Pesta lajang atau banyak orang mengenal dengan istilah Bridal Shower belakangan ini mulai banyak dilirik para bride-to-be. Konsepnya yang unik, acaranya yang seru, dekorasi yang lucu serta undangan yang dibuat intimate jadi alasan kenapa banyak orang mengadakan pesta lajang sebelum mereka melenggang ke prosesi pernikahan.

Sebelum melangkah lebih jauh, ini nih penjelasan singkat mengenai pesta lajang atau bridal shower

Perayaan ini merupakan adopsi dari budaya barat yang dimulai sejak tahun 1980-an. Amerika, Kanada, Australia, dan Selandia Baru merupakan negara yang sampai saat ini masih melangsungkan bridal shower. Di Indonesia sendiri, bridal shower baru marak sekitar 3 tahun terakhir.

Digelar sekitar 2 minggu sebelum hari H, bridal shower memang dikhususkan untuk calon mempelai wanita. Sebenarnya, pesta lajang ini merupakan persembahan sahabat-sahabat terdekat calon mempelai wanita sebagai bentuk kegembiraan mereka akan pernikahan yang akan segera digelar. Namun faktanya, di Indonesia, banyak dari calon mempelai wanitanya sendiri yang menyiapkan acara bridal shower tersebut dan mengundang beberapa teman dekatnya untuk merayakan bersama.

Terlepas dari itu semua, apa saja sih yang perlu disiapkan jika kamu ingin menggelar acara bridal shower? Hipwee Wedding pun punya beberapa tips yang mungkin bisa membantumu dalam mempersiapkan semuanya. Sah-sah saja kok, meski bukan bagian dari budaya. 🙂

1. Rencanakan sendiri atau bareng sahabat-sahabatmu tentang tema pesta lajang yang unik. Karena sekali seumur hidup, ini harus menarik!

bridal shower Acha via www.instagram.com

Advertisement

Menentukan tema jadi poin penting saat kamu akan mengadakan bridal shower. Dari tema itulah, konsep dekorasi bakal terbentuk. Biasanya, pesta lajang cewek identik dengan nuansa warna pink dengan dekorasi bunga-bunga. Tema yang dipilih bisa berdasarkan hobi atau profesi dari calon mempelai wanita.

Kalau dia seorang dokter hewan, misalnya, kamu bisa membuat tema kebun binatang dimana banyak ornamen hewan buatan di dalamnya. Atau, kalau kamu dan sahabat-sahabatmu suka dengan aktivitas alam, kamu bisa membuat konsep pesta lajang outdoor yang lengkap dengan ornamen dedaunan.

2. Nggak harus sewa gedung atau hotel, di dalam kamar pun nggak kalah seru asal kamu bisa mengakalinya

di kamar aja via mommyfleur.com

Karena belum terlalu familiar, kamu nggak perlu mengeluarkan banyak uang dan tenaga untuk mengadakan sebuah pesta lajang. Cukup pilih lokasi yang sederhana, namun tetap dapat ‘keintimannya’. Kamar atau kebun belakang rumah misalnya. Kedua lokasi yang nyaris tak memakan uang sewa ini bisa menjadi pilihan karena nggak memakan banyak waktu dan tenaga.

Dengan menambahkan beberapa hiasan seperti balon, bunga dan tulisan-tulisan di dinding akan lebih menyemarakkan suasana pesta lajang. Buat seunik mungkin, ya!

3. Ini pesta lajang, bukan pesta pernikahan. So, cukup undang sahabat terdekat saja

undang sahabat terdekat saja via thekoreapost.com

Bridal shower yang merupakan budaya barat ini, di negara asalnya bisa mengundang 200 hingga 300-an tamu. Cukup banyak, ya. Dan ada pihak keluarga yang juga ikut menghadiri, bisa ibu, adik, kakak atau tante dari calon mempelai wanita.

Bridal shower a la Indonesia biasanya cukup mengundang sahabat-sahabat terdekat saja. Dengan tamu undangan yang sedikit, acara bisa lebih ‘intim’, dekat, seru dan pasti hangat. Pastikan sahabat terdekatmu sudah masuk list juga, ya.

4. Buat pesta lajangmu menjadi momen berharga dengan menyusun acara yang matang. Jangan cuma foto-foto atau makan doang!

bikin acara jadi berkesan via www.qraved.com

Jadikan momen di pesta lajangmu lebih berkesan dengan menyusun serangkaian acara di dalamnya. Begini misalnya:

  • Biasanya, acara diawali dengan kejutan, jika kamu adalah sahabat yang memang mempersiapkan bridal shower ini sebagai kejutan untuk temanmu yang akan naik ke pelaminan.
  • Acara selanjutnya adalah makan-makan dan obrolan santai. Kemudian, dilanjutkan dengan games ringan yang membuat suasana makin seru.
  • Nah, setelah games selesai, kasih kesempatan buat calon mempelai wanita untuk menyampaikan rasa terima kasih dan ucapan syukurnya karena bisa sampai ke tahap ini bersama dengan sahabat tercintanya.
  • Terakhir adalah kesan, pesan dan doa para sahabat untuk calon mempelai wanita yang sebentar lagi akan jadi istri orang. Dijamin, nggak cuma hura-hura, tapi acara pesta lajang kamu akan terkenang selalu.

5. Siapkan handphone atau kamera yang mumpuni supaya ada banyak kenangan yang terekam. Kira-kira, siapa yang bakal jadi fotografernya?

siapkan kamera yang bagus via nabilaputrik.com

Kayaknya bakal sayang banget kalau momen pesta lajang yang terjadi sekali dalam hidup nggak diabadikan dengan baik. Nggak lucu juga ‘kan kalau kamu cuma mengandalkan kamera seadanya dan minta tolong ke mas-mas cafe buat fotoin aktivitas di sana. Bisa jadi hasilnya blur dan nggak maksimal. Nggak perlu fotografer handal, kamu juga bisa memanfaatkan saudara, adik atau teman yang jago foto untuk mengabadikan momen pesta lajangmu tadi.

Nah, kalau kamu memang berencana menikah dalam waktu dekat ini, nggak ada salahnya menjadikan bridal shower sebagai pesta permulaan sebelum prosesi pernikahanmu digelar. Nggak perlu mewah atau keluar banyak uang, mengadakannya di kamar tidur juga nggak apa-apa. Tertarik buat coba?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya