Biasanya kabar pernikahan dari orang terdekat akan menjadi sebuah kabar yang begitu membahagiakan. Namun, nyatanya itu akan jadi hal yang berbeda ketika undangan tersebut datang dari dia yang pernah dekat dengan kita. Biasanya sih dia itu disebut sebagai mantan.

Nggak tahu kenapa, mantan memang selalu jadi momok yang menyeramkan untuk didengar, apalagi untuk diingat. Dengar mantan disebut saja sudah cukup horor, kebayang dong akan sehoror apa kalau tiba-tiba kamu dapat undangan pernikahan dari dia. GHEG!

Nah, untuk menguatkan hatimu saat menerima undangan dari mantan. Coba deh simak beberapa hal di bawah ini. Yuk~

Kalau saat menerima undangan kamu merasa sedih dan mau nangis karena masih sayang, ya, keluarin saja biar lega

undangan dari mantan? >.< via fleble.com

Mungkin kamu bisa memungkiri sudah nggak lagi punya rasa sayang sama si mantan. Tapi, apa itu benar bisa dibuktikan ketika kamu mendapat undangan pernikahan darinya? Kalau dengan itu tiba-tiba kamu merasakan rasa sesak dan ingin nangis, mungkin bisa saja jauh di dalam lubuk hatimu, kamu masih menyimpan sayang untuknya.

Advertisement

Jika itu benar terjadi, nggak usah ragu untuk menangis. Keluarkan saja semua air matamu agar perasaan gundah yang tengah kamu rasakan bisa tuntas dan lega. Nggak usah malu untuk melakukannya, sebab dengan menangis kamu bisa membuat dirimu sendiri tenang setelah mengeluarkannya. Kan lebih baik menangis daripada melakukan hal lain yang merugikan diri sendiri atau bahkan orang lain.

Untuk membangun kembali suasana hatimu, coba dengarkan lagu-lagu favorit yang bisa buat kamu semangat lagi

dengerin lagu aja~ via www.wallpapersxl.com

Kalau setelah itu suasana hatimu jadi nggak karuan dan memengaruhi semangatmu, cobalah untuk segera membuangnya. Biasanya dengan kamu mendengarkan lagu-lagu favorit, semangatmu bisa kembali dengan baik. Tentu saja lagu yang harus didengarkan adalah lagu ceria, bukan lagu melow yang akan buat suasana hati kamu semakin sendu. Yuhu~

Jika kamu sadar belum bisa menerimanya, cobalah untuk memaafkan dia dan semua kesalahan yang pernah ada di masa lalu

memaafkan masa lalumu sama dia. via jombloo.co

Jika kamu menyadari betul hatimu belum bisa menerimanya, mungkin ada beberapa hal yang belum bisa kamu lupakan atau kamu maafkan. Untuk itu, nggak ada salahnya lho kamu mengintrospeksi dirimu sendiri untuk mengetahui hal apa yang masih menjadi ganjalan.

Cara lain yang perlu kamu lakukan adalah dengan memaafkan dia, serta segala bentuk kesalahan yang ada di masa lalu. Bisa jadi hal itu memberatkanmu sebab masih ada maaf yang belum tuntas di hatimu. Oleh karena itu, nggak ada salahnya kamu berbesar hati untuk bisa memaafkan segala sesuatu yang nggak berkenan.

Kamu harus ingat jika semua bahagia akan datang pada waktunya. Kamu pun akan segera bersanding seperti dia

kamu juga akan menikahh pada waktunya. via www.reference.com

Ketika kamu menerima undangan itu dalam statusmu yang masih melajang, nggak usah khawatir dan merasa malu. Kamu perlu berlapang dada dan menyadari sesuatu, yakni semua bahagia akan datang pada waktunya. Kamu perlu ingat jika suatu hari akan ada orang yang datang menyandingmu. Orang itu yang kelak akan membahagiakanmu sepenuhnya. Kamu hanya perlu sabar dan berusaha. Jadi, nggak perlu mengutuki mantanmu yang lebih dulu menikah, ya.

Syukur jika saat itu kamu sudah bisa move on. Kalau gitu, jangan lupa datang dan ucapkan selamat berbahagia untuknya

dateng aja nggak masalah kok~ via www.instyle.co.uk

Bersyukurlah kamu jika ketika menerima undangan pernikahan dari si mantan, kamu sudah ada dalam kondisi bahagia dan tenang. Dengan kata lain, kamu sudah bisa move on darinya. Kalau sudah begitu sih rasanya nggak ada yang harus kamu khawatirkan.

Kamu hanya perlu membuktikannya dengan datang ke pernikahan dia dan tentu nggak lupa untuk mengucapkan selamat berbahagia. Kalau kamu berhasil melakukan hal tersebut, maka kedewasaanmu nggak perlu diragukan lagi. Selain itu, kamu juga bisa membuktikan jika dengan ketidakbersamaan kalian, bahagia pun masih bisa dirasakan.

Dan… Kamu nggak perlu maksain diri kalau memang belum bisa menerimanya, daripada jadi malu sendiri

Terakhir, kamu harus mengetahui betul kapasitas perasaanmu sendiri. Artinya, kamu nggak perlu lho memaksakan diri untuk berusaha menerima dan memaksakan hadir ke sana. Padahal, jauh di dalam lubuk hatimu, kamu enggan melakukannya. Kalau begitu keadaannya, akan jauh lebih baik kamu jujur pada diri sendiri dan nggak melakukannya. Ya, daripada kamu melukai dan membuat malu dirimu sendiri, lebih baik menghindarinya, kan?

Itulah beberapa hal yang perlu dilakukan saat kamu dapat undangan dari si mantan. Ya, syukur kalau kamu memang sudah bisa merelakannya dan nggak mengganggap itu jadi sebuah masalah. Tapi, buat kamu yang belum bisa menerimanya, selamat menguatkan hati, ya. Ingatlah jika selalu ada pelangi setelah hujan selesai. 🙂