Orang-orangan sawah memang sudah digunakan ratusan tahun silam oleh para petani untuk menjaga hasil panen mereka dari serangan burung-burung pemakan padi atau hewan hewan lain yang berpotensi merusak perkebunan mereka. Orang-orangan sawah dapat mengecoh burung-burung pemakan padi agar tak mendekati perkebunan atau sawah para petani. Tujuannya hemat tenaga sih, para Pak Tani jadi nggak perlu repot repot ngusir burung-burung usil dengan cara yang manual.

Sebenarnya orang-orangan sawah ini sudah ada sejak 2500 SM. Sejarahnya, orang-orangan sawah yang dibuat pada masa kerajaan Yunani dibuat menyerupai Priapus, putra Dewa Dionysus dan Dewi Aphrodite, yang konon cukup jelek untuk menakut-nakuti burung menjauh dari kebun-kebun anggur dan memastikan panen yang baik. Akhirnya, mereka membuat orang-orangan sawah mereka berwarna ungu yang sedang memegang tongkat di satu tangan untuk menakut-nakuti burung-burung.

Advertisement

Ternyata hal sepele seperti orang-orangan sawah punya sejarah yang sangat panjang, nah penasaran nggak sih, kalau sekarang orang-orangan kekinian itu bentuknya kayak apa aja sih?! Yuk lihat ulasan Hipwee News & Feature ini!

1. Daripada bosen jagain sawah, mending berkuda dulu kan~

2. Waduh, mungkin orang-orangan sawah yang ini siap mengantarkan crabypatty via delivery

krastykrab pindah? via id.pinterest.com

3. Pegel kali diri mulu, handstand dong biar antimainstream!

lagi akrobatik nih via id.pinterest.com

4. Konon, ketika malam menjelang,  orang-orangan sawah yang ini suka joget-joget sendiri

love never feel so good~ via id.pinterest.com

5. Emang perang doang yang pake strategi? Jagain kebun juga kali~

susun dulu strateginya sob! via id.pinterest.com

6. Ini lagi nyari apa sih? bukannya fokus jagain kebun!

kunci motor kayanya tadi disini nih! via id.pinterest.com

7. Sepeda nggak ada remnya sih, nyungsep tuh kan jadinya

8. Ini sih ngagetin namanya, iseng banget yang bikin. Huft:(

tolongin, jangan diliatin doang:( via id.pinterest.com

9. Jagain kebun juga harus fancy dong, iya nggak?

i’m so fancy and you already know~ via www.pinterest.com

10. Ini sih terniat! jangan kan burung-burung, kalo pasukan Darth Vader yang jagain sih tinggal bombardir aja!

Siap grak! via www.pinterest.com

11. Yah, ini korban puting beliung ya? duh, mbanya masih pake bathrobe 🙁

toolloong !!!! via www.pinterest.com

12. Ini sih namanya badman, bukan batman. Siap menjaga sawah dan perkebunan siang malam. Superman aja kalah, apalagi burung-burung pipit doang~

13. Kalo scarecrownya lucu banget gini, burung-burung juga nggak ada yang takut kayanya

banana~ via Banana~

14. Ini yang jagain kebunya pengantin, ngomong-ngomong prasmanannya sebelah mana ya?

ko nggak ada yang kondangan? 🙁 via id.pinterest.com

15. Nah terobosan orang-orangan sawah terbaru di Jepang, robowolf. Robot mekanik berupa serigala untuk melindungi tanaman

Bisa gerak sampai radius 1 km! via www.bbc.com

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya