Menghadiri kondangan sepertinya sudah menjadi gaya hidup di akhir pekan bagi kamu yang nyaris atau sudah menginjak usia seperempat abad. Pengalaman dalam memilih pakaian dari ujung kepala hingga kaki pun sudah kamu kuasai. Berbaur dengan sesama tamu yang tak kamu kenal sebelumnya sudah fasih kamu lakukan.

Tak hanya sekolah yang memiliki banyak karakter pada murid, tamu-tamu yang datang di setiap acara kondangan juga memiliki banyak tipe, lho. Mulai dari yang biasa aja sampai heboh, semua pasti kamu temui. Kamu mesti tahu 9 karakteristik tamu kondangan ini. Biar nggak kaget nanti

1. Mereka yang datang rame-rame bersama keluarga pasti kamu temui. Entah keluarga bahagia, atau mau numpang makan aja

Tertera dengan jelas bahwa yang yang menerima undangan bisa mengajak pasangan atau pun keluarganya untuk menghadiri resepsi. Maka, mendapati satu keluarga kecil yang harmonis sembari menggandeng anaknya yang lucu bukanlah hal yang asing.

Keriuhan yang semakin meramaikan suasana dari anak kecil yang berlarian dengan mengenakan dress tutu dan kemeja lucunya, duh makin gemes! Jangan kaget jika kamu dibuat berdiri saat menyantap kudapan karena kehabisan tempat duduk.

2. Tipe pintar comot makanan. Dikit-dikit ambilnya. Asal semua dicoba

Advertisement

Semuanya harus keicip lah~ via www.groupon.co.uk

Tak ada yang bisa disia-siakan jika kamu bertandang ke kondangan temanmu. Dari kudapannya yang bisa bebas disantap saja, lidahmu akan digoyang dengan ragam rasanya. Ada lho tamu yang tidak mementingkan kuantitas dari kudapan yang disantap.

Mereka lebih mengedepankan kualitas. Sedikit saja mencicipi setiap makanan dan kuenya, asal semua bisa rata dan bergantian masuk dan dicerna. Supaya adil dan tak ada yang terlewat. Hayooo, apa kamu termasuk tipe ini, guys? Hehehehehe.

3. Nasinya menjulang, yang penting kenyang. Mungkin anak kosan kondangan di tanggal tua.

Hehehehehe via www.kaskus.co.id

Ada yang mengedepankan kualitas, pun akan ada yang tak ingin melewatkan kuantitas saat menikmati hidangan di kondangan. Moto yang diusung oleh tipe tamu undangan ini adalah kenyang. Tak masalah menu apa yang ada di meja-meja prasmanannya, asal perut tak lagi kosong adalah yang terpenting.

Tak perlu mengernyitkan dahi terlalu dalam, bisa jadi tamu setipe ini adalah anak-anak kos yang menyempatkan datang saat tanggal tua. Sebuah rejeki yang tak terkira membahagiakannya~

4. Rombongan datengnya ber-banyak, janjian pula. Yang ditunggu sesi foto-fotonya

Bersama rombongan yang kece abis via jiyuufreedom.wordpress.com

Sudah bukan pemandangan yang baru jika beberapa orang yang datang bersamaan akan berbondong-bondong meramaikan meja terima tamu hingga panggung pelaminan. Bukan untuk mencari keributan, tapi seringkali yang gerombolan datang bareng-bareng ini adalah teman sekolah dari sang mempelai.

Biar nggak kehilangan arah diantara kerumunan lain yang nggak dikenal, mereka rela janjian dan saling menunggu untuk masuk ke venue bareng. Mau makan bareng, menyalami dan foto bareng heboh bersama sang mempelai pun juga. Seru seru!

5. Yang berpasang-pasangan juga ada. Gandengan dengan mesranya, bikin yang bujang pingin cepet-cepet dapet pasangan.

Uwuwuwuwu~ via www.instagram.com

Tak hanya datang dengan pasukan masing-masing, kamu pun akan mendapati banyak pasangan yang datang ke kondangan. Salah satu cara mereka memamerkan kemesraan adalah dengan mengenakan batik dan dress dengan motif atau warna yang senada.

Tak hanya itu, mereka tak segan mengabadikan momen kondangan ini dengan berfoto bersama dengan latar lampu-lampu yang cantik. Duh, yang jomblo tahan diri ya. Memang, jadi bikin kamu nggak sabar ingin menggandeng pasangan juga!

6. Tipe yang kelihatan datang setengah hati. Nemenin Bapak-Ibu doang. Daripada nggak ada kerjaan

Tak selamanya wajah yang dihiasi senyuman selebar lima jari. Pun akan selalu ada yang menghadiri kondangan dengan setengah hati. Bukannya tak antusias, tapi memang sebenarnya undangan ini tak tertuju untuknya, melainkan Ayah atau Ibunya. Tak kenal satu orang pun di sana serta harus bersabar menemani adalah tugas yang harus diemban. Yah, mending sih daripada berdiam di sudut kamar terus-terusan. Hehehehe.

7. Ada tamu jenis karaokean. Nggak malu nyumbang lagu ke depan

Berdendang bersama via 1080.plus

Mengentalkan kesan yang romantis dan menyenangkan di kondangan, eksistensi wedding singer atau penyanyi yang berunjuk kebolehan di dekat pelaminan, penting adanya. Supaya suasana bisa berbaur dengan para tamu, menanti partisipasi mereka untuk melantunkan lagu pun ditawarkan.

“Untuk para tamu yang datang, dipersilakan lho kalau mau menyumbang lagu yang dipersembahkan untuk Mbak Fira dan Mas Seunghoon.”
“Wah, saya pingin nyanyo lagu-nya Broeri ya!”

Akan ada satu atau dua orang yang bersukarela naik ke panggung dan berdendang dengan asyiknya. Senangnya, suasana jadi lebih cair dan menyenangkan!

8. Tipe tamu yang manfaatin kondangan buat stok foto. Selfie terus~

Wefie dulu yok! via blog.cbarnesphotography.co.uk

Tampil maksimal dan paripurna saat menghadiri kondangan memang wajib hukumnya. Akan sia-sia jadinya jika tatanan rambut atau hijabmu, pakaian yang sudah kamu pilih secara matang-matang, hingga sepatu hak tinggi yang serasi jika tidak diabadikan dengan foto.

Akan selalu ada tipe tamu yang selfie setiap saat. Saat tak sengaja ketemu teman lama di kondangan, cekrik. Berdiri di pelaminan pun tak lupa untuk selfie. Ditambah lagi saat venue-nya apik nan instagram-able, tak ada hentinya suara cekrik terdengar dari smartphone-nya. Apa kamu termasuk dari tamu yang bertipe ini, guys?

9. Dia yang datang dengan muka sedih tapi ikhlas. Biasanya sih mantan. Entah udah ikhlas beneran atau lagi berusaha melupakan

Abang kuat, Dek via www.businessinsider.co.id

Segala macam hubungan yang terjalin antara tamu dan pengantin tak jadi masalah. Mulai dari yang kenal banget, kenal biasa, sekadar tau, sampe nggak kenal pun ada. Jika sang mempelai mengundang barisan para mantannya ke hari berbahagia ini, pun bisa kamu dapati.

Yah, mulai dari mantan yang keliatannya sudah benar-benar move on dengan memabwa gandengan baru, hingga yang sok kuat saat dateng dan menyalami pengantin di pelaminan. Tabahkan hatimu ya!

Dari beberapa kategori tamu kondangan di atas, kira-kira kamu termasuk yang mana nih? Yang dateng gerombolan, sendirian, atau yang setengah hati menemani orangtua atau belum ikhlas ditinggal sang mantan?