Pernah dengar tentang Taman Maluku di Bandung? Berbicara tentang Taman Maluku Bandung, tentu akan dibahas juga menyoal keberadaan sebuah patung yang ngehitsnya bahkan sampai luar kota Bandung. Konon, patung ini ialah patung Pastor H.C. Verbraak yang hidup tahun 1835-1918. Ada yang bilang, si Pastor ini meninggal karena pesawat yang ditumpanginya jatuh tepat di tempat berdirinya patung ini. Apa iya benar seperti itu? Simak ya ulasan Hipwee Travel kali ini…

Ada yang bilang, Pastor Verbraak tidak mengalami kecelakaan pesawat, entah bagaimana berita tersebut bisa muncul. Bahkan sebenarnya, Pastor Verbraak sama sekali tak pernah penginjakkan kakinya di Bandung. Lalu?

kenalan dulu, ini Pastor Verbraak via services.sportourism.id

Henricus Christiaan Verbraak, lahir di Rotterdam pada 24 Maret 1835 silam. Pada mulanya, dia ingin menjadi pedagang, tapi pada umur 27 ia justru mengikuti panggilan hatinya untuk belajar teologi. Setelah ditahbiskan sebagai pendeta pada 1869, tugas pertamanya ialah menjadi misionaris di kota Padang. Kemudian, pindah ke Aceh pada 1874 hingga 1907.

Setelah pensiun, Verbraak bermukim di Magelang, kota militer di Jawa Tengah. Tahun 1918, dia pun dinyatakan meninggal dunia. Nah, di Bandung, lembaga The Dutch East Indian Army mengumpulkan dana dan mendirikan patung Pastor Verbraak pada tanggal 27 Januari 1922 di sebuah taman yang kala itu bernama Paradisi in Sole Paradisus Terrestris. Patung ini dirancang di Belanda oleh seniman G.J.W. Rueb.

Nah seringkali yang diceritakan orang justru si Verbraak meninggal di lokasi berdirinya patung ini, sebabnya ialah kecelakaan pesawat. Terserah sih, kamu mau percaya yang mana, bebas~

orangnya nggak pernah menuju Bandung, tapi pesawatnya jatuh di Bandung. Gimana gimana?

Advertisement

Menariknya, didirikannya patung Verbraak justru berdampak pada lahirnya mitos hantu Pastor Verbraak yang terus berkembang dari masa ke masa. Namun di sisi lain, keberadaan mitos hantu di Taman Maluku Bandung ini justru bisa dianggap sebagai kearifan ekologi. Konon katanya sih, Pastor Verbraak dalam wujud patung ini akan bergerak setiap tengah malam bila ada yang melintas di Taman Maluku. Ada beberapa orang yang bilang juga, kalau si patung juga pernah memperhatikannya dan membuat mereka berlari hingga terjatuh ke tepian jalan. Kamu pernah mengalami kejadian begini?

Menurut warga setempat, setiap tengah malam memang Taman Maluku terasa lebih menyeramkan. Kalau kamu pas lewat, coba perhatikan dengan teliti ya, posisi dan arah pandang patung ini

udah pernah lihat-lihatan belum? via duniajalanjalan.blogspot.com

Banyak orang percaya, patung yang menghadap ke Jalan Seram ini merupakan patung paling menyeramkan. Kisah horor lainnya, patung ini seringkali disebut kerap berpindah-pindah tempat. Matanya juga akan menatap orang yang berada di dekatnya. Patung Pastor Verbraak memiliki tinggi sekitar 4 meter, berwarna hitam dan dirupakan sedang membawa buku dengan mengenakan busana seorang Pastor. Kalau kamu sedang di Bandung dan merasa butuh tantangan, boleh lho main kemari, jangan sungkan-sungkan.

Konon katanya, patung Pastor yang sering berganti posisi pada tengah malam ini hanyalah ulah makhluk ghaib yang memanipulasi penglihatan manusia, ada juga yang bilang ini hanya efek cahaya

coba di belakangnya, doi bakal nengok nggak ya via sebandung.com

Soal makhluk ghaib, katanya sih dia memanipulasi penglihatan manusia dengan cara menyerupai patung dan bergerak seolah-olah si patung Verbraak yang bergerak. Sehingga menghasilkan mitos yang dipercaya masyarakat dari dulu hingga kini.

Ada lagi pendapat orang-orang logis, patung dengan warna tembaga ini seolah melihat ke arah seseorang di dekatnya ketika disorot menggunakan senter. Hal ini dapat terjadi lantaran kesalahan mata dalam menangkap gambaran patung di gelap malam. Karena patung ini terdiri hanya dari satu warna saja, jadi manusia sulit membedakan dengan jelas bagian muka patung. Bisa jadi bagian yang seolah-olah melihat itu sebetulnya bagian samping atau belakang kepala patung, bukan bagian wajah. Percaya yang mana?

Tak hanya ada mitos Pastor Verbraak saja di Taman Maluku, kamu pernah dengar tentang sosok wanita bergaun putih, buto ijo, dan sosok tinggi besar yang lainnya?

kalau ke Bandung, jangan lupa main ke sini ya via sebandung.com

Di Taman Maluku juga santer rumor tentang wanita bergaun putih yang menyerupai orang Belanda atau sering disebut Noni. Keberadaannya cukup mengganggu karena kedatangannya selalu disertai dengan bau bunga melati yang sangat menyengat. Ada lagi sosok buto ijo yang sering menampakkan diri di Taman Maluku ini. Terakhir, masih ada sosok tinggi besar yang dipercaya masyarakat setempat sebagai penjaga dari patung Pastor Verbraak. Di bawah patung, juga ada makam yang harus dijaga oleh sebangsa mereka.

Jadi, kapan kamu mampir kemari? Siapa tahu mau saling tatap dengan Pastor Verbraak atau kenalan dengan sosok penjaganya? Boleh lho~

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya