Kalau sudah menentukan tanggal, biasanya kamu dan pasangan jadi ribet karena sibuk mempersiapkan pernikahan. Mulai dari konsep acaranya hingga siapa saja tamu yang diundang bakal kamu pikirkan dengan matang. Nggak ketinggalan para teman dekat yang kamu jadikan bridesmaid nih! Sebagai cewek-cewek yang dekat denganmu, nggak mungkin dong mereka datang ke hari bahagia kamu tanpa seragam cantik yang menyejukkan mata para tamu.

Sayangnya biaya pernikahan yang nggak sedikit ini kadang suka buat kamu dan pasangan cukup pusing memikirkannya. Alih-alih ingin pesta yang berkesan, budget-nya pun lumayan menguras tabungan juga. Oleh karena itu, Hipwee bakal bantu kamu buat mengatur pengeluaran seragam bridesmaid biar nggak habiskan banyak uang. Cara sederhana yang aplikatif ini terdiri dari 5 hal, simak ulasan berikut ini yuk.

1. Tanpa perlu bingung mesti gimana, coba kumpulkan gaun-gaun atau kebaya yang kamu punya. Kalau masih kurang, pinjam punya saudara juga bisa

cek koleksimu via www.stylinsight.com

Kalau kamu termasuk orang yang suka mengoleksi gaun atau kebaya yang model atau warnanya sama, nggak ada salahnya nih coba manfaatkan buat pernikahan. Kamu keluarkan koleksi gaun dan kebayamu itu dari lemari, lalu pilih bridesmaid kamu yang postur tubuhnya mirip kamu. Kalau udah dicoba dan ternyata cocok, lumayan deh pengeluaranmu nggak membengkak. Kamu tinggal beli kain (jika atasannya kebaya) yang seragam, lalu cewek-cewek terdekat kamu udah langsung bisa tampil di pernikahan. Jika ukurannya ada yang nggak pas, baru deh kamu pinjam ke saudara. Gimana? Mudah ‘kan?

2. Mau coba nuansa formal kayak lagi di kantor tapi menawan hati juga? Minta saja cewek-cewek terdekatmu untuk pakai kemeja putih, tapi bawahannya tetap kain yang kamu beli

kemeja putih saja via search-by-image.info

Advertisement

Kalau kebaya dianggap terlalu mainstream, kamu bisa nih minta teman-teman terdekatmu buat pakai kemeja putih semua. Nah, biar kesan formal dan menawan hatinya terasa, tinggal tambahkan kain seragam yang kamu beli buat mereka. Dijamin deh penampilan mereka ini bakal menambah kesan menarik di hari pernikahanmu nanti.

3. Nggak ada ada salahnya kamu belikan bahan buat seragamnya. Asal ongkos jahitnya mereka harus ikhlas mengeluarkan

beli bahannya via angsakertas.wordpress.com

Biar nggak ribet, biasanya kamu pilih hanya belikan bahan saja, lalu yang menjahitnya mereka sendiri. Hal ini memang praktis, asalkan ya ongkos jahitnya bukan dari kamu. Untuk cara satu ini, kamu perlu lakukan lobi-lobi cantik biar mereka ikhlas penjahitnya. Oleh karena itu, sebelum beli bahan dirimu harus udah lakukan pendekatan ke calon bridesmaid nih.

Atau kamu bisa juga beli bahan sekaligus menjahitkan seragamnya di penjahit langganan / penjahit rumahan. Ini bisa kamu lakukan kalau bridesmaid kamu semuanya keberatan membayar ongkos jahit.

4. Biar nggak repot, ya sudah sewa sajalah ~

sewa saja via www.jualo.com

Budget yang terbatas dan banyaknya pengeluaran buat hal-hal lain bikin kamu memutuskan buat sewa seragam saja untuk bridesmaid. Toh, belum tentu juga seragam yang dipakai mereka bakal sering dikenakan. Kalau nanti cewek-cewek terdekatmu banyak yang protes, berikan saja pengertian bahwa kamu dan pasangan memang meminimalisir budget. Lambat laun mereka juga bakal mengerti kok.

5. Kamu bisa siapkan aksesoris yang seragam kayak pita cantik yang melingkari pinggang. Nah supaya keren, minta mereka buat pakai busana dengan tema senada, misalnya little black dress semua

little black dress via www.amazon.com

Buat kamu yang nggak mau ribet dan keluar uang banyak, bisa lho cuma siapkan aksesoris seragam kayak pita cantik yang melingkari pinggang. Selanjutnya, kamu tinggal minta teman-teman terdekat buat pakai busana dengan konsep serupa. Misalnya dari warnanya harus hitam semua (little black dress) atau busana vintage dengan warna yang tanpa motif apapun. Nah, jadi lebih murah ‘kan budget kamu?

Karena kebutuhan setelah menikah juga perlu diperhatikan, nggak ada salahnya kamu coba minimalisir pengeluaran resepsi. Toh, selama seragam yang dikenakan bridesmaid tetap sopan dan menawan hati, tetap jadi salah satu pemandangan yang menarik. Selamat mencoba!