Berakhirnya hubunganmu dengan kekasih hampir pasti selalu membuat dunia terasa serasa runtuh. Pikiran masih selalu tentang dia. Bagaimana tidak, hampir setiap saat kalian selalu memberi kabar dan menghabiskan waktu bersama. Harus diakui dalam tahapan melupakannya kamu masih merindukan kekasihmu, walaupun kamu tahu kembali padanya bukan pilihan yang tepat. Jangan ulangi kesalahan yang sama untuk jatuh cinta lagi kembali padanya. Move on! Carilah suasana baru. Kenapa nggak jalan- jalan aja? Ini nih alasan kenapa jalan – jalan itu penting :

1. Menjauhkan dirimu dari rutinitas dengannya

Let it go via 500px.com

Ketika berpacaran kalian sering melakukan hal ini dan itu secara rutin bersama. Jalan- jalan membuat dirimu lepas dari pola keseharian kamu dan menjaga jarak dari jangkauannya.

2. Fokus pada kebahagiaan dirimu

Smile and be happy via www.theperfectmaleblog.com

Sendiri membuatmu lebih punya waktu untuk dirimu sendiri. Lakukan hal- hal yang membuat dirimu bahagia saat berada di lokasi yang baru. Kamu pantas untuk berbahagia.

3. Hidup itu Indah !

Advertisement

Hidup itu indah via 500px.com

Sadarilah, selama ini mungkin kamu terlalu fokus dengan dirinya. Jangan terpuruk dengan kesedihanmu. Cobalah keluar, lihat dunia sekitarmu. Kelilingi kota, daki gunung, pandangi langit dari tepi pantai. Hidup itu indah bukan?

4. Perbarui cara pandangmu

Cobalah duduk merenung via 500px.com

Walau dunia terasa seperti runtuh, bukan berarti semua hal menjadi buruk. Temui orang – orang baru di tempat barumu, dengarkan kisah mereka lalu ceritakan masalahmu. Banyak juga orang – orang lainnya yang berusaha untuk berbahagia, sama seperti kamu. Dunia tidak benar- benar hancur kok ketika kamu berpisah.

5. Kamu pantas untuk dihargai

Temui sahabat – sahabatmu via 500px.com

Masih banyak keluarga dan sahabat yang mencintaimu. Luangkan lebih banyak waktu untuk mereka. Ajak mereka jalan – jalan dan kamu akan sadar betapa berharganya dirimu bagi mereka.

6. Belajar menghargai perbedaan

Rayakan perbedaan kita via 500px.com

Perbedaan selalu ada di sekitar kita, begitu juga dengan tempat yang baru kita kunjungi. Selain hal – hal sederhana seperi makanan dan lokasi wisata yang baru. Jangan lupa bahwa ada nilai dan norma tertentu yang dijunjung ditempat itu. Memahami perbedaan dan mencoba menyesuaikan diri dapat meningkatkan kualitas kita ketika berhubungan dengan orang yang baru nantinya.

7. Temukan inspirasi

Temukan melalui meditasi via 500px.com

Banyak sekali hal-hal baru yang bisa kamu temukan. Amati hal sekitarmu yang menarik, nikmati musik setempat, dengarkan iramanya. Amati cara berbicara orang – orang yang unik. Belajarlah bahasa mereka, ajak orang setempat untuk mengajarimu berbicara dengan dialek yang tepat. Jangan ragu untuk tertawa lepas ketika kamu gagal.

8. Fokus kembali pada tujuanmu

Berfokuslah kembali via 500px.com

Tidak semua harus kamu perhatikan. Letakkan kembali perhatianmu pada tujuan akhirmu. Berfokuslah pada hal tersebut erta bagaimana cara mencapainya. Jangan salah, pencerahan dan inspirasi lebih sering datang ketika kamu jalan-jalan lho.

9. Menyibukkan pikiranmu dengan hal – hal baru

Siapkan pakaian terbaikmu via www.sheckys.com

Tempat-tempat yang baru berarti juga mempersiapkan segala hal yang baru. Kalau bisa, pergilah ke daerah yang berbeda musim dan suasana. Lalu, pikirkan apa saja yang kamu ingin lakukan di tempat baru, mungkin berpesta, mungkin hidup bersama orang orang yang gaya hidupnya jauh berbeda. Coba pikirkan pakaian apa yang pantas digunakan, pikirkan apa saja yang harus dibawa ketika nanti jalan – jalan. Persiapkan semua dengan baik.

10. Buatlah kenangan – kenangan baru dalam pikiranmu

Buatlah kenangan barumu via 500px.com

Tempat jalan-jalan biasanya juga penuh dengan segala sesuatu yang baru. Oleh karena itu cobalah semua hal-hal baru yang ada disana, makanan aneh, permainan seru, apapun yang menyenangkan. Jangan lupa buat daftar tantangan apa saja yang harus dilakukan. Selesaikan tantanganmu.

11. Menjadi aktif dan berbaur dengan masyarakat asli

cari kenalan yuk via 500px.com

Khususnya ketika hubunganmu dengannya dijalin dalam waktu yang cukup lama yang mana akan sulit juga melupakannya. Sehingga tidak ada salahnya untuk menghabiskan waktu yang cukup lama ketika pergi jalan- jalan. Bergabung di organisasi pemuda sekitar, ikuti aktifitas yang mereka lakukan dalam waktu sebulan atau dua bulan. Ikuti aktifitas apapun yang menyibukkanmu. Terhalang budget? itu gak akan jadi masalah kalo kamu berhasil menjalin komunikasi dan pertemanan dengan orang setempat.

12. Menjadi volunteer dan kesempatan untuk menolong sesama

Ayo jadi sukarelawan via www.womansday.com

Terkadang kita nggak mau kalau jalan-jalan cuma menghabiskan uang dan tidak menghasilkan apa – apa. Kalau gitu, gabung aja di kegiatan volunteer. Banyak sekali kegiatan volunteer diberbagai daerah dari kota hingga pedalaman. Pilihlah yang paling sesuai, baik dalam gerakan lingkungan, di panti asuhan atau yayasan pendidikan. Bukan hanya mendapatkan pengalaman dan teman – teman yang baru, kamu juga bisa menolong orang lain dan merasa lebih baik lagi.

13. Mencintai dirimu sendiri lebih dari biasanya

Love yourself via michellebersell.com

Hal ini terutama kalau kamu memutuskan untuk berjalan- jalan sendirian, apapun yang kamu akan lakukan dan putuskan sepenuhnya ada ditanganmu. Begitu juga dampaknya, entah salah atau benar. Namun ketika itu salah dan kamu harus menerima konsekuensinya, ketika tidak ada orang lain disisimu, siapa lagi yang mampu membantu? Apakah karena suatu kesalahan lalu serta merta kamu menjadi tidak berharga? Tidak pantas dicintai? Tentu saja tidak. Belajarlah memahami dan menerima dirimu seutuhnya.

14. Menantang diri untuk lebih bijak

Kesendirian membuatmu bijak via 500px.com

Apa hal – hal yang selama ini ingin sekali kamu lakukan? jangan ragu, lakukan saja! Sadari bahwa apapun yang terjadi adalah bagian dari dinamika kehidupan. Tantang dirimu sendiri untuk keluar dari zona nyamanmu selama ini, hadapkan dirimu pada berbagai macam pilihan, belajarlah untuk menjadi lebih bijak lagi.

15. Jatuh cintalah kepada hidupmu, berbahagialah!

Cintai duniamu via 500px.com

Masih banyak yang harus kamu lakukan dalam hidup. Buat orang lain bahagia, kamu juga akan merasa bahagia. Hidup tidak serta merta berhenti disini. Kelilingi dunia, lanjutkan hidupmu, jatuh cintalah lagi!