Hobi traveling memang menyenangkan, tapi kamu juga pasti tahu benar kalau hobi yang satu ini membutuhkan sokongan dana yang tidak sedikit. Kalau kamu adalah seorang budget traveler, kamu harus pintar-pintar memutar otak demi menekan biaya liburan yang dibutuhkan.

Salah satu cara untuk mendapat uang tambahan adalah dengan memiliki bisnis sendiri. Dengan memiliki bisnis kamu tidak hanya bisa punya uang tambahan tapi juga mengasah banyak kemampuan mulai dari: mengatur uang, melayani pelanggan, sampai dengan mendapat banyak kenalan. Apalagi bila kamu bisa membangun usaha yang berhubungan dengan hobi jalan-jalanmu itu.

Tapi pertanyaannya, apa saja sih jenis usaha yang bisa ditekuni oleh orang yang senang berpetualang sepertimu?

1. Banyak jalan-jalan membuatmu pernah bermalam di berbagai penginapan. Kalau sudah tahu penginapan macam apa yang disukai oleh pejalan, kenapa tidak kamu wujudkan?

bikin penginapan menurut versimu via jorplace.nl

Salah satu pengeluaran wajib setiap liburan tak ayal adalah bujet untuk menyewa penginapan. Tentu ini bisa dihindari, ketika kita pergi ke destinasi yang ada saudara ada teman. Tapi seringnya sih kita tetap mengeluarkan uang untuk menyewa kamar.

Advertisement

Apakah kamu sering jengah pada hotel tempatmu menginap selama ini? Baik itu dari segi harga, lokasi, fasilitas, sampai dengan konsep dari hotel itu sendiri. Apakah kamu merasa mengerti bagaimana menciptakan penginapan yang menarik sesama penggiat jalan-jalan?

Kalau kamu sudah punya konsep penginapan/hotel yang oke, segera wujudkan hal tersebut ke dalam bentuk nyata. Bekerja sama dengan teman yang punya visi serupa bisa jadi pilihan jika memang belum punya modal besar. Wujudkan hotel impianmu, sembari menambah pundi-pundi tabungan untuk membiayai liburanmu selanjutnya.

2. Kenalanmu di berbagai dareah juga bisa dimanfaatkan untuk membantu membuka bisnis sewa kendaraan. Kalau tepat cari lokasi, ini bisa jadi sumber pemasukan yang menjanjikan

jasa sewa motor via www.joelryanlee.com

Membuka jasa penyewaan kendaraan baik itu motor atau mobil tidak berarti kamu harus memiliki banyak kendaraan loh. Kamu bisa memanfaatkan teman atau saudara yang punya kendaraan untuk disewakan kepadamu dan selanjutnya disewakan lagi kepada orang lain yang membutuhkan. Di beberapa tempat wisata seperti Bali, Yogyakarta, atau Malang menyewakan kendaraan adalah jenis bisnis yang banyak dilakukan.

Pada musim liburan akan banyak orang yang datang berwisata tanpa membawa kendaraan sehingga penyewaan kendaraan sangat dibutuhkan. Maka tidak mengherankan bila memiliki usaha seperti ini akan sangat menguntungkan. Beberapa jasa penyewaan kendaraan juga biasanya menyediakan jasa tour guide untuk membantu wisatawan yang ingin berkeliling di suatu daerah.

3. Kalau kamu suka bertemu orang dan membagi pengalaman coba tawarkan jasamu sebagai pemandu perjalanan

jasa pemandu wisata via www.uny.ac.id

Selain penginapan dan jasa sewa kendaraan jenis bisnis lainnya yang cocok dilakukan oleh para petualang adalah membuka jasa penyalur pemandu wisata. Keberadaan pemandu wisata sangat dibutuhkan untuk membantu wisatawan yang datang ke sebuah daerah. Kamu bisa merekrut karyawan yang kamu latih menjadi pemandu wisata profesional yang nantinya bisa disalurkan kepada pihak-pihak yang membutuhkan.

Pengalaman sebagai seorang traveler dapat dijadikan pedoman untuk membentuk orang yang nantinya ingin kamu latih untuk menjadi pemandu wisata. Setelah mereka memiliki bekal ilmu barulah kamu membuat kerjasama misalnya dengan kementerian pariwisata daerah atau tour agent yang memang memerlukan jasa pemandu wisata. Bisnis seperti memang belum banyak dikembangkan. Namun melihat sektor pariwisata yang kini eksistensinya terus berkembang, Hipwee rasa ini adalah jenis bisnis yang cukup menantang untuk dicoba.

4. Buatmu yang ngaku cinta mati sama kegiatan mendaki, buka saja jasa persewaan mountaineering gear yang kini makin banyak diminati

sewakan alat traveling via www.arifsetiawan.com

Ide bisnis lainnya yang bisa diadopsi oleh kamu petualang sejati adalah menjual atau menyewakan barang/perlengkapan jalan-jalan. Mulai dari carrier untuk naik gunung sampai tabung untuk menyelam semuanya bisa disewakan atau dijual. Jika memang kamu belum punya modal untuk langsung membuka toko cobalah untuk menyewakan barang-barangmu sendiri atau kalau temanmu bersedia punya teman lainnya.

Setelah modal terkumpul baru kamu bisa membuka toko. Menyediakan barang-barang yang dibutuhkan saat traveling banyak dicari oleh orang yang memang suka jalan-jalan. Misalnya saja seperti money belt, dry bag, atau masker snorkeling adalah jenis barang jualan yang harus kamu sediakan. Untuk para pecinta gunung kamu juga bisa menyediakan tenda, baju hangat, bahkan sampai dengan kompor untuk camping.

5. Kemampuanmu berbahasa asing juga harus dimanfaatkan. Kamu bisa jadi penerjemah buat wisatawan asing yang kini banyak datang

jasa penerjemah via en.wikipedia.org

Tidak hanya beberapa jenis usaha di atas saja yang bisa dilakukan, kamu juga dapat membuka bisnis sebagai jasa penjermah atau translator untuk memandu wisatawan asing yang datang. Jadi nantinya kamu bisa menggabungkan antara penyedia jasa pemandu wisata dengan penerjemah agar wisatawan yang kamu bisa layani lebih beragam. Hal ini juga akan membantu untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

Membuka usaha jasa penerjemah di beberapa daerah wisata yang potensial seperti Tanjung Bira atau Medan misalnya memiliki peluang tersendiri karena jenis jasa seperti ini masih terbatas. Padahal jika ada orang yang mampu menyediakan jasa penerjemah untuk para tamu asing maka kemungkinan pengembangan pariwisata di kedua tempat tersebut akan berlangsung lebih cepat. Kesempatan ini bisa kamu manfaatkan untuk membuat jenis usaha seperti ini yang akan sangat bermanfaat ke depannya.

6. Punya kemampuan mengendarai kendaraan? Kenapa tidak jadi supir mobil sewaan saja? Bisnis ini bahkan bisa kamu mulai tanpa perlu modal besar

jadi supir juga bisa via haziesthazel.blogspot.com

Bagi kamu yang punya keahlian untuk mengendarai kendaraan kamu bisa memanfaatkan kebiasaanmu ini untuk menjadi supir mengantar wisatawan pergi ke tempat wisata yang dikehendaki. Enaknya jenis pekerjaan tersebut kamu tidak harus punya modal besar selain SIM. Bonus dari menekuni bisnis ini adalah kamu juga bisa ikutan jalan-jalan bersama dengan wisatawan yang sedang kamu antar.

Memang sih bayaran supir wisata seperti ini tidaklah terlalu besar. Umumnya berkisar antara Rp.100.000-Rp.150.000 per harinya. Tapi biasanya kamu juga akan mendapat makan atau bila merokok juga mendapat uang rokok. Pekerjaan ini tentunya sangat bisa dilakukan oleh mahasiswa yang memang belum memiliki modal besar untuk mendirikan usaha sendiri.

7. Beli barang dari luar negeri untuk dijual kembali juga bisa jadi bisnis yang layak kamu tekuni

jual barang impor ekspor via bangkokchatuchakmarketshopping.blogspot.com

Jenis bisnis yang satu ini sangat layak dicoba untuk kamu yang hobi belanja dan juga berwisata. Tentunya kamu sadar dong kalau sekarang di online shop ada banyak banget barang impor yang diperjual belikan melalui media sosial. Mulai dari kosmetik sampai dengan fashion bisa dijadikan barang dagangan. Nah kalau biasanya kamu cuma jadi konsumen, kenapa enggak sekarang kamu yang coba jadi penjualnya?

