Indonesia memang negara heterogen yang terdiri dari beragam etnis dan kebudayaan. Keadaan ini seperti senantiasa dilestarikan oleh pihak pemerintah, swasta, hingga masyarakat yang beramai-ramai bergerak mendukung keberlangsungan kebudayaan Indonesia. Bukti sahihnya, dari tahun ke tahun, marak sekali festival dan event bertema kebudayaan dan hiburan yang mengatasnamakan keberagaman masyarakat Indonesia.

Hipwee Travel berhasil merangkum beberapa festival dan event wisata tersebut yang akan diselenggarakan pada tahun 2016. Seperti apa? Berikut ulasannya.

Buat yang di Jogja, ada nih event keren buat berburu foto unik. Jogja Air Show, festival olahraga dirgantara dan kepariwisataan tahunan di Jogja.

Festival tahun lalu nih. via jogja.tribunnews.com

Acara ini diprakarsai oleh Dispar DIY, Pemkab Bantul, TNU AU, dan FASI (Federasi Aero Sport Indonesia) DIY, yang akan menyajikan pertunjukan olahraga dirgantara dan kepariwisataan untuk ke-11 kalinya. Festival ini dihelat pada 25-27 Maret, dengan 374 atlet yang terbagi menjadi beberapa peserta di bidang yang berbeda-beda. Tentunya ini bakal memancing animo masyarakat untuk menyaksikan festival tahunan di pesisir pantai selatan Bantul ini. Buat kamu yang di Jogja, sempatkanlah dirimu ke festival unik ini.

Festival Pesona Tambora 2016: Lombok Sumbawa Semakin Mendunia. Festival alam sekaligus ajang promo tempat wisata.

Peresmian Festival Pesona Tambora. Ntap! via indonesiatripnews.com

Advertisement

Rangkaian utama festival ini adalah Tambora running berupa Ultra Run 320k & 100k dan Tambora Ultra 50k & 25k. Ada juga Tambora Bike Camp, Tambora Festival dan Tambora Literary, Festival Film di Pulau Satonda, serta pameran seni rupa dan instalasi art-arche di Galeri Seni Satonda. Belum lagi nanti ada kegiatan seperti trail adventure, sepeda gunung, memancing, paramotor, dan sebagainya. Yup, acara yang bertajuk mempromosiikan Lombok dan Sumbawa ke Nusantara dan mancanegara ini akan diselenggarakan pada 11-16 April tahun ini.

Dari Ibukota, inilah festival akbar tahunan paling populer. Jakarta Fashion and Food Festival ini diadakan dari 22 April-22 Mei loh. Sebulan!

Pecah, Gaes! via soloraya.com

Kegiatan akbar tahunan ini telah memasuki usia ke-13 tahun. Diselenggarakan sebulan penuh atau tepatnya pada 22 April-22 Mei di Summarecon Kelapa Gading, Jakarta, festival ini mengangkat tema mode dan kuliner. JFFF memiliki tiga kegiatan, yakni Fashion Festival (27 April-15 Mei), Food Festival (22 April-22 Mei), dan Gading Nite Carnival (23 April). Kegiatan terakhir ini merupakan primadona hiburan di JFFF yang akan menyuguhkan kemegahan parade mobil hias, atraksi seni kontemporer, pesta kostum, dan pertunjukan kembang api, yang melibatkan ratusan peserta. Pecinta mode dan makanan, jangan sampai ketinggalan acara ini, ya!

Tak mau kalah, Bandung pun menyelenggarakan event hampir serupa yang lebih konvensional. Festival Batik, Bordir, dan Tenun Nusantara, mencintai produk Indonesia lokal dan tradisional.

Tebak, ini orang lagi ngapain? via nasional.republika.co.id

Acara yang berlatar belakang guna mengapresiasi kekayaan budaya Indonesia ini untuk ketiga kalinya akan diselenggarakan di Graha Manggala Siliwangi, Bandung pada 27 April-1 Mei. Serangkaian acara akan meramaikan festival ini, seperti fashion show, talkshow, demo dan workshop, music show, hingga beberapa perlombaan menarik lainnya. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap ragam batik border dan tenun dari Indonesia. Hemm, sembari belajar di sini juga bisa loh.

Dari ujung barat Indonesia, Kota Serambi Mekah juga punya acara yang seru. Festival Sabang Fair, berbagai perlombaan bisa kamu ikuti di sini.

