Indonesia selain alamnya indah dan kaya, budayanya juga paripurna loh. Barangkali wisata alam hanya mampu menarik traveler untuk datang. Namun, budaya lah yang membuat mereka tetap tinggal untuk waktu yang relatif lama. Nah, budaya suatu destinasi wisata biasanya terbungkus oleh event berbentuk festival. Tahun 2016 ini banyak sekali festival keren yang patut kamu datangi, gaes! Surganya para pecinta festival nih.

Salah satu festival paling keren di Indonesia tahun 2016 ini adalah hajatan bertajuk Dieng Culture Festival edisi ke 7. Festival kebudayaan ini selalu dihelat tiap tengah tahun di Dataran Tinggi Dieng. Ada banyak sekali acara menarik dan pesona budaya yang bikin kita nggak bakal kecewa setelah pulang dari sana. Tahun lalu saja tak kurang 20.000 pengunjung membanjiri venue Dieng Culture Festival ke-enam. Wow!

Nah, kali ini Hipwee bakal bahas Dieng Culture Festival yang bakal diadain 5-7 Agustus nanti. Biar kamu tau kenapa kok DCF ini selalu dibilang sebagai festival kebudayaan paling romantis di Indonesia. Ini dia beberapa keistimewaannya.

DCF diadakan setahun sekali dan selalu di musim kemarau. Kamu tau betapa dinginnya Dieng saat itu? Ya, bisa sampai minus. Brrrr….

dingin banget bray… via www.sociotraveler.com

Event Dieng Culture Festival ini sudah diadakan 6 kali dan pada awalnya dibantu oleh mahasiswa yang sedang KKN di Dieng. Event yang awalnya kecil-kecilan itu tiap tahun kian ramai dan kini telah memasuki tahun ke-7. Gilanya adalah, DCF selalu diadain pas musim kemarau, ya antar Juli-Agustus lah. Saat-saat di mana suhu di Dieng mencapai minus 2 derajat! DCF tahun 2014 saya menggunakan tenda di camp area. Eh, dingin banget Bray! Masa, pagi-pagi dapat bongkahan es batu di atas tenda! Gila aja. Kapok deh. Mulai saat itu saya selalu memilih homestay. Apalagi yang ada air hangatnya. Hehehe.

Kamu suka music Jazz? DCF bakal bikin Jazz Atas Awan yang bikin suasana romantis banget!

Advertisement

jazz atas awan, syahdu via www.sociotraveler.com

Ini nih yang ditunggu-tunggu para pecinta musik se-antero negeri, Jazz Atas Awan. Gini, Jazz kan biasanya ditonton di Cafe ya atau setidaknya festival musik di suatu kota. Nah, ini kerennya Jazz Atas Awan dilakukan tepat di depan Candi Arjuna Dieng plus di ketinggian lebih dari 2000 mdpl. Keren gak tuh? Suasananya syahdu bin romantis bener, deh. Apalagi pas kamu nonton Jazz sama kekasih kamu. Aiiihhh, serasa Jazz-nya milik kalian berdua! Hahaha. Serius, Jazz Atas Awan keren banget.

Bikin malam kamu jadi gemerlap dengan menerbangkan lampion ke langit Dieng! Malam itu tak akan bakal kamu lupakan!

indahnya malam dieng penuh lampion via www.sociotraveler.com

Gimana sih perasaan kamu bikin lampion terus menerbangkannya sendiri? Lebih-lebih kamu bikin Make a Wish juga waktu nerbanginnya. Asli, memorable banget! Baiknya sih rame-rame bersama kawan buat nerbangin lampion. Rasanya seneng banget deh bikin malam di Dieng gemerlap penuh kerlip lampion bersanding dengan bintang malam.

Aiiihhh, temeni Abang, Dek.

Kalau laper, kamu bisa nikmati kuliner Dieng yang melegenda, Mie Ongklok. Trus sekalian belanja oleh-oleh Carica buat keluarga di rumah.

hmmm, yummy… via www.kabarjempol.com

Keliling Dieng dengan acaranya yang banyak banget tentu bikin perut keroncongan ‘kan ya? Nah, setelah puas berkeliling ada baiknya kamu coba makanan khas Dieng yaitu Mie Ongklok. Maknyuss deh. Habis itu kamu bisa cari oleh-oleh khas Dieng. Buah tangan paling terkenal dari Dieng sih carica. Kamu juga bisa cicipi Purwaceng, gaes. Minuman ini bisa bikin kamu ‘panas’ lagi. Hehehe.

