Terkadang sebagai calon pengantin kita hanya memikirkan tentang apa yang kita mau saja. Ya, wajar sih, namanya juga hari besar kita. Tapi, kadang kita lupa memikirkan tentang kenyamanan tamu yang ujungnya cuma berakhir pada komplain dan kekecewaan. Biar pernikahan kalian nggak mengecewakan tamu, ini nih hal-hal yang patut kalian tahu karena sering dikomplain tamu. Dengan mengetahuinya, kalian pun bisa menghindarinya!

Pemilihan tanggal yang terlalu dekat dengan hari-hari libur nasional bikin tamu harus memilih untuk menghadiri atau melewatkan pernikahan kalian

pernikahan pada malam natal cantik sih, tapi yakin ada yang datang? via christmas.365greetings.com

Nggak jarang beberapa orang mengepaskan tanggal pernikahan mereka dengan hari libur nasional terutama ketika hari libur tersebut berada sebelum atau sesudah weekend. Padahal, di waktu-waktu ini banyak orang yang ingin berkumpul dengan keluarga. Jangan sampai kamu kehilangan tamu atau membuta temanmu melewatkan kesempatan untuk berkumpul bersama keluarga karena penanggalan pernikahanmu yang kurang sreg.

Pikir dua kali ketika ingin mengundang tamu ke lokasi yang jauh dan membutuhkan banyak biaya dan energi untuk sampai

Selain waktu, tamu juga sering komplain ketika mereka diundang ke acara di mana mereka harus berpergian jauh. Misal kalian adalah orang Jakarta, tapi kalian ingin menikah di Lombok, kalian pun harus mengundang tamu-tamu kalian untuk menghadiri pernikahan di Lombok. Selain keluar uang lebih, kadang tamu juga dapat berakhir lelah dan stress hanya karena untuk menghadiri acara kalian.

Hati-hati dengan krisis makanan, mulai dari yang kekurangan makanan hingga makanan yang absennya alternatif makanan untuk mereka yang tak bisa sembarangan makan

Advertisement

jangan sampai kekurangan makanan ya via www.davidiam.com

Oke, pernikahan memang selalu tentangmu dan pasanganmu, tapi nggak ada salahnya kan menyenangkan para tamu dengan memastikan bahwa makanan di pesta kalian tidak bermasalah. Beberapa masalah yang sering dikomplain adalah kurangnya makanan pada pesta pernikahan. Beberapa orang juga sering komplain karena absennya alternatif makanan untuk diet mereka. Misal, ada tamu yang vegetarian atau alergi seafood. Maka dari itu, pastikan prasmananmu banyak memiliki variasi bagi berbagai macam tamu.

Selain makanan, tamu juga sering komplain dengan iklim atau cuaca yang tidak mendukung. Pastikan kamu punya cara untuk mengatasi hal ini ya

Cuaca memang sesuatu yang tidak bisa kita kontrol (kecuali kamu percaya dengan pawang hujan), tapi hal tersebut tidak mencegah tamu untuk komplain ketika mereka kepanasan, kehujanan, atau kedinginan di acara pernikahanmu. Kejadian yang seperti ini biasanya lebih familiar dengn tipe acara pernikahan outdoor. Jika kamu punya kekhawatiran, meskipun hanya sedikit tentang cuaca, kamu wajib punya rencana cadangan. Contohnya, sedia api unggun jika acara dilakukan pada malam hari yang dingin atau sedia terpal ketika pernikahan outdoor kamu ada di musim penghujan.

Tamu juga sering komplain tentang musik, baik karena membosankan atau justru terlalu ramai

bijak dalam memilih band ya via www.blacktietuxes.com

Kadang kita lupa bahwa tamu yang hadir di acara pernikahan adalah dari berbagai macam generasi. Kadang band yang kita sewa hanya bisa memainkan lagu dari generasi-generasi jadul atau sebaliknya. Ini lah yang kemudian sering dijadikan bahan komplain oleh banyak tamu. Mereka yang tua mungkin sedikit terganggu dengan musik dansa tekno yang jedak-jeduk itu. Atau mereka yang muda mungkin malas mendengarkan lagu-lagu dari jaman 60an. Untuk menanganinya, pastikan band kamu bisa memainkan lagu dari berbagai generasi.

Kursi yang kurang bikin tamu komplain, masak makan sambil berdiri sih. Uh…

makan berdiri? aduh banget via mtinl.blogspot.co.id

Pasti hampir dari semua pembaca pernah deh merasakan perihal yang satu ini, makan di resepsi sambil berdiri karena tidak ada kursi yang tersisa. Hal ini bisa terjadi ketika kita tidak mengestimasi tamu yang akan datang dengan seksama. Hal ini bisa juga diakibatkan oleh keinginanmu untuk mengundang tamu yang terlalu banya sedangkan venue yang kamu sewa tidak memadahi. Cara untuk mengatasinya ya dengan memilih tamumu dengan seksama dan pastikan venue yang kamu pilih memadahi.

Mewajibkan tamu memakai dresscode memang kesannya lucu sih, tapi kalau dresscode-nya berlebihan yang ada kamu justru merepotkan tamu

serba putih via www.theluxepearl.com

Kirana: eh, kamu besok datang ke acara nikahan Angga sama Katerine nggak?

Awkarin: Males ah, masa tamunya disuruh pakai pakaian “futuristik,” aku nggak ngerti, malas datang ah…

Kadang dresscode yang terlalu rumit justru akan merepotkan tamu dan membuatnya malas datang ke acaramu. Ditambah lagi ketika mereka tidak punya dresscode yang diwajibkan, mereka harus keluar uang lagi deh untuk beli bajunya. Boleh saja sih, menggunakan dresscode, tapi jangan sampai terlalu rumit ya!

Mereka yang sudah sibuk bekerja biasanya sering komplain jika pernikahan diadakan pada weekdays

siap-siap banyak yang nggak datang ya kalau acara pernikahan pas hari kerja via www.wimberleyrentals.com

Iya, jadi mereka yang sudah bekerja pasti sering komplain ketika harus menghadiri pernikahanmu pada hari kerja. Terutama ketika mereka adalah teman dekatmu dan mereka sangat ingin menghadiri pernikahanmu, mereka pasti sedih ketika harus memilih kerja dibanding kamu.

Nah, itu lah beberapa permasalahan dalam pernikahan yang paling sering dikomplain oleh tamu. Yuk kita ingat-ingat selalu agar pernikahanmu tidak dikomplain oleh banyak orang.

Suka artikel ini? Yuk follow Hipwee di mig.me!