Indonesia sudah termashyur dengan ribuan pesona alam yang rasanya sudah mampu bersaing di tingkat dunia. Pantai, laut, danau, sampai bukit, semua lengkap tersedia di alam Indonesia. Sama seperti kota lain di belahan Indonesia, Daerah Istimewa Aceh yang kini disebut Nanggroe Aceh Darussalam juga memiliki destinasi pariwisata yang patut kamu coba kunjungi.

Hipwee akan mengajakmu untuk menambah daftar liburan seru ke wilayah Aceh yang kini sudah kembali indah meski pada 2004 lalu sempat hancur akibat bencana alam tsunami. Yuk, intip indahnya pesona Serambi Mekah ini!

Setelah dari Tugu Titik Nol Kilometer di pulau Weh, Sabang, cobalah mampir ke Pantai Iboih sebelum pulang. Terdapat dua pantai yang enak dipandang!

View di pesisir Pantai Iboih. via suarakomunikasi.com

Sabang, tempat berdirinya Tugu Titik Nol Kilometer, ternyata tidak hanya sebagai penanda geografis terjauh ujung barat Indonesia. Di sini juga terdapat dua pantai yang layak kamu kunjungi. Selain enak dipandang, kedua pantai yang bersebelahan ini memiliki perbedaan yang mendasar. Kedua pantai tersebut adalah Pantai Teupin Layeu yang memiliki pasir bersih berwarna putih dan pantai berkarang atau Pantai Teupin Sirkui. Namun masyarakat setempat menamainya sebagai Pantai Iboih. Karena kesamaan letak geografisnya yang sejajar.

Jangan beranjak dulu dari Pulau Weh, Pulau Rubiah juga menawarkan pesona yang menggoda.

Buat snorkeling. via travellie.com

Advertisement

Cukup bergeser sekitar 350 m dari pantai Iboih, keindahan bawah laut di Pulau Rubiah siap untuk kamu nikmati. Di pulau ini, bagi kalian pecinta diving dan snorkeling akan dipuaskan dengan suguhan ikan tropis dan terumbu karang yang berwarna-warni, begitu indah. Nggak perlu repot untuk bawa ‘perlengkapan tempur’, di sana sudah tersedia jasa penyewaan yang cukup lengkap. Nah, bagi kalian yang takut air alias nggak bisa berenang, jangan khawatir! Di sana juga ada penyewaan perahu istimewa untuk dapat melihat langsung jernihnya air di Pulau Rubiah, di mana bagian bawah dari perahu tersebut terdapat kotak kaca yang cukup bening, sehingga dapat memanjakan mata wisatawan untuk menikmati suguhan alam yang luar biasa.

Wisata alam Air Terjun Blang Kolam, cocok banget buat kamu yang lagi program diet.

Rindangnya Blang Kolam. via www.jayanjayan.com

Tempat wisata di Lhokseumawe ini akan sayang jika harus kamu lewatkan. Air terjun Blang Kolam yang letaknya di dalam hutan ini, menyajikan suasana alam yang begitu terasa alaminya. Keberadaan air terjun kembar setinggi 75 meter menjadi pesona tersendiri di antara rindangnya pepohonan dan sejuknya udara di sana. Hal asyik lainnya, untuk mencapai air terjun tersebut, kamu harus melewati tantangan lain! Yakni, kamu harus menuruni 600 anak tangga saat datang dan 600 anak tangga lagi saat mau pulang. Jadi, jalan-jalan sambil olahraga sekaligus, nggak perlu diet bisa kurus!

Nggak cuma mandi dan main air di Air Terjun Suhom, kamu juga bisa camping romantis di sekitar air terjun dua tingkat ini.

Gemericik air terjun Suhom Lhoong. via www.daftar.co

Setelah Blang Kolam, ada lagi air terjun yang nggak kalah kerennya, yaitu air terjun Suhom yang memiliki tinggi sekitar 50 meter dan terbagi menjadi dua tingkatan. Air terjun ini juga menjadi energi listrik bagi masyarakat sekitar, lho. Tidak hanya itu, di sekitar air terjun Suhom juga terdapat banyak pohon durian, sehingga kala musimnya tiba banyak yang mendadak berjualan durian di sekitaran air terjun. Ditambah lagi buat kalian yang suka camping, bisa sekalian di sana! Asyik, kan?

Pantai Lampuuk, pantai pasir putih dan tempat penangkaran tukik yang menggemaskan.

Pasir putih yang membentang di sepanjang pantai Lampuuk. via mursalaz.blogspot.com

Di pantai Lampuk, semua kegiatan ‘mantai’ rasanya bisa kamu lalukan, mulai dari bermain di pasir putih, bersantai sembari berjemur, berselancar, snorkeling, diving, sampai bermain banana boat. Posisi Pantai Lampuuk yang menghadap langsung ke Samudera Hindia ini memang memberikan sensasi ombak tersendiri. Selain itu, adanya tebing-tebing yang menjulang tinggi, dirasa cukup untuk memuaskan hobi kalian, para pemanjat tebing! Dan, hal unik lainnya, di pantai Lampuuk kalian juga dapat melihat para tukik kecil menggemaskan yang ditampung pada kolam kecil, sebelum nantinya akan dilepaskan ke laut saat mereka dewasa. Kalau kalian datang tepat pada waktunya, kalian bisa juga melepaskan tukik itu ke laut bebas.

Berselancar di Pantai Lhoknga, ada peraturan khusus buat wanita. Jangan pakai busana layaknya di pantai biasa, ya!

Air tenang yang kasat mata. via www.jayanjayan.com

Nggak jauh dari pantai Lumpuuk, ada pantai Lhoknga yang juga menyuguhkan pasir putih dengan ombak setinggi 1,5-3 meter. Cocok banget dipakai untuk berselancar. Rasanya di pantai Lhoknga juga enak untuk berjemur atau bermain voli pantai bersama dengan teman-teman. Oh, ya, ada peraturan yang wajib ditaati bagi kalian para perempuan yang berkunjung ke sana dan ingin berenang atau bermain air, jangan lupa gunakan pakaian yang menutup aurat alias pakaiannya harus tertutup ya!

Cobalah berlibur ke Kuala Merisi, pantai pasir putih yang bikin kamu merasa berada di pantai pribadi. Hihi…

Air pantai yang tenang. via www.triptrus.com

Nah, pantai yang satu ini juga bisa menjadi salah satu favorit bagi kalian anak pantai! Jika berkunjung ke pantai Kuala Merisi ini, rasanya pantai tersebut adalah milik pribadi, karena suasana yang masih sepi alias belum ramai pengunjung. Suasana tersebut juga didukung dengan ombak yang tenang, sehingga semakin terasa damainya di sana. Pas sekali jika kamu pergi untuk berenang atau pikinik bersama keluarga, teman, pacar, atau mantan. Bahkan, rasanya pantai ini juga menjadi tempat yang pas untuk melepaskan stres akibat rutinitas dengan menikmati pasir putih yang bercampur desiran ombak kecil.

Menanjaklah ke Pantan Terong. Spot paling asyik buat hunting foto sunrise dan sunset dari puncak Aceh yang paling cantik.

Spot yang strategis. via www.panoramio.com

Pantan Terong menjadi tempat yang sangat strategis untuk menikmati indahnya Aceh Tengah dari atas bukit. Jelas saja, tempat wisata ini terletak pada ketinggian 1830 meter di atas permukaan laut. Selain kamu bisa menikmati Aceh Tengah dari ketinggian, di tempat ini kalian juga bisa menikmati sunrise dan sunset, lho! Pasti akan bagus banget untuk mengabadikan momen bersama yang terkasih. Oh, ya, jangan lupa bawa baju hangat jika berkunjung ke Pantan Terong, karena lokasinya yang tinggi ini membuat udara di sekitar menjadi cukup dingin. Brrrr!

Buat kamu yang suka dengan ketenangan, belajarlah sabar dengan memancing di Danau Laut Tawar.

Danau Laut Tawar via danauluttawar.blogspot.com

Pas sekali bagi kalian yang memiliki hobi bercocok tanam dan memancing jika berkunjung ke Danau Laut Tawar. Karena selain bisa berfoto dan menikmati suasana alam di sana, kalian akan dimanjakan oleh kegiatan bercocok tanam yang dilakukan masyarakat sekitar. Bahkan, di Danau Laut Tawar tersebut juga menyediakan fasilitas sewa perahu motor bagi yang ingin menikmati sensasi memancing di danau air tawar tersebut, sekalian keliling melihat keindahan pesona alam di sana.

Nah, itulah beberapa destinasi di Aceh yang sayang kalau kalian lewatkan. Yuk, mari nabung biar bisa manjain mata dengan pasir putih di sana. Asyiknya sih bareng sama orang-orang terdekat dan tersayang, bukan bareng sama ingatan tentang mantan.

Jadi, mau bareng siapa buat menikmati indahnya Aceh, Mblo, Guys?

Credit Feature Image :

http://static.panoramio.com/photos/large/92004517.jpg