini mungkin bakal mengingatkanmu pada tempat tinggal makhluk-makhluk lucu Teletubbies. Atau, mungkin malah menerbangkan ingatanmu pada bukit hijau yang menjadi wallpaper desktop Windows zaman dulu? Yang manapun, bukit ini menyajikan pemandangan luar biasa yang tentunya menarik untuk dijelajahi saat Valentine’s Day bersama orang terkasih.

Bukit Rimpi berada di kota Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan. Untuk sampai ke desa ini, kamu perlu menempuh dua jam dari Banjarmasin. Di dekat Bukit Rimpi, ada Bukit Lintang yang pemandangannya juga gak kalah indah.

7. Pintal cintamu dengan kuat di Air Terjun Benang Kelambu yang aliran airnya bagaikan benang laba-laba.

Air Terjun Benang Kelambu via andrants86.blogspot.com

Valentine adalah salah satu momen untuk semakin mempererat perasaan kamu dan dia. Ajak dia menuju kaki Gunung Rinjani, tepatnya ke Dusun Pemotoh, Desa Aik Berik, Kecamatan Batu Keliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah, NTB. Aliran air terjun ini bagaikan pintalan benang laba-laba yang membentuk kelambu tipis, menyihir kalian dengan pesonanya yang magis.

8. Kasih sayang gak cuma buat pasangan. Berikan juga rasa pedulimu pada kawanan orangutan di Taman Nasional Tanjung Puting.

Berbagi dengan orangutan di Tanjung Puting via www.wildencounters.net

Kasih sayang tak cuma milik kamu dan dia, tapi juga milik makhluk hidup di sekitar kalian. Datanglah ke Taman Nasional Tanjung Puting, Kalimantan Tengah. Beberapa orangutan tampak malu-malu, sementara yang lainnya gak ragu untuk mendekati dan menyapamu. Bagilah kepedulianmu dengan bercengkerama dan memberi sediki makananmu pada makhluk eksotis yang langka ini.

9. Bungkus perjalanan ini dengan mengunjungi Dusun Wae Rebo, NTT. Di sini kalian akan belajar bahwa cinta yang baik selalu dimulai dari hal-hal sederhana

Kampung Wae Rebo via twitter.com

Mumpung momennya pas, ajak dia menemukan makna baru dalam hubungan kalian dengan menjamah kearifan lokal dari penduduk tradisional yang diwariskan turun temurun. Dusun Wae Rebo yang terletak di Manggarai Barat, Flores, NTT, ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk kalian.

Dusun ini gak cuma indah, tapi kultur penduduk lokal yang jauh dari kekerasan dan menjunjung tinggi kesederhanaan juga akan memberi makna baru tentang kasih sayang yang kamu percayai. Melalui mereka, kamu bisa belajar makna cinta dan kerendahan hati. Romantis dan bikin hati adem deh, pokoknya!

Kasih sayang di Hari Valentine tak perlu melulu diungkapkan dengan cokelat. Valentine juga gak perlu melulu dirayakan bareng pacar, bisa dengan keluarga maupun sahabat. Yang, penting, kamu bisa memanfaatkan momen ini dengan berbagi, entah itu pengalaman ataupun kenangan.

Nah, gak perlu bingung lagi kan mau ngapain pas Valentine?

Kredit feature image: Jalan2terus