Kabar mengejutkan datang dari salah satu gurun terbesar di dunia, padang pasir Sahara. Untuk pertama kalinya dalam 37 tahun, fenomena langka ini kembali terjadi. Ya, bayangkan saja salah satu gurun terpanas di dunia ini permukaannya ditutupi salju yang putih dan dingin. Padahal sehari-hari panas gurun ini bisa mencapai 52 derajat celcius lho. Kamu termasuk orang yang beruntung bisa melihat fenomena langka ini. Yuk simak ceritanya!

Fenomena salju yang turun di padang pasir pertama terjadi 37 tahun lalu dan menutupi permukaan gurun panas ini

Ditutupi salju via www.boredpanda.com

Pertama kali dalam sejarah, salju turun di bagian Ain Sefra, Aljazair tepatnya pada bulan Februari 1979. Mungkin sebagian besar kita belum lahir pada waktu itu dan penampakannya mungkin nggak semudah yang kamu lihat sekarang. Ain Sefra yang disebut juga sebagai pintu gerbang untuk masuk ke gurun ini merupakan tempat terakhir kali ditemukannya permukaan yang bersalju. Saat itu sedang terjadi badai salju selama setengah jam dan langsung menutupi bagian permukaan dengan warnanya yang putih.

19 Desember lalu, seorang fotografer amatir kembali mengabadikan momen langka tersebut di gurun Sahara bagian utara

Ini adalah momen langka kedua kalinya via 3.bp.blogspot.com

Dan ternyata, fenomena ini terjadi 37 tahun kemudian di tempat yang sama, Ain Sefra, Algeria. Pada 19 Desember 2016 lalu, seorang fotografer amatir bernama Karim Boucheta mengabadikannya. Karim mengatakan kalau permukaan tersebut ditutupi salju kira-kira satu hari saja, setelah itu salju yang menutupi gurun meleleh. Beruntung, Karim bisa mengabadikan momen yang sangat langka ini, di mana gurun pasir terpanas bisa tertutup salju.

Perpaduan salju dan gurun pasir tersebut menghasilkan pemandangan menakjubkan seperti karamel

Advertisement

Menakjubkan! via www.boredpanda.com

Pemandangan ini tentu bikin kita bertanya-tanya sekaligus takjub dibuatnya. Mungkin ini adalah pertama kalinya kamu melihat permukaan gurun pasir ditutupi salju. Pemandangan langka bukan? Dan kalau diperhatikan, perpaduan antara gurun yang coklat dengan salju yang putih seperti ini mirip karamel ya. Atau seperti kue yang ditaburi gula bubuk? Pokoknya momen ini benar-benar bikin takjub deh.

Padahal biasanya, jangan salju, hujan pun hampir tidak pernah turun sepanjang tahun

Padahal ini salah satu gurn terpanas di dunia via www.boredpanda.com

Gurun Sahara memang terkenal sebagai gurun terpanas dan terkering di dunia. Luasnya yang mencapai 9,2 juta kilometer kubik itu membentang dari Samudera Atlantik hingga Laut Merah. Sepanjang tahun hampir tak pernah turun hujan. Makanya, ketika salju menutupi permukaan gurun, fenomena ini menjadi sangat langka. Bayangkan saja, gurun yang tak pernah turun hujan malah ditutupi salju. Suhu di tempat ini aja rata-rata mencapai 52 derajat celcius. Pas banget ‘kan? Dan di musim terdinginnya, gurun Sahara hanya mencapai titik 10 derajat celcius.

Hmm, kira-kira apa ya penyebab turunnya salju di tempat terkering dan terpanas di dunia ini? Apakah ini pertanda bahwa iklim begitu mudah berubah secara ekstrim dan sulit untuk diprediksi?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya