Pastikan Barang Kebutuhan Pelanggan Tercukupi Selama PSBB, Blibli Jamin Pengiriman Tetap Lancar Seperti Biasanya

Ketersediaan Barang Kebutuhan Selama PSBB

Mempertimbangkan Jakarta yang jadi zona merah penyebaran COVID-19 di Indonesia, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah mengajukan usulan untuk menetapkan status Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ke Menteri Kesehatan. Setelah melewati proses panjang, usulan tersebut disetujui Menkes Terawan dan akan berlaku mulai Jumat, 10 April 2020.

Advertisement

Adapun penetapan PSBB akan membatasi mobilitas warga demi menekan penyebaran virus corona. Situasi ini pastinya berpengaruh pada akses barang kebutuhan sehari-hari karena sektor transportasi jadi sorotan khusus pada PSBB di Jakarta. Tapi kamu nggak perlu cemas apalagi sampai panic buying. Karena selain pemerintah memastikan barang kebutuhan sehari-hari tercukupi selama PSBB, sektor pangan dan retail seperti warung atau toko kelontong juga dipastikan tetap beroperasi kok. Nggak hanya itu, e-commerce seperti Blibli.com juga telah komitmen untuk memastikan logistik mereka berjalan lancar selama pandemi corona. Jadi nggak perlu risau kalau harus belanja online.

Blibli pastikan keseluruhan rantai logistik berjalan lancar tanpa henti demi memenuhi kebutuhan masyarakat dan menopang ekonomi Indonesia

SVP Operations and Product Management Blibli.com, Lisa Widodo (Foto: Luthfi Rahmadian/Hipwee) via www.hipwee.com

Lancarnya logistik merupakan tulang punggung e-commerce seperti Blibli. Executive Vice President (EVP) of Operations Blibli, Lisa Widodo, mengatakan Blibli akan memastikan kebutuhan pelanggan dan merchant terpenuhi selama diberlakukannya PSBB di Jakarta. Ia menjelaskan, ketika merchant Blibli bisa memenuhi kebutuhan pelanggan, maka idustri ritel di masa sulit saat ini bisa terus berputar dan menopang perekonomian Indonesia.

“E-commerce seperti Blibli selayaknya jadi tumpuan bagi merchant dan pelanggan di saat terbatasnya mobilitas dampak Covid-19. Kami bertanggung jawab untuk memastikan bahwa seluruh rantai logistik berjalan lancar tanpa henti, agar para merchant bisa terus memenuhi kebutuhan pelanggan dan industri ritel bisa terbantu,” jelas Lisa dalam keterangan tertulis yang Hipwee terima pada Rabu (8/4/2020).

Advertisement

Untuk menjaga rantai pengiriman dan ketersediaan barang, Blibli akan manfaatkan infrastruktur logistik mereka untuk kontrol semua proses

Belanja di Blibli aja selama PSBB (Foto: dok. Blibli) via www.blibli.com

Sebelumnya Blibli telah memiliki infrastruktur logistik berupa 20 warehouse dan 32 hub yang tersebar di 15 kota besar. Lisa mengatakan kehadiran infrastruktur mereka di lokasi strategis pada situasi saat ini sangat membantu karena bisa mengontrol proses dan menjaga kualitas layanan logistik. Warehouse Blibli sendiri didukung oleh armada pengiriman BES yang memastikan pengiriman paket dilakukan dengan cepat, sehingga pelanggan bisa menerima barang tepat waktu.

“Blibli mempunyai jaringan warehouse milik sendiri yang terbesar dan terluas di Indonesia. Ini diperkuat
dengan tim armada BES, yang menjadi keunggulan kami dalam mengontrol penuh pengoperasian dan
kualitas layanan logistik, termasuk same day delivery saat situasi apapun,” imbuh Lisa.

Para merchant hingga UMKM bisa menggunakan seluruh infrastruktur milik Blibli dengan menempatkan stok barang di warehouse

Advertisement

Ilustrasi warehouse Blibli (Foto: dok. Blibli) via www.blibli.com

Untuk memastikan kebutuhan pelanggan terpenuhi, Blibli juga harus memastikan para penjual bisa menjual produknya tanpa kendala saat PSBB. Untuk itu, Lisa menyampaikan bahwa seluruh infrastruktur logistik Blibli terbuka untuk digunakan mulai dari perusahaan  Fast Moving Consumer Good (FMCG) hingga UMKM. Merchant yang ingin memanfaatkan insfrastruktur ini hanya perlu menempatkan stok barang di warehouse Blibli untuk nantinya pengiriman paket diurus oleh pihak Blibli jika ada pemesanan.

“Kami pun telah bekerja sama dengan berbagai UMKM, termasuk penyedia beras, untuk menaruh stok di warehouse dan mengirim pesanan ke para pelanggan,” jelas Lisa.

Blibli mengalami kenaikan aktifitas penjualan serta logistik selama bulan Maret 2020

SVP Operations and Product Management Blibli.com, Lisa Widodo (Foto: Luthfi Rahmadian/Hipwee) via www.hipwee.com

Belanja online sudah jadi pilihan bijak sejak diberlakukannya social distancing oleh pemerintah. Warga pun terbilang patuh terhadap imbauan tersebut kalau dilihat dari penjualan serta logistik Blibli yang mengalami kenaikan selama Maret 2020. Blibli mengalami pertumbuhan pengiriman paling kentara untuk pilihan makanan segar, selama periode physical distancing per Maret 2020. Lisa mengatakan, pertumbahan penjualan tersebut sejalan dengan diluncurkannya BlibliFresh, yaitu pilihan makanan segar di BlibliMart seperti sayur, susu UHT, dan buah-buahan.

“Kami menawarkan layanan Pick Delivery Time di mana pelanggan bisa mengatur waktu produk-produk yang dibeli lewat BlibliMart datang. Layanan pengiriman yang cepat sangat penting untuk menjaga kesegaran produk ketika diterima pelanggan,” pungkas Lisa.

Nah, karena nyaris nggak ada lagi alasan untuk memaksa keluar rumah, mari sama-sama mematuhi kebijakan PSBB dengan menaati physical distancing. Dan yang terpenting, nggak perlu panic buying karena ketersediaan barang kebutuhan sehari-hari sudah dijamin sekaligus distribusinya.

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

colour my life with the chaos of trouble

CLOSE