Sukses Digelar, “Hipwee Creator Day 2021” Apresiasi Kreativitas Kreator dalam Berkarya

Hipwee Creator Day 2021

Para SoHip pasti sudah nggak asing dengan Hipwee Creator Community. Bahkan, bukan nggak mungkin kamu adalah salah satu bagian dari komunitas ini. Sebab, wadah yang Hipwee bangun untuk para SoHip menuangkan bermacam ide kreatif dalam berbagai bentuk konten, mulai dari artikel, Instagram Feed, Instagram Story, Instagram Reels dan banyak lainnya, hingga saat ini terus mengalami perkembangan positif. 

Oleh karena itu, sudah sepantasnya apresiasi diberikan kepada para SoHip yang nggak pernah kehabisan ide kreatif untuk meramaikan Hipwee Creator Community. Partisipasi para kreator dalam komunitas ini adalah salah satu sumber semangat Hipwee untuk terus berinovasi menjadi jembatan kebaikan, dan tentunya menjadi jembatan untuk karya hebat para kreator di luar sana.

Untuk itu, Hipwee pun menggelar “Hipwee Creator Day 2021” pada Selasa (28/12) lalu, yang salah satu rangkaian acaranya adalah “Hipwee Creator Awards”. Dalam acara yang sukses digelar secara virtual ini, para kreator juga diajak untuk berbagi pengalamannya selama bergabung dengan Hipwee Creator Community, dan berbagi sudut pandang bagaimana Hipwee Creator Community menjadi wadah berkembang. Nah, buat yang ketinggalan keseruannya, yuk simak artikel ini.

Hipwee Creator Community adalah re-branding Hipwee Community, sebuah wadah bagi para kreator berkarya

CEO Hipwee Nendra Rengganis dalam acara Hipwee Creator Award, Selasa (28/12) | dok. Hipwee

Buat yang asing dengan Hipwee Creator Community, nama ini merupakan re-branding dari Hipwee Community. CEO Hipwee Nendra Rengganis menjelaskan keputusan untuk melakukan re-branding ini dilandaskan pada fakta bahwa konten kreatif yang bisa dihasilkan oleh anak muda Indonesia makin hari kian beragam.

Menurut Nendra, jika terus-terusan fokus hanya pada satu jenis konten, yakni artikel sebagaimana dulu Hipwee Community, maka akan sulit untuk berkembang. Lagi pula, Hipwee memiliki potensi komunitas yang cukup besar, yang sayang jika tidak dimaksimalkan. Salah satu bentuk pemaksimalan itu adalah dengan memproduksi konten yang beragam.

“Sebagai platform digital, Hipwee ingin memberikan dampak positif bagi anak muda melalui dua hal, yaitu konten dan komunitas. Hipwee juga menyadari bahwa memiliki potensi komunitas yang cukup besar sehingga harapannya kita bisa sama-sama mengembangkan Hipwee lebih baik lagi melalui Hipwee Creator Community” kata Nendra dalam Hipwee Creator Award, Selasa (28/12).

Dijelaskan lebih lanjut, di Hipwee Creator Community para kreator dapat menampilkan kreasi kontennya dalam bentuk apa pun tanpa batasan. Hal ini merupakan tindak lanjut dari komitmen Hipwee yang memposisikan teman-teman kreator sebagai salah satu aset atau bagian terpenting dari ekosistem Hipwee itu sendiri.

10 kreator yang hadir dalam acara Hipwee Creator Day 2021 mengaku mendapatkan banyak pengalaman baru selama bergabung di Hipwee Creator Community

Kreator di Hipwee Creator Community | dok. Hipwee

Seperti telah disinggung, acara Hipwee Creator Day 2021 ini dihadiri oleh beberapa kreator berbakat untuk berbagi pengalamannya selama bergabung di Hipwee Creator Community. Para kreator tersebut adalah Nia, Indira, Ria, Asyalma, Adisty, Darsiy, Dewi Sartika, Risty, Fitriah dan Yohanes Hendri. Diketahui, para kreator tersebut bergabung dalam rentang waktu dan motivasi yang beragam.