Biasanya nih pedagang-pedagang online yang jualan barang dari luar akan berlibur sambil belanja barang yang memang dijualin gitu. Dengan menjalani bisnis tersebut kamu mendapat banyak bonus: mulai dari jalan-jalan, belanja barang, sampai dengan dapat uang. Beberapa negara yang biasanya dijadikan tujuan untuk berburu barang dagangan adalah Thailand, Malaysia, dan juga China.

8. Buatmu yang suka mengurus event dan punya sifat yang teliti bisnis WO atau EO bisa jadi cocok kamu tekuni

jasa WO atau EO via weddingsemarang.wordpress.com

Jasa event atau wedding organizer sekarang ini banyak dibutuhkan untuk mengatur banyak acara. Mulai dari acara outing kantor, seminar, pagelaran, dan lain sebagainya akan membutuhkan pihak yang dapat mengorganisir uacara tersebut. Untuk itu rasanya gak akan rugi deh kalau kamu mencoba usaha yang satu ini. Apalagi kalau nantinya event atau wedding organizer-mu diminta untuk mengatur acara yang letaknya di luar daerah, kamu juga bisa kerja sambil jalan-jalan ‘kan?

Tapi sebelum kamu mendirikan EO atau WO sendiri, kamu harus mencari pengalaman terlebih dahulu untuk mengetahui seluk beluk usaha yang satu ini. Bagi beberapa orang mengorganisir sebuah acara akan terasa menarik dan bila memang berniat menjadikan kesukaanmu tersebut sebagai usaha maka kamu bisa mencoba memulainya dengan mendirikan event atau wedding organizer versimu sendiri.

9. Jika punya kelebihan mendesain baju ubah hobimu jadi sumber pemasukan dengan mendirikan clothing line khusus traveler

clothing line buat traveler via www.travelfreak.net

Meskipun sekarang ada banyak banget clothing line yang bertebaran tapi kayaknya masih sedikit deh yang khusus memproduksi baju yang berhubungan dengan dunia traveling. Peluang ini bisa kamu manfaatkan untuk masuk dan menciptakan pakaian yang ditujukan untuk pasar wisatawan. Nantinya kamu juga bisa mem-branding pakaianmu tersebut sesuai dengan selera traveler.

Tidak hanya baju saja yang bisa diperdagangkan di sini. Kamu dapat pula membuat topi, celana, atau mungkin backpack yang memang didesain khusus untuk para traveler. Spesifikasi clothing line khusus traveler ini bisa jadi pembeda antara clothing line milikmu dengan clothing line lainnya. Gimana, tertarik untuk mencobanya?

10.  Mata petualangmu yang lihai mencari spot berlibur asyik dan tiket murah juga akan bermanfaat untuk usaha barumu sebagai travel planner

Cuma modal laptop saja kamu sudah bisa mewujudkan bisnis sebagai travel planner via lipstickwithsomesunshine.com

Pengalamanmu berjalan sudah cukup banyak? Kamu merasa punya kemampuan bikin itinerary perjalanan yang asyik, murah, dan nyaman? Kenapa tidak menggunakan kemampuan yang tidak semua orang punya ini sebagai modal awal untuk membangun usaha sebagai travel planner profesional saja?

Modal yang kamu butuhkan bisa dibilang cukup nol rupiah — kamu hanya perlu membangun image sebagai pejalan handal yang sarannya bisa dipercaya. Untuk mendapatkan citra seperti ini kamu bisa mulai getol menuliskan cerita perjalananmu di blog kemudian mempromosikannya via jejaring sosial.

Ketika audiens blogmu semakin banyak, mulai deh tawarkan jasa sebagai travel planner bagi mereka. Mulai dari mencarikan tiket termurah, kasih itinerary yang paling cocok bagi mereka, sampai memberi saran sebelum keberangkatan.

Asyiknya bisnis ini adalah semua bisa dilakukan dengan modal kecil dan dengan cara virtual. Tanpa perlu merogoh kocek untuk sewa tempat keuntungan sudah bisa kamu dapat.

Sebenarnya jika mau jeli masih banyak loh jenis usaha lainnya berhubungan dengan dunia traveling yang bisa kamu dirikan. Kalau seandainya memiliki bisnis sendiri masih terlalu jauh dari bayangan, kamu juga bisa mencoba profesi yang masih ada kaitannya dengan dunia jalan-jalan.

Apapun nantinya usahamu, satu pesan Hipwee : lakukan hal tersebut secara profesional ya.