Indramayu memang layak disebut kaya, karena kota ini menyimpan berbagai kekayaan mulai dari alam hingga tradisi dan budayanya. Letak wilayahnya yang berada di pesisir pantai menjadi keunikan tersendiri dalam hal pariwisata.

Tak hanya terkenal dengan wisata pantainya, Indramayu masih menyimpan berbagai destinasi wisata menarik yang layak kamu jelajahi segera. Nah, ragam destinasi wisata apa saja yang dimiliki daerah berjuluk “Kota Mangga” ini? Yuk, kita simak satu per satu!

1. Terletak sekitar 40 km dari Kota Indramayu, perjalananmu bisa dimulai dengan menyambangi Pulau Biawak yang eksotis ini.

Pulau Biawak adalah salah satu destinasi wisata populer yang dimiliki Indramayu. Sebagai objek wisata bahari, Pulau Biawak ini memiliki panorama pantai nan indah dengan kekayaan bawah lautnya yang asri dan tetap terjaga. Yang khas dari pulau ini adalah keberadaan menara mercusuar yang di bangun oleh ZN. Willem pada tahun 1872. silam. Selain itu, daya tarik utamanya adalah kawanan biawak yang menghuni pulau ini.

Berbagai aktivitas rekreasi bisa kamu nikmati di Pulau Biawak. Mulai dari memancing, snorkeling, diving, atau sekadar bersantai menikmati suasana pantai. Pulau Biawak ini memiliki luas sekitar 120 ha dan terletak di sebelah utara Kota Indramayu serta dapat dijangkau dengan menggunakan perahu nelayan.

2. Wisata pantai di Indramayu memang juara. Salah satu yang tak boleh kamu lewatkan adalah Pantai Tirtamaya.

Advertisement

Pantai Tirtamaya via asiswesome.blogspot.co.id

Indramayu sebagai daerah yang terletak di pesisir pantai memang memiliki kelebihan tersendiri. Salah satunya adalah memiliki berbagai objek wisata pantai yang indah dengan letaknya yang tak begitu jauh dari pusat kota. Nah, salah satu yang jadi rekomendasi untuk dikunjungi adalah Pantai Tirtamaya. Pantai ini terletak di Kecamatan Juntinyuat dan terkenal dengan pemandangan sunset serta sunrise yang memesona.

3. Dengan menyewa kapal motor, kamu dapat menjelajahi hutan mangrove nan asri di kawasan Hutan Wisata Mangrove Karangsong.

Mangrove Karangsong via www.wego.co.id

Awalnya, kawasan Pantai Karangsong ini mengalami kerusakan akibat tumpahan minyak mentah. Kemudian, kawasan pantai yang rusak ini pun dijadikan lahan reboisasi pantai dan disulap menjadi hutan mangrove yang begitu eksotis dan menawan.

Kamu yang tertarik untuk merasakan sensasi menjelajahi hutan mangrove dapat berkunjung ke sana. Dengan menyewa perahu atau ojek kapal yang sudah tersedia, kamu akan dibawa berkeliling menikmati panorama hutan mangrove nan asri.

4. Sempatkan pula mampir ke Situ Bojong Sari dengan wisata waterboom-nya yang dijamin layak dikunjungi.

Situ Bojongsari merupakan kawasan wisata yang terletak di pusat kota Indramayu. Memiliki luas sekitar 6,5 ha, di kawasan situ ini terdapat aneka wisata air seperti waterboom, sepeda air, perahu wisata, dan olahraga dayung. Bagi kamu yang gemar memancing atau ingin berkemah pun bisa memanfaatkan fasilitas yang tersedia di tempat ini lho!

5. Gak hanya indah, Pantai Eretan yang terkenal dengan kuliner ikan bakar dan kelapa muda ini pun menyimpan sejarah.

Pantai Eretan via www.wovgo.com

Yup! Pantai Eretan memang tak hanya indah, tetapi juga menyimpan nilai sejarah. Pasalnya, pantai ini menjadi tempat pertama kali tentara Jepang mendarat dan melakukan penyerangan terhadap Belanda.

Lokasinya yang berada di jalur Pantai Utara menjadikan Pantai Eretan sangat mudah dijangkau. Keunikannya, pantai ini memiliki tanah berwarna merah yang akan terlihat jelas saat matahari sedang terik-teriknya. Selain itu, Pantai Eretan juga terkenal dengan kelezatan kuliner lautnya yang dipadu dengan kesegaran kelapa hijau khas warung-warung makan di sana.

6. Setidaknya seumur hidup sekali, sempatkan untuk berkunjung ke Situs Buyut Banjar yang terkenal dengan kisah misteri koloni kera.

