Universitas Gadjah Mada merupakan salah satu kampus tertua di Indonesia. Sebagai kampus yang legendaris, proses pembangunan kampus pun dipimpin langsung oleh Presiden Soekarno. Dari tanah sawah yang begitu luas yang disebut Bulaksumur (sumur di tengah sawah yang luas) dibangunlah kampus kebanggaan Indonesia ini pada tahun 1949. Sesuai umurnya, kampus tua ini tentu punya segudang kisah misteri yang turut menyertai perkembangannya.

Mulai dari kisah Mbak Yayuk mahasiswi abadi Fakultas Ekonomi sampai kisah hantu perempuan di jembatan antara Peternakan dan Kedokteran Hewan, UGM selalu punya cerita tersendiri yang bikin kita bergidik ngeri. Kali ini Hipwee Travel mau bahas kisah misteri di UGM, yaitu legenda nyanyian gugur bunga di Bundaran Pascasarjana atau sering disebut juga Bundaran Teknik. Benarkah ada mitos seperti ini? Yuk ah kepoin sama-sama.

Berada di kawasan Sekip Utara, Bundaran Pascasarjana atau Bundaran Teknik UGM sudah terkenal keangkerannya…

bunderan teknik via pbs.twimg.com

Sebagai kawasan yang tergolong rimbun tak salah memang kalau kawasan ini terkenal cukup angker. Buat mahasiswa Teknik maupun Pascasarjana yang lewat daerah sini kalau malam pasti paham. Sebuah jalan melingkar dengan beringin besar dan pepohonan di sekitarnya bikin suasana di tempat itu makin bikin merinding. Ranting dan dedaunan yang seakan memayungi jalan seringkali bikin bulu kuduk meremang. Banyak orang yang mengalami kejadian ganjil di tempat ini. Juga ada mitos nyanyian gugur bunga di tempat ini.

Mitos gugur bunga, jika kamu menyanyikan lagu gugur bunga di Bunderan Teknik atau Pascasarjana ini konon akan bertemu dengannya .

gugur bunga malam-malam? via cdns.klimg.com

Advertisement

Betapa hatiku takkan pilu
Telah gugur pahlawanku
Betapa hatiku takkan sedih
Hamba ditinggal sendiri

Lumayan serem sih liriknya.
Gugur bunga adalah lagu atau hymne penghormatan untuk para pahlawan yang telah meninggal. Konon, jika kamu menyanyikan lagu Gugur Bunga di tempat ini saat malam hari, kamu akan didatangi hantu penunggu Bundaran Teknik. Ia akan menampakkan diri padamu dengan wujud yang menyeramkan. Kedatangannya akan terasa dengan bau harum. Jika aromanya dekat berarti hantu itu masih agak jauh. Nah jika aromanya perlahan menghilang, tandanya ia justru sudah ada di belakangmu! Atau membonceng di motormu tanpa kamu sadari! Serem abis

Tak ada yang bisa memastikan kebenaran kisah ini, selama tak ada yang berani mencoba menyanyikan Gugur Bunga di sana. Entah apa korelasinya lagu tentang pahlawan dengan kedatangan setan. Yang jelas mitos ini sudah ada begitu lama dan turun temurun.

Selain itu, ada beberapa kejadian aneh yang berlangsung tak jauh dari tempat itu. Mulai dari motor mogok sampai sesosok bayangan terbang

Ada salah satu mahasiswa di Teknik UGM sekitar 6 tahun lalu mengalami kejadian ganjil. Motor yang ia naiki tiba-tiba mati sendiri tepat di depan pohon beringin ketika malam hari. Ya sontak bulu kuduknya merinding. Dituntunlah motornya sambil lari meskipun jalannya menanjak. Anehnya, setelah pergi dari tempat itu motornya nyala sendiri.

Masih di lokasi yang sama, ada seorang mahasiswa yang lewat di depan pohon beringin itu saat malam hari menuju Fakultas Kedokteran. Ketika ia melewati jalan itu, tiba-tiba ada sesosok bayangan putih terbang di depannya. Serem sih ini.

Mitos ini berkembang seiring kampus kerakyatan ini bertambah usia. Meskipun kian modern, namun kisah legendaris seperti ini tak akan lekang oleh waktu. Hal ini seolah menjadi bukti, bahwa di tengah usaran ilmu pengetahuan dan teknologi yang kian maju, mitos misteri selalu ada dan tak lekang oleh waktu. Nggak percaya, cobain deh nyanyi Gugur Bunga di sana

Gugur bungaku di taman hati
Di haribaan pertiwi
Harum semerbak menambahkan sari
Tanah air jaya sakti

Berani nyanyikan ini?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya