Sering Muncul Jadi Bahan Skincare, Sudah Tahukah Kamu Apa Itu Sebenarnya Kolagen?

Fakta Kolagen

Kamu yang rutin membeli produk skincare pasti nggak asing lagi dengan kolagen. Istilah yang satu ini memang sering banget muncul menjadi kandungan produk-produk perawatan kulit dan kecantikan. Biasanya sih harganya mahal, karena kolagen disebut sebagai zat ajaib yang bisa bikin kamu awet muda. Tapi tahukah kamu apa sebenarnya kolagen itu? Kenapa produsen skincare berlomba-lomba memanfaatkannya sebagai kandungan produk kecantikan? Apa iya satu-satunya fungsi kolagen hanyalah untuk obat awet muda?

Istilah kolagen berasal dari bahasa Yunani yaitu κόλλα (kólla) yang artinya lem. Fungsinya merekatkan sel-sel dalam tubuh kita

Kolagen adalah protein (foto: maglara) via www.istockphoto.com

Kalau tubuh kita diibaratkan sebuah organisasi, kolagen ini  adalah anggota yang perannya penting. Gampangnya, kolagen adalah protein dalam tubuh yang berfungsi sebagai perekat sel-sel tubuh. Sama seperti namanya yang berarti lem, kolagen berperan besar dalam proses pembentukan tekstur kulit dan pembekuan darah, penyembuhan luka, pembentukan otot, dan lain sebagainya.

Di dalam tubuh kita ada bermacam-macam tipe kolagen dengan tugas yang berbeda-beda

kolagen bukan hanya soal kulit (foto: andreas160578) via pixabay.com

Mengacu pada ulasan Healthline, dalam tubuh kita terdapat 16 macam kolagen dengan 4 tipe utama, yaitu tipe I, II, III, IV. Masing-masing tipe ini memiliki peran dan juga lokasi yang berbeda dalam tubuh. Ada yang ditemukan di jaringan kulit, ada juga yang ditemukan di tulang rawan. Jadi kesimpulannya, kolagen bukan cuma soal kulit kencang dan awet muda, guys.

Kabar baiknya, tubuh kita yang ajaib mampu memproduksi kolagen secara mandiri dan alami

Tubuh memproduksi kolagen sendiri (foto: silviarita) via pixabay.com

Sebenarnya, tubuh kita secara alami bisa memproduksi kolagen sendiri, lho. Caranya dengan mengubah protein makanan menjadi asam amino. Nah, asam amino dengan bantuan vitamin C, akan membentuk molekul mini yang disebut dengan pro kolagen. Molekul kolagen inilah yang akan diubah menjadi serat kolagen dan berperan dalam proses pembentukan kulit, jaringan otot, tulang, sendi, dan lain sebagainya.

Sayangnya, kemampuan tubuh memproduksi kolagen ini nggak abadi dan bisa menurun karena berbagai faktor

Produksi kolagen dalam tubuh bisa menurun (foto: prostoleeh) via www.freepik.com

Paparan sinar matahari, polusi, rokok, asupan makanan dan minuman yang sembrono, dan faktor U alias umur, adalah hal-hal yang mempengaruhi produksi kolagen dalam tubuh. Ketika produksi kolagen dalam tubuh menurun, tanda yang paling mudah dilihat adalah hilangnya elastisitas kulit. Kulit pun akan kendur dan mengeriput. Jadi, apa benar kolagen bisa bikin awet muda? Yaa, benar. Makanya produsen skincare berlomba memanfaatkan kolagen sebagai bahan dasar perawatan supaya kulit tetap elastis dan kencang.

Kolagen juga bermanfaat untuk membentuk massa otot dan meredakan nyeri sendi

Membantu menambah massa otot (foto: wayhomestudio) via www.freepik.com

Karena salah satu fungsi kolagen adalah membentuk jaringan otot, tentunya kolagen juga bisa membantumu meningkatkan massa otot. Kolagen juga akan membantu jaringan tendon dan ligamenmu untuk bergerak dengan lebih mudah. Selain itu, kolagen dipercaya bisa mengurangi nyeri sendi pada penderita osteoarthritis, lho. Wah, ternyata kolagen ini banyak banget manfaatnya, ya!

Yuk, bantu tubuh memproduksi kolagen dengan makan makanan yang baik

Makanan yang membantu produksi kolagen (foto: jcomp) via www.freepik.com

Sebelum berpaling ke suplemen ataupun obat-obatan kimia, kamu bisa membantu tubuh memproduksi kolagen melalui asupan makanan lho. Karena kandungan utama kolagen adalah asam amino, maka kamu bisa meningkatkan konsumsi makanan berprotein tinggi seperti daging, susu, keju, putih telur, ikan, dan juga kacang kedelai. Selain itu, jangan lupa banyak makan makanan yang tinggi vitamin, khususnya vitamin A dan C. Misalnya sayur-sayuran berwarna hijau serta buah-buahan seperti stoberi, jeruk, tomat, dan kacang-kacangan.

Bukan hanya menyehatkan kulit dan bikin awet muda, kolagen juga bisa menyehatkan rambut dan menjadikannya sehat plus tebal

Kolagen bikin rambut sehat (foto: torwaiphoto) via www.freepik.com

Sebenarnya, rambut dan kulit itu punya banyak kesamaan. Salah satunya bisa rusak karena faktor-faktor seperti polusi udara, matahari, dan pastinya stres. Jadi, nggak mengherankan bukan kalau kolagen juga bisa “menyelamatkan” rambut kita? Bukan hanya mencegah munculnya uban, keberadaan kolagen akan membuat lapisan dermis di kulit kepala menjadi fleksibel dan kuat. Rambut pun jadi nggak mudah rontok, apalagi menipis.

Kabar baiknya, sekarang kamu bisa mendapatkan manfaat kolagen untuk kesehatan rambut dengan menggunakan Sunsilk Super Shampoo Bye Bye Rontok. Varian premium terbaru dari Sunsilk ini memiliki formula mewah yang terinspirasi dari bahan perawatan kecantikan dari Jepang. Dengan kandungan kolagen dan ginseng, Sunsilk Super Shampoo Bye Bye Rontok akan memberikan nutrisi ekstra untuk rambutmu, menjadikannya lebih elastis dan terlindungi dari kerontokan. Ditambah dengan penggunaan kondisioner Sunsilk, rambutmu bakal 10x lebih kuat. Canggih, ‘kan? Dengan Sunsilk Super Shampoo Bye Bye Rambut Rontok, kamu benar-benar bisa bilang “Bye-Bye” pada rambut rontok~

Nah, selain Sunsilk Super Shampoo Bye Bye Rambut Rontok, kamu bisa bisa menggunakan Sunsilk Super Shampoo Hello Lembut & Fleksibel yang hyaluronic dan rice extract yang akan bikin rambutmu 5x lebih lembut dan fleksibel. Rambut nggak hanya halus, tapi juga gampang ditata dengan gaya apa pun yang kamu suka. Fleksibel!

Itu dia beberapa hal yang perlu kita tahu tentang kolagen. Setelah mengetahui fungsi pentingnya, kita jadi tahu kan bagaimana caranya membuat tubuh kita memproduksi cukup kolagen agar manfaatnya maksimal? Seperti makan makanan yang kaya akan protein dan vitamin, serta meminimalisir hal-hal yang bisa mengurangi produksi kolagen dalam tubuh seperti menghindari makanan bergula dan rokok, serta melindungi diri dari polusi. Khusus untuk rambut, pakai Sunsilk Super Shampoo Bye Bye Rontok untuk mendapatkan rambut yang tebal, sehat, dan bye-bye rambut rontok~

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Kopito Ergo Sum -- Aku minum kopi maka aku ada.