Yogyakarta, membicarakan keelokannya rasanya gak pernah basi. Gak cuma punya bermacam surga tersembunyi yang patut kamu jelajahi, Jogja juga terasa istimewa karena pantai-pantainya. Letaknya yang berada di pesisir pantai selatan telah membuat Jogja dianugerahi pantai-pantai yang indahnya luar biasa.

Buatmu pecinta wisata pantai mungkin udah sempat mengecek keindahan pantai-pantai di Jawa Timur. Nah, kali ini Hipwee akan mengajak kamu jalan-jalan menyusuri pantai-pantai paling istimewa di Yogyakarta. Siapkan kostum pantaimu!

1. Pantai Parangkusumo dengan gumuk pasir legendarisnya wajib kamu coba. Serunya sandboarding plus suasana mistis membaur jadi satu di sini

Sandboarding di Gumuk Pasir Parangkusumo via wisatajawa.com

Tiga puluh kilometer ke selatan Jogja, ada Pantai Parangkusumo yang punya peran tersendiri bagi warga Yogyakarta. Di sini terdapat sebuah petilasan yang konon menjadi tempat Panembahan Senopati bersemedi dan berjumpa dengan Nyi Roro Kidul, penguasa pantai selatan. Sejumlah ritual juga diselenggarakan di pantai ini, seperti ritual labuhan setiap hari ulang tahun Sultan, serta ritual kungkum (berendam) untuk menyucikan diri pada malam satu suro. Itulah mengapa pantai ini kental dengan nuansa mistis.

Tapi, pantai ini juga punya daya tarik lain yang menyenangkan sekaligus mendebarkan: sandboarding di gumuk pasirnya. Omong-omong, fenomena gumuk pasir yang terjadi di Pantai Parangkusumo ini cuma ada dua di dunia dan satu-satunya di Indonesia lho. Hayo, bisakah kamu mempertahankan keseimbangan di atas papan luncur?

2. Megahnya senja di Pantai Parangtritis bisa kamu saksikan secara berbeda dari atas Bukit Parang Endog

Advertisement

Pemandangan dari Parang Endog via indrialofallah.blogspot.com

Siapa yang bisa menampik indahnya senja di Pantai Parangtritis? Pemandangan langit yang memerah saat matahari menyentuh cakrawala terasa istimewa. Tapi, kalau kamu ingin memandang senja dari sudut yang berbeda, melipirlah sedikit dan naiklah ke atas bukit Parang Endog.

Bukit ini sebenarnya adalah landasan pacu untuk olahraga paralayang. Dari sini, pemandangan senja di Parangtritis tampak makin mengagumkan. Pemandangan pantainya sendiri juga tampak spesial, memanjang sampai ke Parangkusumo. Kalau kamu berani, kenapa gak mencoba menikmatinya dari atas paralayang?

3. Dari atas mercusuar di Pantai Pandansari kamu bisa menikmati deretan pantai Bantul sampai Kulonprogo

Pemandangan Pantai Pandansari dari atas mercusuar via wisata.kompasiana.com

Pantai Pandansari atau yang dikenal juga dengan nama Pantai Patehan ini terletak di Kabupaten Bantul, sederet dengan Pantai Samas, Pantai Goa Cemara, Pantai Kuwaru, dan Pantai Pandansimo. Yang bikin pantai ini unik adalah mercusuarnya yang menjulang yang gak bakal kamu temukan di pantai lainnya di Yogyakarta. Kamu bisa naik ke atas mercusuar dan menikmati pemandangan deretan pantai dari Bantul sampai Kulonprogo.

Hal menarik lainnya yang bisa kamu temukan di sini adalah deretan pohon cemara udang yang membentuk dinding di sepanjang bibir pantai. Pepohonan ini bikin pantai Pandansari ini terasa asri. Pas banget buat gelar tikar dan piknik.

4. Nikmati suara debur ombak dari atas tebing di Pantai Kesirat yang hijau nan unik

Pantai Kesirat via lifkadarsih.com

Pantai yang terbilang baru ini letaknya lumayan tersembunyi. Jangan harap menemukan pantai berpasir putih layaknya pantai-pantai lainnya di Gunung Kidul. Pantai ini berbentuk tebing di mana kamu bisa menikmati pemandangan deburan ombak dari atasnya. Tidak ada warung makan atau gazebo buat duduk-duduk, pun tak banyak orang yang datang ke sini. Mereka yang mampir adalah pemancing dan orang yang tertarik untuk camping di pantai ini.

Tepat di bibir tebing,ada sebuah pohon berdiri sendirian. Warga setempat menamakannya pohon Gebangkoro. Konon, pohon ini abadi. Nikmati suasana sore sembari camping di tempat ini dan rasakan senja berpulang, meninggalkan siluet indah yang dibentuk oleh sang pohon.

5. Di Pantai Ngobaran, keelokan pantai berpadu dengan keragaman aliran kepercayaan bisa kamu temukan duduk berdampingan

Pantai Ngobaran via www.liocooper.com

Pantai yang berada di Desa Kanigoro, Saptosari, Gunungkidul, ini memang lain dari yang lain. Cuma di pantai ini kamu bisa menemukan sebuah masjid, pura, sebuah joglo tempat beribadah penganut Kejawen, serta tempat peribadatan aliran kepercayaan Kejawan (beda sama Kejawen) berupa bangunan serupa pura yang lengkap dengan patung dewanya.

Suatu pemandangan indah melihat tempat ibadah beberapa agama dan aliran kepercayaan berdiri berdampingan dengan harmonis. Apalagi, ditambah eksotisme pantainya, pasti bakal bikin kamu jatuh hati.

6. Ingin menjamah pantai yang sepi sekalian snorkeling? Temukan semuanya di Pantai Nglambor

Pantai-pantai di sepanjang pesisir selatan Jogja dan Gunung Kidul biasanya berhadapan langsung dengan samudera Hindia, sehingga memiliki ombak besar dan membuatnya berbahaya untuk berenang. Tapi, hal ini tidak berlaku di Pantai Nglambor. Coba deh datang ke pantai yang terletak di antara pantai Siung dan pantai Jogan ini.

Di pantai yang masih terbilang sepi ini, kamu akan menemukan ombak yang tenang dan perairan yang dangkal. Jadi, kamu bisa berenang atau snorkeling dengan leluasa sembari dikelilingi panorama yang cantiknya luar biasa.

7. Pantai Kukup, Tanah Lot rasa Jogja yang menawan dengan gardu pandangnya

Pantai Kukup via wisata.kompasiana.com

Percaya gak kalau Jogja juga punya pantai yang mirip dengan Tanah Lot di Bali? Datang aja ke Pantai Kukup yang terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, sekitar 1 km dari Pantai Baron. Kamu memang gak akan menemukan pura di atas karang. Tapi, di pantai ini terdapat pulau karang yang lengkap dengan gardu pandangnya. Naiklah ke gardu pandang dan rasakan sendiri sensasi Tanah Lot ala Jogja.

8. Pacu adrenalinmu lewat adegan basah-basahan di air terjun pantai Jogan

Ya, kamu bisa memacu adrenalis sambil “beradegan” basah-basahan di pantai Jogan. Eit, jangan mikir yang enggak-enggak dulu. Pantai Jogan ini cukup unik karena memiliki sebuah air terjun yang mengalir langsung ke laut. Nah, air terjun ini ternyata biasa digunakan untuk kegiatan canyoning yang mendebarkan. Coba deh tantang dirimu untuk canyoning menuruni air terjun di pantai Jogan.

9. Susurilah pantai Sepanjang yang punya pasir putih tak berujung sambil bertelanjang kaki. Hatimu akan tenang disambut keindahan macam ini

Pantai Sepanjang via jalanjalanku.wordpress.com

Pantai Sepanjang ini juga pantai yang tergolong baru di Gunung Kidul. Terletak di desa Kemadang, kecamatan Tanjungsari, Gunung Kidul. pantai ini dinamakan pantai Sepanjang karena memiliki garis pantai terpanjang di antara pantai-pantai lainnya di wilayah kabupaten Gunungkidul.

Saat sore, susurilah pantai ini dengan bertelanjang kaki sambil menikmati panoramanya yang memukau. Saat laut surut, kamu bisa menyaksikan warga sekitar berburu biota laut seperti rumput laut dan kerang. Di sini kamu juga bisa menemukan sebuah situs bersejarah bernama Banyusepuh yang konon dulu adalah mata air yang digunakan Wali untuk memandikan pusakanya.

10. Sambangi romantisnya Pantai Pok Tunggal dengan pohon Durasnya. Konon inilah salah satu pantai tercantik di Jogja

Pantai Pok Tunggal via sarangpenyamun.wordpress.com

Nah, inilah pantai yang beberapa tahun belakangan ini nge-hits. Meski sekarang ramai pengunjung, pantai ini tetap mampu mempertahankan daya tariknya. Terlebih, dengan sesosok pohon duras yang menjadi ikon pantai ini. Kalau datang kemari, ajaklah pasanganmu. Sambil duduk berdua, nikmati senja perlahan tenggelam di cakrawala dan menyisakan siluet pohon duras yang mempesona. Romantis.

Nah, itulah sebagian pantai istimewa yang ada di Yogyakarta. Pantai favoritmu belum masuk ke dalam daftar ini? Tenang, tambahkan aja di kolom komentar.