Daya tarik wisata Pulau Lombok memang tak perlu dipertanyakan lagi. Meski tak sepopuler Bali, Lombok kini semakin diminati karena kekayaan wisata alamnya yang luar biasa. Tentu saja, yang paling terkenal dari Lombok adalah pantainya.

Jika saat liburan nanti kamu punya rencana untuk berkunjung ke Lombok, pastikan untuk memaksimalkan perjalananmu. Manfaatkan waktu travelingmu sebaik-baiknya dan puaskan hasrtamu menyambangi pantai-pantai di Lombok yang boleh dibilang serupa cuilan nirwana!

1. Berbeda dengan yang ada di Bali, Pantai Kuta di Lombok punya pasir putih yang indahnya tak tertandingi.

Pantai Kuta, Lombok via ngetrip.website

Nama “Pantai Kuta” pastilah identik dengan Bali. Namun, tahukah kamu bahwa Lombok pun memiliki pantai dengan nama serupa? Yup! Pantai Kuta di Lombok tepatnya terletak di Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah. Jaraknya kurang lebih 56 km dari pusat Kota Mataram.

Walaupun punya nama yang sama, Pantai Kuta yang ada di Bali dengan Pantai Kuta yang ada di Lombok tentu berbeda. Di Lombok, kamu akan menemukan pantai dengan pasir putih yang serupa butiran-butiran merica. Selain suasana pantai yang tenang, Pantai Kuta di Lombok juga terkenal punya kekayaan bawah laut yang luar biasa lho!

2. Nama Pantai Senggigi memang sudah populer di kalangan wisatawan. Di sini kamu bisa menikmati panorama laut yang menawan.

Advertisement

Pantai Senggigi via www.flickr.com

Bicara soal Lombok pastilah gak bisa lepas dari nama “Pantai Senggigi”. Selain punya panorama laut yang indah, Senggigi biasanya dijadikan tujuan para wisatawan yang ingin berburu sunset. Terlebih, ombak di pantai ini juga terkenal bersahabat sehingga pas untuk kamu yang juga ingin menjajal snorkeling. Terletak di Desa Senggigi, Kecamatan Batu Layar, Lombok Barat, kamu cukup menempuh perjalanan kurang lebih 12 km untuk sampai di surga kecil ini.

3. Nikmati pengalaman naik kapal di Pantai Nanggu. Momen seru ini tak akan terlupa seumur hidupmu.

Pantai Nanggu atau Gili Nanggu adalah salah satu destinasi yang rasa-rasanya sayang banget kalau kamu lewatkan saat traveling ke Lombok. Soal keindahan pantainya tentu gak perlu diragukan lagi. Uniknya, untuk sampai ke sini kamu bisa menyewa kapal dari Pelabuhan Lembar atau Tawun. Tidak ada kapal umum yang dijadikan transportasi untuk sampai di tempat ini, karena pulau Nanggu dan pantainya memang dibuat dengan konsep pribadi.

4. Sempatkan pula untuk menjelajah Lombok Barat. Ada Pantai Sekotong yang layak kamu kunjungi setidaknya seumur hidup sekali.

Pantai Sekotong via pariwisataindonesia.info

Menjelajahi Lombok Barat rasanya tak akan lengkap tanpa mampir ke Pantai Sekotong. Berjarak kurang lebih 60 km dari pusat Kota Mataram, kamu butuh waktu 1,5 sampai 2 jam berkendara untuk sampai ke pantai ini. Sangat disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi demi memudahkan aksesnya. Namun jika kamu berangkat dari Bali, bisa kok menyeberang dari Pelabuhan Nusa Penida dan menyeberang kurang lebih selama 3 jam. Setelah sampai di sana, dijamin kamu gak bakal kecewa melihat panoramanya.

5. Meski tak sepopuler Pantai Senggigi, Pantai Mekaki tetap wajib banget kamu sambangi.

Pantai Mekaki via lombok.panduanwisata.id

Pantai Mekaki mungkin belum begitu populer, tapi soal keindahan tempat ini jelas tak bisa diabaikan. Pantai yang bersih, air laut yang biru jernih, dan pemandangan sepanjang perjalanan menuju pantai ini yang begitu asri bakal memuaskan hasrat liburanmu.

Berjarak kurang lebih 70 km, perjalanan bisa kamu tempuh selama sekitar 2 jam dengan berkendara. Kamu pun tak perlu khawatir karena akses menuju pantai ini terbilang sudah layak sehingga perjalananmu akan terasa lebih nyaman.

6. Terkenal dengan ragam kulinernya yang enak, rasanya sayang kalau kamu gak mampir ke Pantai Selong Belanak.

Pantai Selong Belanak via www.pariwisatalombok.tk

Pantai yang satu ini letaknya di Lombok Tengah. Uniknya, pantai ini seringkali digunakan sebagai arena balapan lantaran pasir pantainya yang mudah mengeras setelah terkena air laut. Selain pemandangan anak-anak muda yang balapan, Pantai Selong Belanak juga terkenal dengan sajian kulinernya. Di tempat ini kabarnya terdapat banyak penjaja kuliner khas pantai seperti aneka jenis olahan makanan laut yang dijamin akan memuaskan perutmu.