Didukung oleh Dinas Budaya dan Pariwisata Kota Sabang, acara ini akan berlangsung pada 21-27 Mei 2016. Perhelatan akbar tahunan yang diadakan di Gampong Kuta Timu, Sukakarya, Sabang, Aceh ini mengundang perwakilan negara tetangga di ASEAN, berhubung secara geografis Kota Sabang memang berdekatan dengan para tetangga negara. Selain pertunjukan seni, Festival Sabang juga mengadakan perlombaan seperti Lomba Tari Kreasi Baru Aceh Garapan, Lomba Musik Etnik Kolaborasi Aceh Modern, Cagok atau Lawak Aceh, Pawai Budaya, dan Lomba Anjungan Pameran Kreatif Daerah. Meriah deh!

Diselenggarakan sejak 2009, Jazz Gunung di kaki Bromo pasti selalu dinanti. Semua orang pasti pengin ke sini, nggak cuma pecinta musik dan para pendaki.

Alm. Slamet Gundono. 🙁 via jazzgunung.com

Jazz Gunung, event musik jazz yang digawangi oleh Sigit Pramono, Butet Kartaredjasa, dan Djaduk Ferianto kini menjadi agenda tahunan para penggemar musik jazz dan juga para pendaki gunung. Karena acara yang diadakan dikaki gunung Bromo, dengan hawa penggunungan yang sejuk dan asri, nggak sedikit penonton yang turut memeriahkan acara yang sudah dihelat sejak 2009 ini.

Buat kamu yang jones, ada nih acara yang cocok banget buat mengisi sepi harimu. Jomblo Mendaki Rinjani! Yeah!

jomblo mendaki rinjani via www.sociotraveler.com

Acara yang dimulai pada tahun 2015 ini merupakan salah satu acara pendakian yang cukup viral. Ada ribuan pendaki yang berminat untuk bergabung dalam acara yang berisi jomblo-jomblo se Indonesia ini. Buat kamu yang mau mendaki ke Rinjani dan berniat nyari jodoh karena jomblo bertahun-tahun catet tanggalnya ya, 4-8 Mei 2016 pas long weekend tuh. Yuk, jomblo se-nusantara berkumpul dan deklarasi jomblo!

Aku kuat kok, Mz

Cobalah datang ke Festival Layang-layang Bali. Meski ditarik-ulur, perasaanmu akan bahagia karena melihat lucunya langit karena ribuan layang-layang.

Beraneka bentuk dan warna warni layang-layang di pesisir pantai ini. :3 via www.femalesia.com

Festival tahunan yang diadakan di sepanjang pantai timur Padanggalak ini sebenarnya belum bisa memberikan tanggal pasti berlangsungnya acara seru ini. Mengingat Festival Layang-layang ini mengandalkan kekuatan angin, maka diprediksi acara akan diselenggarakan pada tanggal 3-5 Juli di Pantai Padanggalak, Sanur. Sebab pada tanggal sekian, angin di sepanjang pantai ini terbilang baik. Sementara untuk Festival Layang-layang Internasional Bali, diadakan pada 23-25 Oktober. Nah, tapi kan mesti nunggu angin yang bagus buat nerbangin layang-layang. Makanya, kalau kamu mau ikut acara ini, mending kamu ngikutin beritanya aja. 😀

Dieng Culture Festival, acara paling romantis sepanjang masa bagi siapapun juga. Nggak percaya? Datang coba sana!

Ribuan lampion diterbangkan~ via sociotravel.com

Di Dieng Culture Festival ini, kamu nggak cuma bisa nerbangin lampion di ketinggian 2000 mdpl, Gaes! Menerbangkan lampion bersama teman-teman, menghanyutkan jiwa ke alunan musik jazz yang menyesap ke dalam sukma, dan bertemu orang-orang baru yang mungkin adalah jodohmu, bisa kamu dapatkan di DCF tahun ini loh! Ya, nggak ada yang tahu jodoh akan bertemu, kan?

Jangan lewatkan berbagai festival dan event seru ini ya, Gaes! Melewatkan kemeriahan festival sama aja kayak menunda pertemuan dengan jodoh.

Nah, dari beberapa festival dan acara keren ini, mana yang paling paling pengin kamu kunjungi, Gaes? Kalau bisa sih semua. Nggak akan nyesel deh. Selain nambah pengetahuan dan refreshing, kamu juga bisa semoga ketemu jodohmu.