 

Beruntungnya kamu, travelers! Ada banyak sekali destinasi wisata yang bisa kamu datangi. Beberapa di antaranya gratis, loh.

Dieng Plateau ini memang kawasan yang unik. Dataran tinggi ini tergolong sangat vulkanis dengan aktivitas perut bumi yang cukup aktif. Nah, karena itulah muncul beberapa destinasi wisata yang menarik. Selama DCF, sempatkanlah untuk mengunjungi beberapa tempat. Kamu bisa kunjungi Kawah Sikidang, Candi Arjuna (venue utama), Telaga Warna, Bukit Pangonan, Puncak Sikunir, Telaga Merdada, Telaga Cebong, Museum Kailasa, hingga Dieng Theatre. Tiga destinasi yang pertama disebut masuknya gratis, sudah termasuk dalam tiket VIP Dieng Culture Festival. Asyik-asyik.

Sebagai sajian penutup, ritual cukur rambut gimbal Dieng Culture Festival bakal bikin petualanganmu di Dieng makin sempurna!

ritual cukur rambut gimbal via www.sociotraveler.com

Agenda utama Dieng Culture Festival adalah ritual cukur rambut gimbal. Oke, bagi yang belum tau, di Dieng itu lazim jika anak-anak punya rambut gimbal sebagian. Anak-anak yang punya rambut gimbal suatu saat harus dicukur gimbalnya dalam sebuah ritual adat. Si anak berhak meminta imbalan untuk kesediannya dicukur ini. Ada yang meminta kambing, kulkas, TV, sepeda bahkan lucunya ada yang minta es lilin! Apapun permintaannya harus dituruti. Nah, ritual setahun sekali ini dilakukan sewaktu Dieng Culture Festival. Menarik ‘kan? Sebuah budaya yang bisa menjadi atraksi wisata. Makin komplit deh DCF!

Satu lagi, mengingat lokasinya agak jauh dan bakal ramai pengunjung, lebih baik kamu bergabung dengan Travel Organizer ketimbang ke sana sendiri

negeri atas awan, ramean lebih seru via www.instagram.com

Wah, aku tertarik banget nih ke DCF!

Tapi kesananya gimana, ya?

Mungkin banyak di antara kamu yang bertanya, gimana cara ikutan Dieng Culture Festival. Satu hal yang pasti kamu harus cari tiket DCF ke pihak penyelenggara DCF 2016. Nah, abis itu kamu harus nyari kendaraan ke Dieng, penginapan di sana serta tetek bengeknya selama 3 hari di sana. Sulitnya adalah para peserta lain juga berebut tiket maupun penginapan. Jadi kadang makan hati, ‘kan? Apalagi misal udah booking ini itu ternyata ada acara dadakan yang bikin kamu ga bisa datang ke Dieng. Wah, rugi bandar dong.

Sekedar saran sih, lebih baik kamu bergabung dengan penyedia jasa trip Dieng Culture Festival yang sudah ada. Biasanya meeting point-nya kalau nggak Purwokerto ya Jogja. Kamu nggak perlu mikir tiket DCF, transportasi ke sana, penginapan sampai makanmu di sana. Toh, harganya kalau ditotalkan dengan ngurus sendiri nggak beda jauh. Sama saja. Bahkan serunya kamu bisa dapet kawan baru buat menikmati romantisnya DCF. Hemmm, kadang jodoh bisa nyelip di antara mereka kan? Hahaha.

Seru ‘kan? Itu sih alasan kenapa kamu harus datang ke Dieng Culture Festival ke-7 tahun ini. Yakin mau ngelewatin (lagi) acara kece ini? Catat tanggalnya ya, 5-7 Agustus harus kamu lingkari merah. Ajak kawan-kawanmu dan nikmati romantisnya Dieng Culture Festival 7, ya.

ajak Hayati kesana, Mz… via www.sociotraveler.com

Jangan datang piyambakan, Mas Mbak!

Credit Feature Image :

http://www.instagram.com/p/6AQj3-Su-c/?taken-by=sociotraveler