Banjar, Indramayu via adisederhanahotel.wordpress.com

Terletak sekitar 17 km dari Kota Indramayu, objek wisata Situs Buyut Banjar memang banyak diminati wisatawan. Merupakan petilasan Pangeran Surya Nagara, situs ini dijadikan lokasi ziarah yang sekaligus menyimpan kisah misteri dan mitos-mitos tersendiri.

Salah satu yang paling populer adalah kisah tentang monyet Banjar yang konon jumlahnya selalu 41 ekor, tidak pernah lebih maupun kurang. Objek wisata yang satu ini biasanya ramai dikunjungi oleh masyarakat Indramayu dan sekitarnya pada saat hari raya.

7. Jika ingin menikmati destinasi wisata yang tenang dan nyaman, mampir saja ke Situ Bolang.

Situ yang terletak di desa Jatisura, Kecamatan Cikedung ini merupakan salah satu alternatif wisata di Indramayu. Jika kamu bosan dengan tempat-tempat wisata yang ramai pengunjung, sebaiknya mampir saja ke kawasan situ ini. Selain panorama dan hawa sejuk yang bisa kamu rasakan, suasana tenang dan nyaman juga akan kamu dapatkan di kawasan situ seluas 74 hektar ini.

8. Karena dijuluki sebagai “Kota Mangga”, tak lengkap rasanya jika belum mendatangi sentra perkebunan mangga di Desa Krasak dan Desa Jambak.

Mangga Gedong Gincu via rinaldimunir.wordpress.com

Indramayu memang terkenal sebagai penghasil mangga sehingga tak heran jika dijuluki sebagai “Kota Mangga”. Salah satu jenis mangga asal Indramayu adalah mangga Gedong Gincu yang berwarna kuning kemerahan saat sudah matang.

Nah, jika berkunjung ke Indramayu, tentu tak lengkap rasanya kalau tak mampir ke sentra perkebunan mangga yang ada di Desa Krasak, Kecamatan Jatibarang, atau di Desa Jambak, Kecamatan Cikedung. Sangat disarankan untuk mengunjungi tempat ini pada musim mangga, yaitu sekitar bulan Agustus-Desember.

9. Jangan lupa mampir ke pusat kota Indramayu. Selain ada alun-alun kota, kamu bisa ber-selfie di Tugu Mangga dan Tugu Kijang yang jadi landmark Indramayu.

Tugu Mangga, Indramayu via c

Tidak hanya daerah-daerah yang sudah disebutkan di atas, daya tarik wisata Indramayu juga terdapat di pusat kotanya lho. Salah satunya adalah alun-alun Kota Indramayu yang seringkali ramai saat sore hari. Selain itu, kamu juga bisa menemukan dua buah landmark Kota Indramayu, yaitu Tugu Kijang atau Bunderan Kijang dan Tugu Mangga.

Tugu Kijang berdiri tegak di persimpangan jalan masuk kota Indramayu dari arah Cirebon. Tugu ini memiliki nilai sejarah karena mengingatkan masyarakat Indramayu pada kisah kijang emas yang menuntun Raden Aria Wiralodra dan menunjukkan arah letak lembah Cimanuk yang menjadi cikal bakal Kabupaten Indramayu. Sementara, Tugu Mangga yang terletak dipersimpangan lima jalan masuk kota Indramayu dari arah Jakarta pun menjadi penanda bahwa kota ini adalah kota penghasil buah mangga.

10. Kunjungi juga ikon wisata baru dari Kota Indramayu, yaitu Taman Cimanuk yang berada di pinggiran Sungai Cimanuk.

Taman Cimanuk via www.kotaindramayu.info

Taman Cimanuk merupakan ikon wisata baru di Kota Indramayu. Lokasinya sangat strategis, yaitu tepat di belakang Masjid Agung Indramayu atau di bawah Jembatan utama dekat Pendopo Indramayu. Taman ini tentu saja menambah indah pemandangan di pusat kota Indramayu, selain pastinya menjadi lahan hijau dan ruang terbuka bagi masyarakatnya.

11. Liburanmu terasa kurang lengkap jika belum menjajal kuliner Indramayu. Pedesan Entog, Soto Indramayu, atau Nasi Lengko dijamin bakal memuaskan perutmu!

Pedesan Entog via badokan.blogspot.co.id

Jalan-jalan pastilah kurang lengkap jika belum menjajal kuliner khas-nya. Saat berkunjung ke Indramayu, pastikan kamu sudah membuat daftar menu-menu kuliner khas yang wajib untuk dicicipi. Pedesan Entog dan Soto Indramayu adalah yang paling populer. Selain itu, ada pula Nasi Lengko, Burbacek, hingga Dodol Mangga dan Kripik Mangga yang cocok banget dijadikan buah tangan.

Nah, gimana? Sudah menentukan waktu di sela rutinitasmu untuk segera mengunjungi Indramayu? Kalau mau pergi ke sana, jangan lupa ajak Hipwee juga ya! 🙂