Meski demikan, masing-masing kreator sepakat bahwa selama bergabung di Hipwee Creator Community, mereka telah mendapatkan banyak sekali pengalaman dan kesempatan untuk mencoba hal baru. Ria dan Dewi misalnya, mengaku pernah mendapatkan kesempatan untuk meliput suatu acara dan menuliskannya ke dalam bentuk artikel.

Sama seperti Ria dan Dewi, Yohanes Hendri juga merupakan kreator yang memilih artikel sebagai medium berkarya. Dalam kesempatan ini ia membagikan pengalamannya selama menulis artikel di Hipwee, dan menggarisbawahi betapa lingkungan yang positif untuk terus bertumbuh dan berkembang begitu ia rasakan.

“Aku nggak nyangka bakal ada di sebuah lingkungan yang penuh dengan suasana positif. Aku bisa belajar banyak hal mulai dari menulis hingga berkesempatan bertemu dengan para kreator hebat lainnya. Nggak cuma itu, Hipwee Creator Community juga selalu mendukung pengembangan skill kreator dengan mengadakan acara Masterclass yang bisa diakses secara gratis,” tutur Yohanes.

Kesepuluh kreator yang hadir di Hipwee Creator Day 2021 memiliki satu pesan penting untuk anak muda yang ingin bergabung dengan Hipwee Creator Community. Mereka mengimbau para anak muda untuk memberanikan diri mengambil langkah, karena ada banyak hal baru yang menanti. Ketika mencoba hal baru, bukan nggak mungkin kesempatan yang nggak pernah terpikirkan sebelumnya akan menghampiri.

Seperti telah disinggung, dalam kesempatan ini juga digelar “Hipwee Creator Awards”. Di sini, Hipwee memberikan apresiasi dalam bentuk paket merchandise kepada masing-masing tiga kreator berbakat di 10 nominasi, meliputi Kreator Pendatang Baru Terfavorit, Kreator dengan Konten Paling Banyak di-Share di Facebook, Kreator dengan Konten Paling Banyak di-Share di Instagram, Konten dengan Jumlah Share Terbanyak, Konten dengan Jumlah Pembaca Terbanyak, Konten Motivasi Terfavorit, Konten Galau Terfavorit, Konten Terbaik Pilihan Editor, Kreator Inspiratif, dan Kreator Paling Produktif.

Bergabung dengan Hipwee Creator Community, para kreator mendapatkan kesempatan untuk belajar langsung dengan creator digital kenamaan

Berbagi insight dengan creator digital | dok. Hipwee

Seperti yang telah disinggung oleh Yohanes, para kreator yang bergabung dalam Hipwee Creator Community juga akan mendapatkan kesempatan belajar demi bisa berkembang. Kesempatan belajar ini juga Hipwee hadirkan dalam acara Hipwee Creator Day 2021, seperti dalam segmen sharing session dengan Fiony dan Meirza.

Buat yang belum tahu, Fiony dan Meirza merupakan digital creator yang kerap membagikan tips dan trik untuk berkarya di platform digital. Fiony sendiri dikenal lewat kanal Instagram @canvaninja yang membagikan tips dan trik seputar desain, sementara Meirza dikenal lewat kanal Instagram @meirzasyhrl_ yang membagikan tips fotografi dan videografi.

Dalam kesempatan sharing session, keduanya mengungkapkan bahwa melakukan eksplorasi hal baru dengan memperluas zona nyaman, bisa menjadi salah satu langkah untuk menemukan passion dalam berkarya. Selain itu, Fiony mengungkapkan bahwa para kreator bisa menggunakan metode ATM (Amati, Tiru, Modifikasi) dalam membangun konten hingga menemukan karakteristik tersendiri.

Sementara Meirza lebih menitikberatkan kepada personal branding. Hal ini menurutnya cukup penting agar kreator memiliki karakteristik yang khas dan berbeda dari kreator lainnya. Selain itu, untuk merangsang semangat berkarya para kreator, Meirza turut membagikan tren serta tips dan trik seputar konten di tahun 2022 yang akan datang, mulai dari tren video tutorial hingga looping.

“Konten yang akan tren di tahun 2022 itu seputar tren video tutorial, video hiburan dan looping. Sedangkan tips dan trik agar video kita bisa viral yaitu menyajikannya dengan menarik, menggunakan backsound yang lagi tren dan menggunakan thumbnail yang eye catchy,” pungkas Meirza.

Dalam kesempatan ini Hipwee berbagi insight mengenai konten yang berhasil sepanjang tahun 2021

Berbagi insight mengenai konten di tahun 2022 | dok. Hipwee

Selain berbagi cerita dengan para kreator, Hipwee Creator Day 2021 juga menghadirkan kilas balik perjalanan Hipwee di tahun 2021. Dalam kesempatan ini Social Media Strategist Hipwee Dini Pramesti dan Editor in Chief Hipwee Hardiana Noviantari hadir berbagi insight mengenai konten apa saja yang berhasil sepanjang tahun 2021. Keduanya mengungkapkan bahwa konten hiburan di tahun 2021 mendapatkan atensi yang cukup tinggi. Selain itu, konten yang menunjukkan sebuah proses juga ternyata mendapatkan tempat tersendiri bagi audiens.

Selain Dini dan Hardiana, Product Owner Hipwee Premium Asmarani Nurmalitasari turut hadir memperkenalkan Hipwee Premium, sebuah wadah baru di mana seluruh penikmat Hipwee dapat menemukan konten eksklusif dari bermacam kategori, mulai dari hiburan hingga inspirasi.

“Hipwee Premium merupakan hasil kolaborasi antara Hipwee dengan para konten kreator populer yang menyajikan konten untuk seluruh pembaca dan juga kreator di Hipwee Creator Community agar bisa mendapatkan insight mengenai perjalanan seorang kreator untuk mencapai posisinya saat ini,” terang Rani.

Sama seperti Hipwee Creator Community, Hipwee Premium juga tidak hanya memiliki konten berupa artikel. Terbaru, Hipwee Premium telah merilis satu konten original berupa audiodrama yang dapat dinikmati secara gratis dan terbatas. Secara keseluruhan, Hipwee Premium menawarkan banyak benefit bagi penikmat Hipwee yang berlangganan.

Nggak cuma itu, Hipwee juga meluncurkan e-book “Catatan Akhir Tahun Hipwee” dan beragam fitur baru yang dapat menunjang proses kreatif para kreator

Peluncuran e-book Catatan Akhir Tahun dan fitur baru lainnya | dok. Hipwee

Dalam kesempatan ini Hipwee turut merilis fitur baru berupa “listicle gallery” yang dapat membantu kreator membuat konten dengan lebih beragam. Selain itu, Hipwee juga meluncurkan e-book “Catatan Akhir Tahun Hipwee” yang berisi potret dinamika kehidupan anak muda sepanjang tahun 2021.

Latar belakang diluncurkannya e-book ini adalah fakta bahwa Milenial dan Gen Z sepanjang tahun 2021 telah menjadi penggerak perilaku adaptif yang tangguh menghadapi ketidakpastian. Secara menyeluruh, e-book “Catatan Akhir Tahun Hipwee” merupakan bukti bahwa kita semua memiliki ketangguhan yang luar biasa dalam melewati tahun 2021.

“Meski dihadapkan dengan berbagai tantangan dan perubahan, ternyata anak-anak muda tuh punya ketangguhan tersendiri. Selain bisa beradaptasi dengan cepat, mereka malah bisa jadi agen perubahan, seperti dalam hal work from home (WFH) dan cashless society,” terang Hardiana.

Nah, bagi kamu yang ingin membaca e-book “Catatan Akhir Tahun Hipwee” secara lengkap, dapat mengunduhnya secara gratis melalui  tautan berikut ini. bit.ly/ebookCAT. Sementara untuk mengakses fitur baru “listicle gallery”, kamu bisa langsung klik tautan di bio Instagram Hipwee Creator Community di @hipweecommunity.

Tim Dalam Artikel Ini

Editor