Sebelum benar-benar menjadi seorang istri, dulunya mungkin kamu harus berkutat dengan banyak hal. Terutama mengenai penampilan. Kamu harus dibuat berlama-lama di kaca untuk menggambar alis yang paripurna, mengelem bulu mata perlahan-lahan sebelum ketemu calon mertua, bahkan bikin kreasi hijab yang pas di kepala dan hati. Ke salon pun rela kamu kunjungi seminggu sekali untuk perawatan badan yang maksimal.

Lambat laun, tak disadari kamu sudah mengurangi intensitas ritual memanjakan dan memeprcantik diri itu setelah menjadi istri dan ibu muda untuk anakmu. Mau bikin alis saja sudah lupa cara dan trik-trik jitunya. Apalagi ke salon, sebulan sekali adalah sebuah kebetulan yang jarang didapat.

Tapi, mengurus kebutuhan dan kewajiba rumah tangga bukan jadi alasan buat tetap mempercantik diri. Walau dibalut dengan daster yang kegedean di rumah, kecantikanmu tidak boleh dibuat luntur begitu saja. Hipwee sudah merangkum beberapa tips untuk Mama-mama muda, agar tetap cantik walau saat sedang di rumah.

1. Berdiam di rumah tak berarti harus jadi apa adanya. Poleskan bedak, agar wajah tak berminyak.

Bedak aja sudah cukup via www.instagram.com

“Suami sudah punya. Buat apa dandan menor? Toh ga ada yang lihat.”

Advertisement

Hanya karena kamu sudah punya sosok suami yang mau menerimamu apa adanya, bukan berarti kamu bisa seenaknya tampil seadanya. Mungkin kamu sedang tidak memiliki agenda kegiatan di luar rumah, tapi diri sendiri tak boleh lupa untuk dihargai. Siapa bilang membereskan kamar di rumahmu tidak bikin keringetan. Tuh, wajah tetap memproduksi minyak.

Untuk tampil cantik yang biasa saja, kamu hanya perlu memakai bedak kok, Bunda. Supaya minyak-minyak di wajah nggak seenaknya buka pabrik sembarangan. Jika kamu males ditaburi dengan bedak padatmu, kamu juga bisa memakai bedak bayi kok. Tak butuh banyak waktu, kok.

2. Untuk menyambut suami yang baru datang bekerja, sapukan lipbalm agar bibir tak kering. Agar lebih sedap dipandang.

Biar lebih sehat, ga perlu melulu lipstik via blog.lucilleroberts.com

Tak hanya bedak yang perlu kamu poleskan di seluruh permukaan wajah agar tak dipenuhi minyak, kesehatan bibir juga perlu kamu beri perhatian lebih. Memakai lipstik saat sedang bersantai di dalam rumah? Bukan itu kok yang sebenarnya disarankan.

Agar kamu tetap merasa cantik, jaga kesehatan bibirmu dengan menggunakan lipbalm. Bibir pecah-pecah bukan menjadi keinginanmu kan? Mimpi buruk ini nggak jadi kenyataan, jangan malas untuk pakai lipbalm. Saat suami pulang dan lihat istrinya tetap fresh, rasa lelah setelah bekerja bisa hilang. Kamu jadi berpahala, kan.

3. Daster memang ramah di kulit dan bikin nyaman. Pilih yang warnanya kalem dan ga norak, agar kesan ogah-ogahan dandan bisa lepas.

Yang cerah seperti @Sarwendah29 via www.instagram.com

Kenyamanan yang diberikan dengan mengenakan daster memang bukan sekadar janji. Kain dengan bahan yang tidak bikin gatal dan bentuknya yang praktis sekali pakai, bikin pakaian longgar ini jadi ikon yang selalu melekat ibu-ibu, baik muda atau yang sudah tidak terlalu muda lagi.

Kesan malas dandan pun melekat, pada akhirnya. Biar menghapus pandangan yang sudah tertancap di masyarakat Indonesia, ada satu cara yang bisa Ibu-ibu muda lakukan. Sesederhana memilih model daster dengan motif yang ga teralu norak aja. Siapa tahu daster kesayanganmu bisa dipake buat ke belanja di minimarket terdekat.

4. Atau agar lebih banyak variasi, kamu bisa cari baju rumahan yang anggun. Bisa dipakai untuk sekadar ke tetanggan sekompleks.

Untuk kamu yang ingin mencoba baju-baju rumahan yang lebih ramah dipandang, ada juga kok variasi yang tersedia. Mungkin saja, kamu bisa memilih yang dipoting jadi atasan dan bawahan, atau model-model sederhana lainnya. Buat mampir ke rumah tetangga di kompleks depan tetap cantik dan nggak bikin malu. Hehehehe.

Mungkin saja kamu mau daster yang nggak longgar dan pas di badan.

Tak longgar via www.instagram.com

Atau baju tidur yang kembar sekeluarga. Motifnya yang sederhana, nggak bikin gengsi kalo mau mampir ke tetangga.

Ada yang bisa kamu coba nih. Kembaran dengan suami dan anak via www.instagram.com

5. Underwear juga harus sering-sering diperhatikan. Kalau ada yang sudah tidak layak pakai, mending dibuang. Jangan disimpan terus.

Sering-sering inspeksi ya, Ma. via www.dailymail.co.uk

Terlalu sibuk mengurus kebutuhan di rumah, membersihkan lemari anak, dan antar jemput sekolah, terkadang bikin kamu lupa untuk mengecek persediaan baju-bajumu. Underwear-mu juga tidak boleh luput dari pengawasanmu. Mungkin, saking sibuk dan terlena dengan kegiatan, kamu jadi lupa kalau ternyata ada beberapa underwear yang sudah lubang dan tak layak pakai. Aduuuh, jangan sampai ya, Ma. Buru-buru dibuang, deh, biar bisa digantinkan dengan underwear baru yang lebih nyaman.

6. Paling tidak, kamu perlu punya stok 1 lingerie di lemarimu. Agar tidak perlu beli saat ingin memberi kejutan.

Untuk motif berjaga-jaga via www.findingrosie.com

Jika saat resepsi pernikahanmu ada teman yang iseng membelikanmu lingerie, jangan buru-buru bilang “iyuuuuh” atau dibuang. Karena akan tiba saatnya kamu membutuhkan barang itu untuk dipakai saat berdua saja bersama suamimu. Biar kamu nggak bingung beli saat akan memberi “kejutan”. Hehehehe.

7. Merawat diri tidak kenal usia. Jangan lupakan ritual merawat kulit, dengan rajin memakai body butter setiap sebelum tidur.

Sebelum tidur, sebentar via www.imujer.com

Menyayangi diri itu tak kenal usia. Saat kamu masih bisa, tak ada salahnya sempatkan sedikit waktu untuk memanjakan dirimu. Jangan lewatkan ritual merawat kulit dengan rajin memakai body butter sesaat sebelum tidur di malam hari. Pikiran dan badanmu yang dibuat lelah oleh aktifitas padat seharian bersama suami dan anakmu, akan sirna seketika. Badan pun jadi lebih segar dan wangi saat kamu bangun keesokan harinya.

Untuk para Mama-mama muda, sebenarnya untuk tampil cantik saat di rumah itu tak perlu dengan make up tebal atau baju yang berkilauan. Kamu hanya perlu tampil cantik yang sederhana, untukmu, suami, bahkan anak-anakmu yang masih kecil. Masih mau menunda?