7. Ingin menjajal snorkeling di Lombok? Mampir saja ke Pantai Seger yang pemandangan bawah lautnya memesona.

Pantai Seger via www.fakruljamil.com

Ombak yang tenang namun tetap indah serta kekayaan bawah laut menjadikan Pantai Seger terkenal di kalangan para penyuka snorkeling. Terletak sekitar 2 km dari Pantai Kuta yang memang lebih banyak dikunjungi wisatawan, Pantai Seger pas banget buat kamu yang ingin sejenak melipir dari keramaian.

Jika kamu berangkat dari Pantai Kuta, salah satu transportasi yang bisa diandalkan adalah ojek. Sebaiknya pintar-pintarlah menawar agar tak membayar mahal untuk ongkos ojeg. Umumnya, ongkos ojeg dari Pantai Kuta berkisar antara 15 ribu sampai 20 ribu saja.

8. Nikmati panorama laut dari ketinggian di Pantai Tanjung Ringgit yang terkenal dengan jajaran tebing-tebingnya.

Pantai Tanjung Ringgit via rianytam.wordpress.com

Jika di Bali ada Pantai Bingin yang terkenal dengan tebing-tebingnya, di Lombok kamu bisa menemukannya di Pantai Tanjung Ringgit. Letaknya di Desa Pemungkong, Lombok Timur, dan lokasi ini bisa kamu tempuh selama kurang lebih 2 jam dengan kendaraan. Sayangnya, kondisi jalan menuju pantai ini terbilang kurang memadai sehingga perjalananmu mungkin akan sedikit melelahkan. Tapi jangan khawatir, begitu sampai di pantai ini, semua rasa lelahmu akan terbayar lunas dengan indahnya panorama Pantai Tanjung Ringgit.

9. Pantai Pink memang terkenal cantik. Puaskan hasratmu berfoto dengan latar birunya laut dan pasir pantai berwarna pink.

Pantai Pink via lombok.biz

Unik adalah kata yang tepat untuk menggambarkan pantai ini. Jika biasanya pasir pantai berwarna putih atau kecoklatan, di pantai ini pasirnya justru berwarna Pink. Yup! Pantai Pink terletak di kawasan Lombok Timur dan disebut juga dengan Pantai Tangsi oleh penduduk sekitarnya. Selain unik, kata yang paling tepat untuk menggambarkan pantai ini adalah cantik!

10. Jangan lewatkan kesempatan untuk berburu sunset di pantai paling eksotis, Gili Trawangan.

Gili Trawangan via ikanovitasari.wordpress.com

Kamu pasti pernah mendengar nama Gili Trawangan ‘kan? Yup! destinasi yang satu ini memang sudah populer banget di kalangan para wisatawan. Baik wisatawan dari dalam maupun luar negeri, banyak yang menyukai tempat ini. Pasalnya, Gili Trawangan memang memiliki panorama luar biasa. Selain itu, banyak tersedia bermacam-macam fasilitas seperti scuba diving, snorkeling, berkendara dengan glass bottomed boat, dan berkeliling dengan cidomo.

11. Jernihnya air laut dan lokasi yang mudah dijangkau membuat Pantai Nipah jadi destinasi favorit para wisatawan.

Pantai Nipah via anekatempatwisata.com

Tak jauh dari Pantai Senggigi, ada Pantai Nipah yang juga layak kamu kunjungi. Lokasi tepatnya di Dusun Nipah, Desa Malaka, Kecamatan Pemang, Lombok Utara. Perjalanan dari Pantai Senggigi bisa kamu tempuh selama kurang lebih 20 menit saja untuk sampai ke Pantai Nipah. Selain berenang atau snorkeling, kamu juga bisa lho menjajal berkeliling dengan perahu nelayan atau bermain kano.

12. Berbeda dari pantai-pantai di Lombok lainnya, Pantai Tanjung Aan ini unik karena langsung berhadapan dengan Samudera Hindia.

Pantai Tanjung Aan via caderabdul.wordpress.com

Pantai Tanjung Aan memang berbeda dari pantai-pantai lainnya. Garis pantai ini lebih pendek jika dibanding Pantai Kuta atau Pantai Senggigi. Pantai Tanjung Aan juga langsung berhadapan dengan Samudera Hindia dan kawasan pantai ini terbagi menjadi dua bagian, yaitu yang berpasir putih dan yang berpasir agak besar seperti butiran merica.

Rasa-rasanya sangat nyaman menikmati pemandangan di pantai ini sambil bersantai atau berjemur. Saat menjelang sore hari, kamu bisa lho menjajal atau belajar berselancar menantang gulungan ombak di pantai ini.

13. Langkahkan kakimu menyusuri tebing-tebing di Pantai Tanjung Bloam. Abadikan indahnya tebing yang terletak di atas laut ini.

Pantai Tanjung Bloam via pictigar.com

Bukan sekadar dijadikan destinasi wisata, Pantai Tanjung Bloam ternyata juga dimanfaatkan sebagai tempat konservasi bagi penyu. Letak pantai ini memang terbilang terpencil yaitu di Dusun Tangsi, Desa Temeak, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur. Untuk sampai di pantai ini kamu harus melewati hutan jati dan jalanan berlumpur. Namun setelah sampai, kamu layak bersyukur karena pemandangan laut berpadu dengan tebing-tebing karang bakal terlihat begitu indah.

Nah, gimana? Sudah makin gatal ingin mengunjungi Lombok segera? Yuk ah, siapkan budget liburan dan segera pesan akomodasi untuk liburanmu di Lombok nanti!