Jalan Cipaganti emang terbilang populer di kalangan orang Bandung. Bahkan orang luar Bandung pun nggak sedikit yang mengenal jalan itu. Rimbunnya pepohonan Mahoni di kiri dan kanan jalan, serta deretan bangunan peninggalan Belanda emang menjadi pemandangan sepanjang jalan itu. Apalagi dengan keberadaan Masjid Cipaganti yang terkenal. Mesjid yang dibangun oleh maestro C. F. Wolf Schoemaker dengan menggabungkan sentuhan gaya arsitektur Eropa, Arab, dan Sunda itu membuat jalan Cipaganti semakin populer.

Tapi nggak sekedar berbagai peninggalan masa lampau yang membuat jalanan ini terkenal. Tapi juga cerita mistisnya! Penasaran?

Emang sih jalan Cipaganti siang hari menyejukkan, tapi cobain kalau malam hari. Pasti menyeramkan!

Jalan Cipaganti siang hari via scontent-sin6-1.cdninstagram.com

Jalan Cipaganti emang jadi salah satu jalan padat yang ada di Bandung. Siang dan malam jalanan ini dipenuhi oleh kendaraan yang lalu lalang. Untungnya keberadaan pepohonan Mahoni yang rimbun di kanan kiri jalan membuat udara tetap sejuk. Menikmati bangunan-bangunan peninggalan Belanda juga bisa jadi pemandangan yang menarik saat kamu suntuk terkena macet. Tapi saat menjelang tengah malam, hih! Keadaan rasanya berubah 180 derajat! Pohon rimbun yang siang hari menyejukkan berubah jadi pemandangan yang menyeramkan. Cobain!

Mulai dari kehabisan bensin, hingga ban bocor, pengendara terpaksa mendorong sepanjang jalan kelam

Cobain sensasi melewati jalan Cipaganti malam hari via scontent-sin6-1.cdninstagram.com

Advertisement

Nggak jarang pengendara terutama yang membawa motor “terperangkap” di jalan ini. Entah kenapa bensin motor habis pas di saat melalui jalan ini. Atau tiba-tiba ban motor bocor saat melewati jalan Cipaganti. Nggak jarang loh yang ngerasain hal itu. Apalagi tengah malam! Jalan Cipaganti yang sepertinya datar, ternyata sedikit menanjak. Hal ini bakal terasa saat kamu mendorong motornya. Pasti kerasa berat. Otomatis kamu juga bakal membutuhkan waktu yang lebih lama untuk melewati jalan ini. Semakin kerasa dong hawa mistis jalan ini. Ngerii!

Di sekitaran Kantor Pos dekat pom bensin Cipaganti, diyakini sebagai tempat sang Jawara berdiam diri

Berani tengah malam menyusuri jalan Cipaganti? via 4.bp.blogspot.com

Dan cerita paling mistis di jalan Cipaganti ini adalah…. (jengjengjeng) sosok hantu tanpa kepala! Konon, di daerah ini, tepatnya di sekitar kantor pos Cipaganti, pengendara yang melewati jalan itu lewat tengah malam sering melihat sosok laki-laki yang memakai baju seperti pendekar. Ngerinya, si pendekar itu nggak ada kepalanya! Hii ngebayanginnya aja ngeri banget! Amit-amit deh jangan sampai ketemu.

Sosok pendekar tanpa kepala, itulah sang Jawara Cipaganti yang terkenal misteriusnya

Si hantu tak berkepala, Sang Jawara via 4.bp.blogspot.com

Kalau kamu pengen uji nyali, silahkan menyusuri jalan ini lewat tengah malam. Katanya, sosok hantu ini munculnya sekitar jam 1 malam. Pernah ada kejadian seorang gadis yang emang sengaja keluar tengah malam untuk “memburu” hantu. Saat motornya menyusuri jalan Cipaganti, sesosok kakek tua tergeletak di jalan. Karena takut itu adalah kerjaan orang yang ingin berniat jahat, gadis itu hanya diam saja dan memperhatikan si kakek yang nggak bergerak. Tiba-tiba angin menerpa dan membuat matanya kelilipan. Setelah melihat kembali ke arah sosok itu, tiba-tiba saja si kakek udah nggak berkepala! Dan orang-orang menyebutnya SANG JAWARA.

Jika kamu menggilas sesuatu jangan cek atau bahkan berhenti, karena……..

Kalau ngerasa melindas sesuatu jangan berhenti! via assets.kompasiana.com

Pengalaman yang juga sering dirasakan pengendara yang lewat tengah malam di jalan ini adalah sering melindas sesuatu. Mereka yang menggunakan motor terutama, saat melewati kawasan kantor pos di dekat pom bensin Cipaganti tiba-tiba merasa melindas sesuatu seperti ganjalan. Ada juga yang merasa melindas bola karet. Tapi jika itu juga terjadi sama kamu, maka hal yang pertama harus kamu ingat adalah jangan pernah berhenti atau mengecek apa yang barusan kamu lindas. Karena orang bilang, yang kamu lindas itu adalah… kepala sang Jawaran! Serem abiss!!

Mengetahui benar nggaknya cerita mistis ini, kamu harus mencoba sendiri. Selamat bertualang di jalanan Cipaganti yang penuh misteri! Berani?