Gimana ya kira-kira wajah kebudayaan kita di masa depan? Apakah masih seperti saat ini, makin maju, atau malah mundur? Kamu nggak perlu nunggu waktunya tiba. Karna kalau kamu ke Jogja sekarang, kamu udah bisa ngerasain gimana perkembangan budaya kita nanti. Sebuah perhelatan baru aja dibuka kemarin, tepatnya Selasa 23 Agustus. Kamu yang tinggal di Jogja pasti udah tau dong ada apa. Yaps, Festival Kesenian Yogyakarta (FKY) ini emang festival paling ditunggu-tunggu masyarakat Jogja khususnya.

Seperti tema yang diusung Masa Depan, Hari Ini Dulu , fokus festival yang ke 28 kali ini emang pada kebudayaan dan perkembangan masa di Yogyakarta. Setiap langkah pasti ada konsekuensi, bukan? Begitu juga dengan budaya. Gimana kita menyikapinya saat ini, akan berefek pada Yogyakarta masa depan. Inilah yang ingin disampaikan. Jadi siap-siap buat ngikutin rangkaiannya ya, ntar nyesel loh!

18 hari rangkaian, jangan sampai kamu ketinggalan banyak hal di festival kebudayaan

Festival satu ini emang ditunggu-tunggu oleh masyarakat Jogja. Nggak sedikit yang sengaja dateng ke kota Gudeg buat ngikutin rangkaian dari FKY ini. Dari awal festival hingga penutupan, FKY selalu bikin puas para pengunjungnya. Makanya FKY juga jadi salah satu daya tarik Jogja. Terbukti, tahun ini adalah ke 28 kalinya festival ini diadain dan selalu ramai! Festival ini bakal berlangsung dari tanggal 23 Agustus hingga 9 September nanti. Meskipun pusat kegiatannya ada di Taman Kuliner Condongcatur Sleman, tapi 16 program besar yang disuguhin bakal tersebar di beberapa tempat. Ikutin ya!

Semua cabang seni dan budaya ada disini, tinggal milih apa yang paling kamu sukai

Pembukaan Festival Kesenian Yogyakarta via beritadaerah.co.id

Advertisement

Namanya juga festival kesenian, pastinya berbagai ragam seni dan budaya hadir dalam rangkaiannya. Mulai dari seni rupa, sastra, tari, teater, sinema, dan lainnya. Tinggal milih ‘kan mau nikmatin seni di bidang apa. Kamu nantinya bakal disuguhin beberapa rangkaian menarik seperti Pameran Perupa Muda, Jogja Video Mapping Project, dan tentunya rangkaian yang paling ditunggu-tunggu, Pasar Seni!

Yang nyesel karna nggak sempet ngikutin Pawai Jalanan kemarin, mungkin Pasar Seni bisa menjadi alternatif lain

Bisa jajan sepuasnya! via scontent-hkg3-1.cdninstagram.com

Kayaknya yang nggak liat pawai kemarin pasti nyesel sih. Soalnya keren banget! Ratusan orang berkontribusi menghadirkan berrbagai seni budaya Indonesia. Mulai dari pakaian adat hingga alat musik khasnya. Nggak heran, jalanan Jogja kemaren bener-bener ramai. Tapi tenang, Pasar Seni yang juga dibuka tadi malam bisa menjadi alternatif kamu buat nikmatin FKY tahun ini. Banyak banget karya seni yang bisa kamu lihat di sana! Nggak cuma dilihat, kamu juga bisa beli. Puluhan stand yang ada di pasar seni ini siap menampung hasrat shopping kamu loh. Dan barang-barang yang dijual juga terbilang unik dan jarang kamu temui di hari-hari biasa. Jangan ampe kelewat lagi ya. Makin nyesel nanti 🙂

Manjain mata sama keindahan karya seni anak bangsa, jangan lupa manjain perut dengan berburu kulineran!

Kuliner tradisional Jogja! via cdn-2.tstatic.net

Nggak cuma buat manjain mata aja, Festival Kesenian Yogyakarta kali ini juga pastinya bikin kamu manjain perut. Soalnya kamu nggak mungkin ngelewatin kesempatan untuk berburu kulineran! Mulai dari jajanan tradisional hingga makanan favorit khas Jogja juga hadir menyemarakkan FKY kali ini. Tunda dulu deh dietnya. Kesempatannya cuma setahun sekali loh!

Lokakarya seni rupa disajikan berbeda, mengangkat masalah yang tertindih di bawah kebesaran nama Jogjakarta

Rangkaian Festival Kesenian Yogyakarta via 2.bp.blogspot.com

Agar bisa ngebayangin gimana wajah Jogja nantinya, FKY menghadirkan lokakarya yang berbeda dari biasanya. Acara ini diadain di 5 tempat yang berbeda, Gunung Kidul, pesantren, penjara wanita, rumah sakit, dan Kauman. Nggak banyak yang tau kalau masing-masih tempat ini punya masalah tersendiri di balik terpujinya kota Jogja. Gunung Kidul misalnya. Destinasi wisata yang mulai menjadi andalan ini, nggak banyak yang tau bahwa ada dusun yang harus hidup dengan ketiadaan pendidikan. Padahal Jogja sendiri disebut-sebut sebagai kota pendidikan. Miris ‘kan?

FKY 28 sudah resmi dibuka oleh Sri Sultan HB X. Saatnya ajak kekasihmu ke sana!

Sri Sultan membuka FKY via www.hipwee.com

Kalau kamu nggak sempet datang diseluruh rangkaian, minimal festival ini kamu jadiin destinasi berakhir pekan. Kalau nggak, nanti nyeselnya sampai tahun depan!